MASALAH POKOK KEGIATAN EKONOMI

Persoalan pokok setiap kegiatan ekonomi atau yang biasa disebut dengan Central Problem of Every Economic Activity, meliputi : masalah organisasi ekonomi, masalah kemungkinan produksi, dan masalah penduduk. Masalah ekonomi tersentral pada “scarcity” dalam arti “bagaimana masyarakat membuat keputusan-keputusan dari sumberdaya yang terbatas”.

Loading...

Masalah Organisasi Ekonomi timbul sebagai akibat dari tidak sesuainya jumlah kebutuhan manusia apabila dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa yang tersedia atau dapat disediakan para pengusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Disatu pihak terdapat suatu keadaan dimana jumlah kebutuhan manusia yang hidup di dunia ini sangat banyak jumlahnya. Di lain pihak, faktor-faktor produksi yang dapat digunakan oleh manusia untuk menghasilkan berbagai alat pemuas kebutuhan mereka sangat terbatas jumlahnya.

Tiga Masalah Pokok

Loading...

Dalam bentuk masyarakat yang bagaimanapun akan selalu menghadapi 3 masalah pokok kegiatan ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Ketiga persoalan pokok tersebut adalah :

  1. Persoalan What. Barang-barang apa yang akan dihasilkan dan dalam jumlah berapa, artinya dari beberapa kemungkinan barang-barang dan jasa yang dapat dihasilkan, barang-barang dan jasa mana yang akan dihasilkan lebih dahulu. Apakah makanan akan diproduksi lebih dahulu dari tekstil ?, dan jumlah yang akan dihasilkan dan dihasilkan lebih banyak makanan atau lebih banyak tekstil ? Andaikata makanan yang akan diproduksi, apakah roti untuk hari ini atau padi untuk persediaan masa datang. Dari sisi ekonomi mikro persoalan what adalah tentang apa saja produk-produk yang akan diproduksi sesuai dengan kondisi permintannya juga segmen pasarnya.
  2. Persoalan How. Bagaimana barang-barang dan jasa itu dihasilkan. Artinya : oleh siapa, dengan faktor-faktor produksi yang mana dan dengan metode teknologi yang bagaimana barang-barang dan jasa itu dihasilkan. Siapa yang harus mengerjakan tanah pertanian dan siapa yang harus menjadi karyawan perusahaan ? Kalau proyek listrik masuk desa dilaksanakan : Tenaga apa yang digunakan, tenaga uap atau tenaga air ?. Pada sudut pandang perusahaan (ekonomi mikro) sangat terkait dengan pilihan penggunaan mesin atau tenaga kerja, lokasi produksi, pilihan layout pabrik, dan masih banyak lagi.
  3. Persoalan For Who. Untuk siapa barang-barang dan jasa-jasa itu dihasilkan. Artinya : Siapa yang akan menikmati atau memakai barang-barang dan jasa tersebut dan bagaimana barang-barang dan jasa itu didistribusikan di antara anggota masyarakat ? Apakah sebagian kecil untuk si miskin dan sebagian besar untuk si kaya atau sebaliknya atau akan dibagikan sama rata ?. Bagi perusahaan, persoalan for who ini sangat terkait dengan segmentasi pasar yang dipilih.

Tinggalkan Balasan