memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan

PAI Kelas 5 Pelajaran 6: Mari Belajar al-Qur’an Surat al-Ma’un

Ayo, Membaca Surat al-Ma’un

Amati dan bacalah al-Qur’an Surat al-Ma’un di bawah ini dengan baik. Perhatikan tanda tasyid. Apakah kamu mengalami kesulitan membaca Surat al-Ma’un? Jika mengalami kesulitan, maka cobalah baca penggalan ayat Surat al-Ma’un dengan pelan-pelan ayat demi ayat.

Silakan tirukan bacaan di video ini secara berulang-ulang sampai lancar.

Ayo, Menghafal Surat al-Ma’un

Ada banyak metode dalam menghafal, salah satunya adalah dengan membaca berulang-ulang atau meniru bacaan di video ini dari awal sampai kahir. Bacalah ayat di atas secara berulang-ulang sampai hafal.

Ayo, Menulis Surat al-Ma’un

Setelah berhasil menghafal, silakan belajar cara menulis surat ini sampai di luar kepala. Tulislah ayat sepenggal demi sepenggal. Berikut ini adalah panduan cara menulisnya. Silakan dicoba.

Makna Kandungan Surat al-Ma’un

Bacalah ayat dan arti Surat al-Ma’un berikut dengan sungguh-sungguh. Allah Swt. mengawali surat ini dengan pertanyaan “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?” Pertanyaan itu dijawab sendiri oleh Allah Swt., seperti berikut.

Orang yang mendustakan agama itu mempunyai ciri sebagaimana berikut.

1. Orang yang menghardik anak yatim. Menghardik maksudnya membentak atau menyakiti fisik maupun perasaannya. Misalnya mengatakan kepada mereka “Hei anak yatim”.

2. Orang yang tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Kemudian Allah Swt. mengemukakan orang yang celaka, yaitu:

  1. Orang yang lalai dari shalatnya,
  2. Berbuat ria (mempertontonkan amal perbuatan baiknya kepada orang lain), dan
  3. Orang yang enggan (menolong dengan) memberikan bantuan barang berguna.

Sikap terpuji apa sajakah yang dapat diambil dari ayat di atas?

Sikap terpuji yang dapat diambil dari ayat di atas dan perlu kita amalkan ialah:

  • Mencintai dan menyayangi anak yatim. Misalnya kita berteman dengan baik, bertutur kata yang santun kepada mereka.
  • Menyayangi dan memberi makan orang-orang miskin. Sudah menjadi kewajiban bagi orang yang punya (kaya) membantu orang yang tak berpunya (miskin).
  • Shalat ditegakkan atau dilakukan tepat waktu. Apabila tiba waktu salat bersegeralah menunaikannya.
  • Hindari perbuatan riya’ yang mempertontonkan amal perbuatan baik.
  • Hendaklah memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan. Mengapa? Karena manusia itu adalah makhluk sosial, satu dengan lainnya saling membutuhkan.

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 6

Loading...

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 6

Untuk latihan soal PAI kelas 5 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 5

Latihan Soal PAI Kelas 5 Versi Android

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 5 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 5

Buku Digital PAI Kelas 5

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Loading...

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 5

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Tinggalkan Balasan