Makanan Penambah Daya Ingat dan Kecerdasan

Makanan Penambah Daya Ingat dan Kecerdasan

Loading...

Apa saja yang kita konsumsi dalam keseharian pastinya akan memberikan dampak tersendiri bagi tubuh kita. Baik itu untuk organ dalam tubuh juga untuk otak kita. Ada beberapa jenis makanan penambah daya ingat dan juga kecerdasan otak yang perlu perbanyak dalam keseharian kita.

Dimana otak kita sudah bekerja lumayan keras dalam sehari-hari sebagai pusat control aktifitas seluruh anggota tubuh. Tidak heran jika otak kita sebenarnya membutuhkan asupan yang special. Terutama untuk beberapa makanan yang mengandung zat yang bagus untuk otak seperti makanan yang banyak mengandung Vitamin B1, B12, B6, kemudian makanan yang banyak mengandung Asam Folat dan juga asam lemak atau Omega 3. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung zat tersebut maka otak kita mendapatkan asupan yang cukup bagus. Kemudian jenis makanan yang bagus tersebut antara lain :

1. Buah Bluberi Bagus Untuk Otak

Jenis makanan yang pertama yang bagus untuk otak yakni buah blueberry. Buah yang satu ini selain memiliki rasa yang lumayan lezat ternyata juga banyak mengandung zat yang bagus untuk otak kita. Antara lain kandungan antioksidan yang cukup tinggi dari buah ini membantu otak kita memperkuat daya ingat.

Selain itu juga buah yang satu ini memberikan asupan zat besi yang bagus untuk memperlancar peredaran darah menuju ke otak.

2. Buah  Alpukat

Selanjutnya adalah buah alpukat. Kalau untuk buah ini biasanya cukup dihindari oleh orang yang sedang diet karena memang mengandung kandungan lemak dan juga karbohidrat. Akan tetapi beberapa kandungan lain dalam buah Alpukat ternyata lumayan bagus untuk otak kita. Terutama untuk zat lemaknya, ternyata adalah zat lemak tidak jenuh yang juga membantu pertumbuhan sel-sel didalam otak kita.

Memang kandungan lemak dalam buah Alpukat ini tidak sejahat lemak pada makanan lain seperti halnya terdapat pada daging.

3. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Mengkonsumsi jenis makanan berbahan biji-bijian dan juga kacang-kacangan juga memberikan asupan yang bagus untuk kesehatan otak kita. Karena dalam biji-bijian banyak mengandung zat omega-3 yang sangat bagus untuk otak kita.

Dalam hal ini beberapa jenis biji-bijian sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian the Journal of Nutrition, Health, and Aging, sudah dinobatkan dalam jenis makanan yang bisa menambah daya ingat otak kita.

4. Buah Apel Memberikan Zat Yang Meningkatkan Kecerdasan

Selanjutnya ada satu menu yang cukup lezat untuk dikonsumsi sehari-hari juga bermanfaat sebagai makanan penambah daya ingat dan kecerdasan, yakni buah apel. Ternyata dibalik kelezatan buah apel ini juga mengandung beberapa zat yang cukup bagus untuk meningkatkan daya ingat otak dan juga kecerdasan kita dalam berfikir.

Zat-zat dalam buah apel yang bagus untuk otak kita seperti halnya zat quercetin dan juga beberapa kandungan antioksidan di dalamnya.

5. Mengkonsumsi Telur Juga Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Ternyata salah satu menu yang akrab dalam keseharian kita yang satu ini juga bagus untuk kesehatan otak, yakni mengkonsumsi telur. Di dalam telur sendiri mengandung beberapa zat yang bagus untuk otak kita seperti halnya vitamin B6 dan juga vitamin B12.

Loading...

Selain itu telur juga mengandung zat omega-3 yang bagus dalam membantu meningkatkan daya ingat otak kita.

6. Ikan Salmon

Kemudian untuk membantu meningkatkan daya ingat kita juga bisa dengan mengkonsumsi ikan salmon karena didalamnya banyak mengandung zat omega 3. Dengan mengkonsumsi ikan salmon akan membantu mempercepat otak kita dalam pembentukan sel baru dalam otak kita.

Namun yang perlu diketahui bahwa mengkonsumsi ikan salmon juga memiliki efek samping tersendiri. Yakni bisa memicu tumbuhnya sel kanker apabila mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Selain itu ikan salmon juga kurang bagus untuk pertumbuhan janin. Jadi untuk ikan ini memang ada kelebihan dan kekurangannya, harus tetap sesuai porsi jika ingin mengkonsumsinya.

7. Sayur Brokoli

Selanjutnya yang cukup bagus untuk otak yakni memperbanyak makan sayur sayuran. Dalam hal ini beberapa jenis sayuran memang banyak memberikan asupan vitamin C yang cukup tinggi. Salah satunya adalah sayur brokoli. Sayur brokoli bisa membantu menjaga kesehatan otak kita dengan memberikan beberapa zat seperti glukosonolat, vitamin C, zat besi dan juga flavonoid yang bagus bagi otak.

Demikian sobat ada beberapa jenis makanan penambah daya ingat dan kecerdasan yang bisa kita konsumsi sehari hari. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah efektifitas belajar kita.

Loading...

Tinggalkan Balasan