Akhlak Berdagang yang Dicontohkan Rasulullah

Akhlak Berdagang yang Dicontohkan Rasulullah

Loading...

Akhlak berdagang yang dicontohkan Rasulullah selayaknya kita laksanakan semampu kita, karena selain menguntungkan kedua belah pihak, juga akan menenteramkan jiwa kita dalam berekonomi. Transaksi yang win-win atau sama-sama menguntungkan akan berpotensi berkelanjutan (repetition).

Kini, berdagang menjadi sebuah pekerjaan yang paling digemari banyak orang, terutama sejak pandemi melanda. Fenomena pemecatan di mana-mana dan secara besar-besaran yang dilakukan oleh banyak pengusaha dan perusahaan membuat banyak orang yang mencoba untuk berdagang agar tetap bisa membiayai seluruh keperluan hidupnya selama sehari-hari.

Padahal sebenarnya, jika kita melirik ke sejarah, Rasulullah, keluarganya, dan para sahabatnya merupakan para pedagang ulung yang hebat. Maka, jika Anda juga ingin mengikuti jejak para pedagang, ada baiknya Anda mencoba mencontoh cara berdagang Rasulullah.

Rasulullah sudah mulai dikenalkan bisnis secara tidak langsung oleh keluarganya. Masa kecilnya yang dihabiskan untuk menggembala, kemudian meneruskan masa kecilnya ikut dengan pamannya berdagang, hingga akhirnya menjadi suami dari Ibunda Khadijah.

Ada banyak hal yang membuat Khadijah jatuh cinta terhadap Rasulullah, salah satunya adalah akhlak Rasulullah ketika berdagang. Akhlak berdagang yang dicontohkan Rasulullah di antaranya adalah berikut ini.

Menjual Barang yang Halal dan Berkualitas Bagus Saja

Akhlak pertama yang meski Anda miliki ketika mulai berdagang adalah dengan menjual barang yang halal dan memiliki kualitas terbaik saja, karena berdagang adalah sebuah transaksi yang terjadi antara Anda dan pembeli, sehingga kepuasan pembeli menjadi tanggung jawab Anda. Jika barang yang Anda dagangkan berkualitas bagus, tentu berdampak bagus pula terhadap dagangan Anda. Hal ini yang akan membuat dagangan Anda akan dilariskan terus dan insyaAllah halal.

Menjelaskan Kondisi Barang

Loading...

Jangan sekali-kali untuk menutupi cacat barang yang Anda dagangkan, karena ini pasti akan merugikan pihak pembeli. Jika memang ada kondisi barang yang kurang baik, atau sedikit cacatnya, jelaskan secara detail kepada pembeli, hal ini agar mereka tidak kecewa.

Tidak Memberikan Harga yang Tidak Wajar

Berikanlah harga pasaran. Anda tidak harus banting harga demi menggaet banyak pembeli dibanding pedagang lain, karena ini tidak diperbolehkan. Berikan saja harga yang umum. Kenapa tidak boleh? Karena jika Anda menjatuhkan harga secara tidak wajar, sudah pasti akan berakibat buruk bagi usaha orang lain. Bersainglah secara bijak dan benar.

Berlaku Adil

Akhlak selanjutnya adalah adil. Anda harus memiliki akhlak ini ketika berdagang. Poin ini juga menjadi salah satu pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan.

Catat Hutang

Jika dagangan Anda diperhutangkan, maka catatlah dengan rinci. Ini bertujuan agar ketika Anda dan konsumen Anda dalam perselisihan, catatan ini menjadi solusi. Baiknya, bukan hanya Anda saja yang mencatat, tapi juga pembelinya. Hal ini sangat dianjurkan, karena manusia adalah tempatnya salah, lupa, dan khilaf.

Melayani dengan Baik

Loading...

Jika barang yang Anda tawarkan sama saja dengan barang dagangan orang lain, baik dari segi kualitas, harga, model, dan sebagainya, maka salah satu akhlak yang bisa Anda terapkan agar mendapat konsumen adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik.

Dengan pelayanan yang terbaik, sudah barang tentu menjadi nilai lebih bagi toko atau dagangan Anda.

Berlaku Jujur

Tak hanya dalam berdagang, akhlak satu ini memang sudah wajib ada dalam diri Anda dalam berbagai aspek. Maka, ketika memang ada kesempatan untuk Anda berbohong, ingatlah bahwa Allah mengetahui kebohongan yang Anda lakukan meski konsumen Anda tidak mengetahuinya.

Agar dagangan Anda berkah, dan rezeki yang Anda peroleh membawa kenikmatan, berdaganglah dengan jujur.

Semua akhlak tersebut sudah dipraktikkan langsung oleh Rasulullah, tak heran jika kemudian beliau menjadi seorang pedagang yang sukses dan digelari dengan Al-Amin.  Mulai sekarang, jangan lupa untuk mempraktikkannya akhlak berdagang yang dicontohkan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari ya. Semoga bermanfaat, hidup kita makin berkah dan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan