Penyebab Hipertensi

Hipertensi, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Menjalani hidup yang sehat dengan tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit merupakan sebuah impian untuk banyak orang. Namun terkadang kebiasaan seseorang justru menjadikan diri mereka terkena penyakit itu sendiri.

Kebiasaan yang tidak sehat menimbulkan penyakit salah satunya adalah hipertensi. Hipertensi sendiri sering mendapat sebutan lain yakni penyakit tekanan darah tinggi. Dalam hal ini ketika tensi darah seseorang melebihi kadar nomal sehingga memicu kondisi tubuh yang tidak sehat.

Loading...

Selain tidak sehat, hipertensi juga bisa menjadi sumber penyakit serius lain. Yakni memicu serangan jantung dan juga stroke bagi penderitanya. Melihat beberapa fakta di atas penting bagi sobat semuanya untuk mengetahui lebih lanjut penyakit yang satu ini agar tidak mudah terjangkit.

Penyebab Seseorang Mengalami hipertensi

Kita harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa hal mulai dari faktor makanan dan juga faktor aktivitas keseharian yang dilakukan oleh seseorang. Secara umum penyakit jenis ini biasa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  • Faktor usia lanjut memang lebih mudah hipertensi
  • Mengkonsumsi makanan tidak sehat, terutama jenis makanan terlalu banyak kadar garam
  • Tidak membiasakan diri makan buah dan sayuran
  • Terlalu banyak asupan cafein (dari kopi atau yang lainnya)
  • Jarang melakukan olahraga
  • Kelebihan berat badan
  • Memiliki riwayat keturunan atau terkena hipertensi karena faktor genetik
  • Stress berlebihan, terus berulang atau berlangsung dalam waktu lama

Hal-hal di atas adalah beberapa poin yang paling umum menjadi penyebab seseorang terkena penyakit hipertensi.

Gejala Ketika Seseorang Terkena Hipertensi

Selanjutnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah terkena hipertensi atau belum bisa kita lihat dari beberapa tanda yang terjadi. Mulai dari seseorang yang lebih mudah sakit kepala, mudah uring-uringan alias emosi tidak stabil, mudah lemas dalam beraktifitas, sesak nafas hingga keluar darah pada urine saat buang air kecil.

Jika sobat sering atau sedang mengalami beberapa gejala diatas, agar lebih tepat tentu harus melakukan check ke dokter. Dengan begitu bisa kita ketahui dengan jelas apakah mengalami gejala hipertensi atau masalah kesehatan yang lainnya.

Loading...

Biasanya hipertensi bisa dipastikan dengan rajin mengecek tekanan darah ke dokter. Untuk hasil tekanan akan ditulis dalam dua angka. Angkan pertama biasa disebut dengan sistolik atau tekanan yang terjadi dalam pembuluh darah ketika jantung sedang berdetak. Kemudian angka kedua disebut sebagau diastolic yang artinya mewakili tekanan pembuluh darah ketika jantung sedang tidak bekerja alias beristirahat. Untuk tekanan darah yang masih normal biasanya adalah 120/80 mmHg. Jika diatas angka tersebut dengan jumlah yang banyak maka kemungkinan besar mengalami hipertensi.

Cara Mencegah, Mengatasi, dan Mengobati Penyakit Hipertensi

Bicara mengenai pencegahan penyakit hipertensi secara garis besar ada 2 cara. Yang pertama adalah menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan hipertensi seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Kemudian yang kedua adalah menerapkan pola makan sehat, aktifitas sehat dan istirahat cukup. Yang tidak kalah penting adalah menjaga diri agar tidak sering depresi dan juga marah. Karena ini bisa memicu terjadinya hipertensi dari ketegangan syaraf dalam tubuh kita.

Pengobatan hipertensi biasanya adalah menggunakan resep dokter. Yakni melakukan konsumsi obat secara rutin sebagai pendukung kesehatan dalam beraktifitas setiap hari. Tidak heran jika penderita hipertensi biasanya kemana saja akan membawa obat dari dokter tersebut.

Kemudian intensitas atau dosis obat akan berangsur di turunkan pada saat tensi darah sudah ada perbaikan atau mengalami penurunan. Dan itu semuanya akan diarahkan dan diresepkan oleh dokter. Seperti halnya obat menetralisir kadar garam, obat untuk melebarkan pembuluh darah, obat untuk menstabilkan detak jantung dan beberapa obat pendukung lainnya.

Loading...

Cukup merepotkan dan sangat beresiko apabila seseorang sudah terlanjur terkena hipertensi karena harus ekstra disiplin dalam masa perawatan tersebut. Makanya harus sangat berhati-hati karena akan berhubungan dengan jenis penyakit kronis.

Makanya sangat penting bagi kita untuk mempelajari tentang penyakit ini. Yakni seputar penyebab hipertensi, gejala dan cara mengatasinya seperti yang saya sampaikan diatas. Semoga hal ini bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan semoga sehat selalu untuk sobat semuanya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan