APA ITU TEORI?

Teori merupakan pemikiran abstrak atau pemikiran umum yang kontemplatif dan rasional tentang suatu fenomena. Proses pemikiran kontemplatif dan rasional sering dikaitkan dengan proses penelitian atau studi observasi. Teori bisa jadi ilmiah atau non ilmiah bergantung pada konteksnya.

Kata ini berakar dari bahasa Yunani kuno “θεωρία” atau “theoria”. “Theoria” merupakan kata benda yang secara harfiah memiliki arti “perenungan, spekulasi, atau visi”. Kata kerjanya adalah  “theorein” yang bermakna “memperhatikan, mengamati, atau melihat”.

Dalam penggunaan di zaman modern kata teori memiliki beberapa arti. Dalam ilmu pengetahuan modern, istilah “teori” mengacu pada teori-teori ilmiah, jenis penjelasan alam yang terkonfirmasi dengan baik, dibuat dengan cara yang konsisten dengan metode ilmiah, dan memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh ilmu pengetahuan modern. Teori semacam itu dijelaskan sedemikian rupa sehingga pengujian ilmiah harus dapat memberikan dukungan empiris untuk hal itu.

Teori juga kadang didefinisikan sebagai prinsip umum yang masuk akal atau dapat diterima secara ilmiah atau prinsip-prinsip yang ditawarkan untuk menjelaskan fenomena. Ada juga yang mengatakan sebagai seperangkat fakta, prinsip, atau keadaan yang ideal atau hipotetis.

Teori ilmiah adalah bentuk pengetahuan ilmiah yang paling andal, ketat, dan komprehensif, berbeda dengan penggunaan yang lebih umum dari kata “teori” yang menyiratkan bahwa sesuatu tidak terbukti atau spekulatif (hipotesis). Teori ilmiah dibedakan dari hipotesis, yang merupakan dugaan individu yang dapat diuji secara empiris, dan dari hukum ilmiah, yang merupakan uraian deskriptif tentang cara alam berperilaku dalam kondisi tertentu. Teori ilmiah juga bisa mampu menjelaskan fenomena-fenomena sosial seperti teori-teori belajar.

Teori memandu kita untuk menemukan fakta, bukan mencapai tujuan, teori juga harus netral dari alternatif-alternatif diantara nilai-nilai. Sebuah teori bisa menjadi badan atau bagian pengetahuan. Berteori berarti mengembangkan tubuh pengetahuan tersebut.

Loading...

Namun, dalam kalangan umum, kata “teori” sering digunakan secara keliru untuk menjelaskan sesuatu yang secara individu tentang sesuatu yang tidak mereka alami atau uji sebelumnya. Contoh penggambaran ini sering dikaitkan dengan perbedaan antara “teoritis” dan “praktis”.  Misalnya dalam disiplin kedokteran: teori medis melibatkan upaya untuk memahami penyebab dan sifat kesehatan dan penyakit, sedangkan sisi praktis kedokteran mencoba membuat orang sehat. Kedua hal ini saling terkait tetapi dapat berdiri sendiri, karena memungkinkan untuk meneliti kesehatan dan penyakit tanpa menyembuhkan pasien tertentu, dan juga mungkin untuk menyembuhkan pasien tanpa mengetahui cara kerja penyembuhannya.

Kaitan Konsep Dengan Teori

Konsep adalah blok bangunan teori dan mewakili titik-titik di mana penelitian dilakukan. Misalnya konsep kelas sosial, kepuasan kerja, budaya, gaya belajar, motivasi, dan lainnya. Konsep adalah kategori untuk mengorganisasi ide dan pengamatan. Misalnya, konsep mobilitas sosial, merupakan hasil pengamatan bahwa posisi relatif sosial-ekonomi beberapa oranga meningkat dibandingkan dengan posisi orang tua mereka atau masyarakat sekitar, sebagian yang lain tetap sama, dan lainnya bergerak ke bawah. Dari pertimbangan semacam itu, konsep mobilitas sosial tercapai. Dari konsep-konsep yang diamati inilah nanti akan membangun sebuah teori setelah dikaji, diteliti, dan dikonfirmasi.

Apa itu Model??

Karena teori biasanya bersifat sangat abstrak dan genereal, maka dibutuhkan sebuah model yang merupakan representasi dari suatu teori. Misalnya seperangkat persamaan yang mencoba menjelaskan cara kerja atmosfer untuk tujuan prakiraan cuaca

Model adalah representasi dari suatu teori yang bersifat lebih operasional, terbuat dari komposisi konsep yang digunakan untuk membantu orang mengetahui, memahami, atau mensimulasikan subyek yang diwakili oleh model tersebut. Ini juga merupakan seperangkat konsep.

Loading...

Seperti halnya model fisik, yaitu model objek fisik. Misalnya model mainan yang mungkin dirakit, dan dapat dibuat berfungsi seperti benda yang diwakilinya. Lalu bagaimana dengan foto model atau peragawan/peragawati? tentu saja mereka juga model yang mewakili individu-individu lain yang lebih banyak dan bersifat umum. Foto model adalah wakil dari golongan atau masyarakat yang sesuai dengan masyarakat yang diwakilinya.

Model konseptual merujuk pada model yang dibentuk setelah proses konseptualisasi atau generalisasi. Model konseptual seringkali merupakan abstraksi dari hal-hal di dunia nyata, baik fisik maupun sosial. Studi semantik relevan dengan berbagai tahap pembentukan konsep. Semantik pada dasarnya adalah tentang konsep, makna yang diberikan makhluk berpikir kepada berbagai elemen pengalaman mereka.

Apa itu model pembelajaran?

Model Pembelajaran adalah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir pebelajaran, dikemas secara khas oleh seorang guru. Model ini merupakan turunan atau manifestasi dari Pendekatan Pembelajaran, yaitu adalah sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan akan terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menguatkan, menginspirasi dan malatari model pembelajaran dengan cakupan teori tertentu. Jadi di sini sebuah teori menentukan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran, kemudian diimplementasikan dalam sebuah model pembelajaran.

Tinggalkan Balasan