Macam-Macam Data

Macam-Macam Data: Dari Berbagai Sudut Pandang

Macam-macam data bisa kita bedakan berdasarkan berbagai sudut pandang. Misalnya berdasarkan cara mengukurnya, cara memprolehnya, sumbernya, dan seterusnya. Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap namun ringkas.

Namun sebelum membahas tentang macam-macam data, ada baiknya kita bahas dulu apa itu data?. Secara kebahasaan, istilah “data” berasal dari bahasa Latin, yaitu “datum” yang artinya sesuatu yang diberikan.

Loading...

Menurut para ahli, misalnya Suharsimi Arikunto data adalah semua fakta dan angka-angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun sebuah informasi. Sedangkan Menurut Kuswadi dan E. Mutiara, data adalah sekumpulan keterangan yang diperoleh dari suatu pengamatan yang dapat berupa angka, lambang, atau sifat.

Bisa dikatakan bahwa data adalah sehimpun atau segugus fakta kuantitatif/numeris mapun kualitatif kumpulan dari datum-datum.

Macam-Macam Data

Data dapat dibedakan berdasarkan beberapa sudut pandang, yaitu sebagai berikut :

1. Data Menurut Sumbernya

Untuk membicarakan data menurut sumber harus berpijak pada suatu organisasi/badan. Menurut sumbernya macam-macam data bisa dibedakan menjadi:

  1. Data Internal adalah data yang dikumpulkan oleh suatu badan (organisasi) mengenai kegiatan badan itu dan hasilnya digunakan demi kepentingan badan itu pula. Contoh : data karyawan, data keuangan, data peralatan, data kekayaan dan sebagainya.
  2. Data Eksternal adalah data yang terdapat di luar organisasi yang memerlukannya. Contoh: data tingkat daya beli masyarakat, perkembangan harga dan sebagainya.

2. Data Menurut Cara Memperolehnya

Dilihat dari cara memperolehnya, data bisa digolongkan menjadi data primer dan data skunder.

  1. Data Primer adalah data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi/badan/perseorangan langsung dari obyeknya.
  2. Data Sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain, biasanya sudah dalam bentuk publikasi-publikasi.

3. Data Menurut Waktu Pengumpulannya

Loading...

Macam-macam data berdasarkan segi waktu pengumpulannya, macam-macam data bisa dibedakan menjadi berikut ini:

  1. Data Cross Section / Data Kerat Silang yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu yang dapat menggambarkan keadaan kegiatan pada waktu tersebut.
  2. Data Time Series / Data Runtut Waktu yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu secara berurutan pada satu atau lebih obyek yang sama pada setiap periode waktu.
  3. Data Pooled Cross Sections yaitu suatu set data yang memiliki fitur cross-sectional dan time series sekaligus.
  4. Data panel atau data longitudinal yaitu data yang terdiri dari serangkaian waktu untuk setiap anggota cross-sectional dalam satu set data. Misalkan data gaji karyawan pekerjaan selama periode 10 tahun.

4. Data Menurut Skala Pengukurannya

Dari skala pengukurannya, data dapat dikelompokkan menjadi :

  1. Data Nominal. Nilai suatu data variabel yang hanya sekedar membedakan suatu kategori dengan kategori lainnya. Dasar perbedaannya adalah penggolongan yang tidak saling tumpang tindih antar kategori-kategori tersebut dari suatu variabel. Data nominal hanya memiliki unsur penamaan saja. Misal jenis kelamin atau warna sampul buku.
  2. Data Ordinal. Data selain dibedakan antara satu nilai dengan nilai yang lainnya, juga antar kategori-kategori tersebut terdapat urutan/tingkatan. Dalam data ordinal, angka mewakili pengukuran “lebih besar dari” atau “kurang dari”. Misalnya preferensi atau peringkat.
  3. Data Interval. Nilai suatu data selain dibedakan, dan mempunyai tingkatan juga mempunyai jarak yang pasti antara satu kategori dengan kategori lainnya dalam suatu variabel, namun angka nol dalam data ini tidak bernilai absolut. Contohnya adalah suhu badan.
  4. Data Rasio. Kategori suatu data selain dibedakan, mempunyai tingkatan serta jarak antara suatu nilai dengan nilai yang lainnya juga setiap nilai variabel diukur dari suatu keadaan atau titik yang sama. Dengan kata lain mempunyai titik nol mutlak. Contohnya adalah data berat badan.

5. Data Menurut Sifatnya

Macam data menurut sifatnya dibagi menjadi :

  1. Data Kualitatif yaitu data tidak berbentuk angka atau yang berhubungan dengan kategori, karakterisik berwujud pertanyaan atau berupa kata-kata. Contoh : baik, buruk, rumah itu besar sekali, pohon itu rindang, harga minyak turun dan sebagainya.
  2. Data Kuantitatif adalah data yang dinyatakan dengan menggunakan satuan angka. Contoh : harga minyak tanah Rp. 350/liter.

Selanjutnya data kuantitatif dapat digolongkan menjadi :

  • Data diskrit yaitu merupakan hasil perhitungan atau membilang (bukan mengukur) sehingga tidak dijumpai bilangan pecahan. Contoh: manusia, meja, suku bangsa, warna kulit dan sebagainya.
  • Data kontinum adalah data yang diperoleh dari hasil pengukuran. Contoh : panjang, berat dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan kami tentang macam-macam data dilihat dari berbagai sudut pandang. Semoga pembahasan singkat ini bisa menambah informasi bagi Anda semua.

Tinggalkan Balasan