Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Kita

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Kita

Loading...

Halo sobat, kali ini saya akan membagi tips menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Pola makan manusia modern saat ini cenderung tidak bersahabat dengan sistem pencernaan manusia. Juga berbagai bahan makanan yang juga sering kali membuat sistem pencernaan bekerja ekstra keras.

Tubuh kita punya banyak organ dan memiliki fungsi yang beragam, salah satunya adalah organ tubuh untuk sistem pencernaan. Di organ inilah makanan dan juga minuman yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna dan akan menghasilkan banyak zat dan disalurkan sesuai dengan kegunaannya masing-masing bagi tubuh kita. Jadi selama pencernaan sehat, berarti asupan yang masuk juga akan di manfaatkan secara sempurna.

Organ pencernaan sendiri di mulai dari paling atas adalah mulut, kemudian faring, kemudian esofagusm lambung lanjut ke usus halus kemudian usus besar. Penting bagi kita untuk merawat keseluruhan organ tersebut agar tubuh kita menjadi tetap sehat, fit dan tentunya lancar dalam menjalankan aktivitas tanpa gangguan pencernaan. Karena apabila sistem itu terganggu pastinya akan banyak merugikan kita sendiri.

Lalu bagaimana cara kita merawatnya? Perhatikan beberapa tips menjaga kesehatan sistem pencernaan berikut ini, Antara lain :

1. Cukupi Kebutuhan Air Dalam Tubuh

Yang pertama kita bisa merawat pencernaan dengan memastikan kebutuhan air dalam tubuh kita tercukupi. Kebutuhan air harian sangat penting agar organ tidak kering dan juga melakukan fungsinya dengan baik. Selain itu dalam mencerna bahan makanan, jika ada cukup air pasti akan lebih lunak dan mudah dicerna, kemudian untuk mencerna jadi feses pun lebih lunak jika air cukup dalam tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan air tersebut sobat bisa membiasakan diri memperbanyak minum air putih, biasanya secara umum adalah 8 gelas per hari atau 2 liter per hari. Namun jika sobat melakukan banyak aktivitas berat tentu membutuhkan air lebih banyak dari itu.

2. Mengonsumsi Lemak Sehat

Loading...

Di dalam tubuh kita sebenarnya sering ada lemak, namun tidak semua lemak itu buruk bagi kesehatan. Apalagi jenis lemak sehat. Karena jenis lemak ini adalah lemak yang membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, kemudian membantu mencegah terjadinya inflamasi usus. Selain itu juga bagus sebagai sumber energi bagi tubuh.

Dari mana saja kita mendapatkan lemak sehat? Dari buah-buahan yang berjenis seperti alpukat dan juga buah yang banyak mengandung biji-bijian biasanya terdapat lemak sehat di dalamnya. Selain itu bisa di dapatkan juga dari ikan salmon yang memberikan jenis asam lemak omega-3.

3. Utamakan Makan Masakan Sendiri

Buat sobat yang sudah sering memasak pastinya sudah terbiasa memilih bahan makanan sendiri sesuai dengan keinginan, dan biasanya akan lebih terhindar dari bahan-bahan makanan cepat saji yang kurang sehat untuk tubuh kita.

Membiasakan diri makan makanan sehat hasil masak sendiri juga bisa menyehatkan pencernaan kita dan menjauhkan kita dari makanan berbahan kimia atau makanan berbahan pengawet. Karena kalau masak sendiri pastinya sobat akan memilih menu yang sehat dan bergizi.

4. Perbanyak Menu Makanan Berserat Tinggi

Selain beberapa tips menjaga kesehatan sistem pencernaan di atas masih ada lagi yakni biasakan untuk makan makanan berserat tinggi agar memiliki kesehatan pencernaan yang maksimal. Di mana makanan berserat memang merawat pencernaan lebih baik.

Loading...

Jenis makanan ini bisa kita dapatkan dari buah-buahan yang mudah dicerna dan juga sayur-sayuran. Bahan makanan yang alami biasanya akan memberikan asupan serat yang cukup tinggi bagi tubuh kita.

5. Mengendalikan Stres Dengan Baik

Selain dari beberapa jenis makanan di atas, ternyata kesehatan pencernaan kita juga dipengaruhi oleh kondisi pikiran kita sendiri. Yakni pada saat stres, seseorang akan mengalami beberapa gangguan zat di dalam tubuh, mulai dari meningkatnya kortisol yang mengganggu pencernaan hingga menyebabkan perut sembelit.

Kemudian seseorang yang stres atau banyak marah biasanya akan lepas kontrol terhadap apa yang dia makan dan minum, dan ini juga akan menyebabkan seseorang salah memilih menu makanan dan akan merusak pencernaan.

Kelihatannya adalah sesuatu yang sepele yakni urusan pencernaan. Tapi sekalinya pencernaan terganggu, maka seluruh organ tubuh tidak akan mampu berfungsi dengan normal. Kemudian jika pencernaan terganggu secara otomatis ada organ tubuh yang gagal lalu menyebabkan seseorang jatuh sakit.

Jadi penting bagi kita untuk melakukan beberapa hal di atas agar bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan kita dengan baik dan menjadikan diri kita selalu sehat. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan