Ayo Kita Shalat

PAI Kelas 2 Pelajaran 11: Ayo Kita Shalat

Shalat adalah bentuk bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Shalat untuk mengingat Allah. Shalat itu kewajiban yang telah ditentukan waktunya bagi orang-orang yang beriman. Ayo kita shalat.

Shalat sebagai bukti ketaatan kepada Allah Swt. Mendirikan salat menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar. Sebaiknya shalat dilakukan di awal waktu.

Bacaan Shalat

Allah Swt. mencintai orang yang mendirikan shalat. Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan mendirikan shalat, karena Allah Swt. akan memberikan banyak pahala.

Agar Shalat kita benar, kita harus hafal bacaannya. Bagaimanakah bacaan Shalat itu? Mari kita pelajari hal-hal berikut ini!

1. Niat

Niat adalah menyengaja sesuatu dibarengi dengan melakukan perbuatan. Berniat sholat dalam hati hendak mendirikan salat menjelang takbiratul ihram.

Niat sholat harus jelas, dengan menetapkan dalam hati jenis shalat yang akan dilaksanakan, shalat fardlu atau wajib disebutkan nama shalat-nya. Selain itu, harus jelas pula niat salat sendiri, sebagai imam atau ma’mum. Jika dibunyikan dalam bahasa Arab atau cukup dalam hati, contohnya:

Niat Sholat

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram

3. Do’a Iftitah

Do'a Iftitah

4. Surat Al-Fatihah

5. Surat atau Ayat Al-Qur’an

6. Rukuk

Doa Rukuk

7. I’tidal

I’tidal

Setelah berdiri tegak, dan kedua tangan diturunkan, lalu membaca:

Doa I’tidal

8. Sujud

doa Sujud

9. Duduk di Antara Dua Sujud

Doa Duduk di Antara Dua Sujud
Loading...

10. Tasyahhud Awwal

Tasyahhud Awal

11. Tasyahhud Akhir

Doa Tasyahhud Akhir

12. Salam

Praktik Shalat

Kamu sudah hafal bacaan shalat kan. Nah, sekarang kamu juga harus mengetahui praktik shalat. Berikut urutan praktik dan gerakan sholat.

  1. Berdiri tegak menghadap kiblat.
  2. Takbiratul Ihram membaca Allahu Akbar.
  3. Meletakkan tangan di antara pusar dan dada.
  4. Rukuk sambil membaca bacaan rukuk.
  5. I’tidal sambil membaca Sammi‘allahuliman hamidah.
  6. Sujud sambil membaca bacaan sujud.
  7. Duduk di antara dua sujud sambil membaca bacaan duduk diantara dua sujud.
  8. Duduk tasyahhud awwal sambil membaca bacaan tasyahuhud awwal.
  9. Duduk tasyahhud akhir sambil membaca bacaan tasyahhud akhir.
  10. Salam.

Latihan Soal PAI Kelas 2

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Latihan Soal PAI Kelas 2

Latihan Soal PAI Kelas 2 Versi Android

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 2 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Loading...

Latihan SOAL PAI SD Kelas 2

Buku Digital PAI Kelas 2

Buku PAI SD/MI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

FlipBook PAI Kelas 2

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

NB:

Media pembelajaran interaktif online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Tinggalkan Balasan