Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Mengajarkan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Halo sobat dan bunda semuanya, kesehatan anak adalah sebuah prioritas utama bagi orang tua bukan? Karena itu penting bagi kita untuk terus memberikan edukasi kesehatan kepada anak sejak dini. Dalam hal ini anak kita akan lebih mudah paham apabila kita mempunyai metode yang tepat. Membuat mereka tertarik untuk mempelajari dan melakukan apa yang kita ajarkan menjadi sangat penting, karena yang namanya anak kalau terlalu dipaksa hasilnya juga tidak akan bagus.

Terutama untuk tips menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Karena kalau kita tidak memberikan edukasi yang tepat bisa jadi membahayakan. Terlebih lagi yang namanya mulut adalah pintu utama masuknya berbagai makanan, zat, bakteri bahkan virus yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

Loading...

Baiklah untuk mengembangkan minat dan ketertarikan mereka agar dengan rela dan senang menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, saya ada beberapa tips yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

1. Memilih Sikat Gigi Yang Menarik

Agar si anak mau dan suka melakukan yang namanya sikat gigi, ajaklah anak untuk memilih warna dan bentuk sikat gigi yang mereka inginkan, dengan begitu si anak akan lebih senang dalam melakukan sikat gigi. Cara ini lebih efektif dari pada kita harus memaksa mereka, namun tidak membuat mereka senang dengan apa yang mereka lakukan.

Kemudian biar lebih efektif lakukan juga kebiasaan menyikat gigi bersama anak di waktu-waktu penting seperti sehabis makan, saat mandi dan juga sebelum tidur. Disini kita juga bisa mulai mengajarkan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Lakukan dengan kita memberikan contoh dan juga ajarkan mereka mengenai menyenangkannya menyikat gigi secara rajin.

2. Memberikan Buku Menarik Seputar Pola Hidup Sehat Anak

Selanjutnya kita harus memancing mereka untuk berminat belajar mengenai kesehatan anak. Dalam hal ini jika ingin berfokus pada kesehatan gigi dan mulut. Kita bisa mencari buku-buku bergambar dan buku cerita yang menarik mengenai pentingnya kesehatan gigi dan anak.

Selain itu kita bisa membacakannya jika terkadang anak merasa malas membaca sendiri. Awalnya mungkin anak akan tidak tertarik, tapi kalau penyampaian kita dalam membacakan buku tersebut bisa seru dan asik. Maka otomatis anak akan muncul beberapa pertanyaan, dan dari titik inilah anak akan mulai timbul rasa ingin tahu dan belajar sendiri.

3. Buatlah Jadwal Aktifitas Kesehatan Gigi Dan Mulut

Loading...

Selanjutnya agar kita bisa mendisiplinkan anak untuk merawat gigi dan juga mulut. Buatlah jadwal bergambar yang menarik dan tempelkan di tembok kamar atau di tempat lain yang mudah dilihat. Jadwal tersebut bisa berupa hari dan juga jam sikat gigi atau kumur mulut dan sejenisnya. Buatlah kolom untuk anak melakukan absen pada jadwal tersebut atau mungkin melakukan coretan yang mereka sukai setelah melakukan aktifitas menyikat gigi atau perawatan lainnya.

4. Ajarkan Anak Untuk Gemar Makanan yang Menyehatkan Gigi

Anak biasanya selalu suka dengan berbagai macam jajanan yang rasanya beragam. Tapi justru malah kebanyakan jenis jajanan ini tidak begitu bagus untuk kesehatan gigi dan mulut. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengarahkan anak untuk suka dengan makanan yang menyehatkan gigi, misalkan saja makanan yang dimasak sendiri, makan buah-buahan dan sejenisnya yang sekiranya aman untuk gigi dan mulut anak.

Serta alihkan perhatian mereka dari kebiasaan makan jajanan manis, atau jajanan yang bisa memberikan kerusakan pada gigi dan mulut. Agar anak gak tersiksa karena dilarang-larang, kita harus mengalihkannya sedikit demi sedikit agar mereka melupakan jenis-jenis makanan yang merusak gigi tersebut.

Loading...

Awal-awal kita mengajarkan suatu kebiasaan baru mungkin anak akan lebih susah diatur. Maka dari itu harus sabar dan juga konsisten melatih anak untuk merubahnya sedikit demi sedikit agar mereka bisa terbiasa dengan sendirinya di kemudian hari nanti.

Demikian sobat dan bunda semuanya mengenai tips bagaimana caranya mengajarkan anak untuk mereka peduli dan mau melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulut anak. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

One comment

Tinggalkan Balasan