apa itu aperture priority

Pilihan Mode Memotret: Apa itu Aperture Priority ?

Apa itu Aperture Priority ? Masih ingat tulisan saya tentang apa itu aperture ? Aperture adalah lubang (diafragma) di dalam lensa kamera yang akan dilalui cahaya untuk masuk dan mengalir ke body kamera dan mencapai sensor. Pengaturan aperture ini sering kita terapkan untuk membuat foto bokeh atau mengatur kedalaman foto.

Memang salah satu konsep yang paling membingungkan untuk dipahami dalam fotografi adalah pengaturan aperture. Istilah ini mungkin diciptakan oleh seorang politisi hahaha….. Mereka mengatakan satu hal namun berarti lain!

Loading...

Seperti stopping  down atau stop lensa untuk meningkatkan kedalaman bidang, yang maksud sebenarnya adalah menaikkan pengaturan aperture! Semua istilahnya dibuat mundur, jadi bingung kan?.

Saat kita mengatur stop lensa ke f/11 atau f/16, diafragma aperture menutup, membiarkan lebih sedikit cahaya ke sensor tetapi meningkatkan fokus dari latar depan ke latar belakang.

Ketika pengaturan aperture, opening up atau membuka berarti menggunakan pengaturan f / stop yang lebih rendah. Misalnya dari f/11 ke f/5.6. yang artinya menambah bukaan aperture untuk menerima cahaha lebih banyak dan meningkatkan fokus di latar depan. Biasanya hasil fotonya akan bokeh.

Sebaliknya, closing down atau menutup berarti menggunakan pengaturan f/stop yang lebih tinggi. Misalnya dari f/5.6 ke f/11 yang akibatnya akan lebih banyak fokus ke latar belakan dan cocok untuk memotret pemandangan.

Jadi, istilah “membuka” lensa sebenarnya berarti menggunakan pengaturan aperture yang lebih rendah dari F/5.6 atau F/4 untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk ke sensor gambar. Dengan demikian porsi foto yang Anda fokuskan tajam di depan dan area lain menjadi kurang tajam. Somoga Anda tidak bingung lagi, hehehe….

Loading...

Ingat bahwa up atau buka berarti pengaturan aperture yang lebih rendah dan lebih sedikit fokus pada latar depan. Down atau tutup berarti pengaturan aperture yang lebih tinggi dan lebih banyak fokus pada latar belakang. Persis seperti politik bukan? Bilangnya A tapi ternyata B, hehehe…. jangan tersinggung ya para politisi…..

Lalu apa itu aperture priority? Mode aperture priority adalah mode kamera digital yang memberi kemudahan dan kebebasan kita dalam mengatur “bukaan lensa” atau bukaan aperture. Mode ini biasanya di beri simbol “AP”.

Ketika kita menggunakan mode aperture priority ini kita bisa menaikkan atau menurunkan aperture dengan mudah. Biasanya hanya dengan memutar tombol yang sudah disediakan.

Beberapa Mode Penting Kamera Digital

Berikut ini akan saya uraikan sedikit tentang beberapa mode di kamera digital. Semakin banyak kita bereksperimen dengan menggunakan berbagai mode ini kemampuan kita dalam menggunakan mode pemotretan ini akan meningkat pesat. Dengan demikian dapat membantu kita untuk memperoleh gambar terbaik yang ingin kita visualisasikan.

  • Aperture Priority. Yaitu mode yanga memudahkan pengaturan aperture untuk menambah atau mengurangi kedalaman bidang foto. Angka yang kecil, seperti f/2, membuka diafragma aperture dengan lebar dan membiarkan lebih banyak cahaya masuk ke sensor sekaligus mengurangi kedalaman bidang. Pengaturan angka aperture yang lebih besar mengurangi ukuran diafragma dan membiarkan lebih sedikit cahaya masuk. Bila mode ini dipilih maka kamera digital secara otomatis mengatur kecepatan rana. Untuk bidikan di mana kita ingin latar belakang buram (foto bokeh), kurangi aperture sampai angka f/2 atau F/4. Bila angka itu tidak ada pilih angka terkecil, biasanya f/5.6 . Untuk meningkatkan kedalaman ruang dan meningkatkan fokus latar depan dan latar belakang, tingkatkan pengaturan apertur ke f/8 bisa juga f/16 atau lebih tinggi.
  • Shutter Priority. Yaitu mode yang memungkinkan kita untuk menyesuaikan kecepatan rana lebih mudah dan mempersilahkan kamera untuk secara otomatis mengatur bukaan aperture. Untuk bidikan action atau aksi cepat di mana akan banyak gerakan cepat dan kita ingin membekukan aksi tersebut, gunakan kecepatan rana yang tinggi, misalnya 1/500 per detik. Untuk mendapatkan efek buram dari subjek bergerak seperti air terjun, kurangi kecepatan rana sampai 1/10 detik.
  • Manual. Dalam mode ini fotografer secara manual mengatur kecepatan rana dan bukaan aperture. Gunakan mode ini saat bereksperimen dengan berbagai jenis bidikan efek khusus atau saat memotret dalam keadaan yang tidak normal, misalnya pencahayaan yang minim di malam hari.
  • Automatic. Mode ini akan membuat komputer kamera digital menghitung kombinasi optimal dari bukaan aperture, kecepatan rana, dan sensitivitas ISO berdasarkan nilai eksposur yang ditentukan oleh sistem pengukuran kamera. Mode otomatis mungkin bisa digunakan untuk sebagian besar snapshot dan bahkan potret. Mode ini paling banyak digunakan oleh penghobi foto pemula seperti saya. Saya sering menggunakan mode ini agar tidak kehilangan momen yang berlangsung cepat.
  • Creative. Beberapa kamera digital dilengkapi dengan mode yang bisa kita program sendiri sebelumnya, keudian program itu bisa kita gunakan pada obyek favorit yang sering kita shoot. Misalnya olahraga, potret, dan lanskap. Gunakan mode ini ketika kita sudah terbiasa bereksperimen dengan mode aperture priority atau shutter priority dan sebagian besar hasilnya sudah cukup bagus.

Begitulah ulasan sederhana saya tentang beberapa mode kamera digital, utamanya tentang apa itu Aperture Priority?. Semoga hal ini bermanfaat buat kita semua. Selamat bersenang-senang….

Tinggalkan Balasan