Hikmah Dari Kegagalan

Hikmah yang bisa kita petik dari kegagalan

Loading...

Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit, dimana usaha yang telah dilakukan berakhir tidak sesuai keinginan alias gagal. Kegagalan memang sesuatu yang menyakitkan. Tapi percayalah bukan hanya kita sendiri yang mengalami hal ini.

Jika kita mau menelisik lagi ternyata kegagalan tidak seutuhnya berdampak buruk. Gagal memiliki berbagai hikmah yang patut kita renungi dan bisa dijadikan pembelajaran untuk meraih kesuksesan dimasa depan.

Berikut ini adalah ulasan berbagai hikmah yang bisa kita petik dari kegagalan yang kita alami.

“Gagal pasti dialami orang karena kita bukanlah makhluk tanpa cela”

Kegagalan adalah fase yang akan dialami setiap manusia. Dan itu adalah wajar, tidak semua hal didunia ini berjalan mulus. Didunia ini kita akan diuji dengan berbagai masalah. Tuhan mau kita  bermental kuat untuk menghadapi ujiannya.

Tak masalah bila kita gagal, kita bisa mencoba lagi dikesempatan lain. Tuhan tidak pernah menyuruh kita untuk jadi sempurna. Tapi kita diwajibkan untuk terus berusaha sampai di penghujung umur kita. Gagal bukanlah aib yang harus kita sesali, tapi gagal adalah cara Tuhan untuk menguatkan mental kita.

“Sedih boleh, tapi jangan mudah menyerah”

Yang namanya gagal memang menyakitkan. Usaha yang tak membuahkan hasil membuat kita merasa sedih. Tidak papa merasa sedih. Kita memang perlu mengeluarkan emosi kita. Tapi janganlah sedih berlarut-larut. Ini akan membuat kita sulit bangkit.

Loading...

Saat gagal selalu ada dua pilihan yang bisa dipilih: memilih terpuruk atau mencoba untuk bangkit. Jika kita seorang pejuang tentunya memilih untuk bangkit adalah pilihan. Bersedihlah secukupnya tapi jangan pernah memilih untuk berhenti. Ingat bahwa untuk mencapai sesuatu yang kita mau kita harus berusaha.

“Tak perlu mengutuk keadaan, jadikan kegagalan sebagai motivasi”

Meski kita mengalami kegagalan bukan berarti kita menyalahkan diri sendiri dan mengutuk keadaan. Tak masalah bila dipercobaan pertama belum memuaskan hasilnya. Dari kegagalan tersebut kita bisa memperoleh pengalaman berharga.

Dari kegagalan kita akan lebih berhati-hati melangkah. Kita akan lebih matang dalam memutuskan pilihan serta mental kita akan lebih kuat saat menghadapi berbagai masalah. Dari kegagalan kita bisa belajar tentang arti perjuangan untuk mencapai tujuan.

“Terus berpikir positif, abaikan rasa takut”

Kegagalan mungkin membuat kita kecewa, marah dan putus asa. Gagal bisa membuat kita takut melangkah. Hal ini bisa terjadi karena trauma kegagalan yang tak ditangani dengan baik.

Loading...

Kita harus menyadari bahwa masih ada kesempatan dilain waktu asal kita mau berusaha. Singkirkan pikiran negatif yang membuat kita takut melangkah lagi.

“Dari Kegagalan kita bisa mencoba memperbaiki kekurangan”

Salah satu hikmah dari kegagalan adalah kita bisa mengetahui apa saja kekurangan kita. Mungkin penyebab kita tidak berhasil adalah persiapan yang belum matang, belum memahami materi dan lain sebagainya.

Saat menemui kegagalan segera evaluasi diri, temukan hal-hal yang menjadi kekurangan. Jika sudah menemukannya kita harus memperbaiki semaksimal mungkin. Jika kita sudah bisa melakukan hal ini, kesuksesan bukanlah hal mustahil untuk dicapai.

Jadikan kegagalan-kegagalan yang kita alami sebagai anak tangga menuju kesuksesan. Pelajari apa yang bisa kita jadikan modal untuk bangkit dan menantang masa depan. Sebab dengan demikian kita akan semakin kuat dan kompeten menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

Orang sukses adalah orang-orang yang berhasil dari kegagalan yang tak jarang terjadi berkali-kali. Mereka mampu mengubah tantangan menjadi peluang setelah banyak belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya yang tak banyak orang mengalaminya.

Loading...

Tinggalkan Balasan