Mengajarkan Anak Gemar Menabung Sejak Dini

Cara Mengajarkan Anak Gemar Menabung Sejak Dini

Loading...

Melatih sebuah kebiasaan di masa anak-anak merupakan suatu hal yang penting, termasuk dalam cara mengajarkan anak gemar menabung sejak dini. Dalam hal ini perlu pembinaan secara khusus agar anak bisa melakukan rutinitas menabung dengan senang hati.

Ketika sesuatu sudah dilatih sejak kecil, biasanya di masa remaja dan dewasanya nanti sudah hafal. Dengan catatan kita sebagai orang tua harus memberikan kesan yang tidak mudah dilupakan oleh si anak dalam kegiatan menabung tersebut. Secara teori, ini adalah pendekatan pembelajaran behavioristik.

Berbeda dengan orang dewasa yang hanya di nasihati sudah bisa menurut, pembelajaran kepada anak lebih pada memunculkan minatnya untuk tertarik pada suatu hal. Dengan begitu tanpa ditekan sekalipun si anak akan mau melakukan hal tersebut. Baiklah pada kesempatan ini saya akan mencoba sharing beberapa tips bagaimana cara mengajarkan anak gemar menabung sejak dini, antara lain sebagai berikut :

1. Ajaklah Menabung Sesuatu Yang Anak Suka

Agar anak menjadi tertarik untuk menabung langkah awal adalah membuat sebuah program menabung yang di dalamnya untuk membeli sesuatu yang anak suka. Dengan demikian Anak kita akan lebih senang dengan kegiatan menabungnya.

Kadang kalau kita tunjukkan untuk sesuatu yang penting tapi dia kurang suka, ujung-ujungnya akan terpaksa. Pada tahap awal, yang paling penting adalah anak suka menabung  terlebih dahulu.

2. Ajari Mengenai Cara Menggunakan Uang Yang Benar

Loading...

Langkah yang kedua guna mendukung anak tidak sembarangan dalam mengeluarkan uang. Ajarilah cara menggunakan uang yang benar. Berikan beberapa pengetahuan mengenai pentingnya mencukupi kebutuhan pokok terlebih dahulu ketimbang membelanjakan uang untuk bersenang-senang. Tapi bukan berarti melarang sepenuhnya kebebasan anak untuk jajan, akan tetapi variasikan dengan baik.

Sebagai sebuah contoh, ketika anak ingin jajan, coba untuk arahkan membeli makanan atau minuman daripada sekedar membeli mainan. Seiring berjalannya waktu buat anak lebih bebas dalam membeli makanan daripada mainan. Ini secara tidak langsung sudah memberikan pelajaran sejak dini dalam mengutamakan kebutuhan daripada sekedar bersenang-senang.

3. Berikan Celengan Tabungan dan Kalender Menabung Yang Menarik

Biar menabung anak menjadi lebih menyenangkan lagi, Anda bisa membeli celengan yang menarik yang sekiranya disukai anak. Selain itu gunakan juga sebuah kalender bergambar yang bisa digunakan untuk melakukan ceklist atau corat-coret setiap kali anak sudah memasukkan uang. Buatlah proses ceklist atau absen menabung ini berkesan untuk anak, agar anak menantikan kembali waktunya melakukan ceklist kembali di kemudian hari.

4. Berikan Hadiah Atau Apresiasi Pada Anak

Langkah yang lain adalah dengan membuat sebuah gim yang berhadiah. Artinya berikanlah hadiah kepada anak jika sudah mau disiplin dalam beberapa waktu. Berikan sebuah momen spesial tersebut secara berkala. Dengan begitu si anak akan kembali semangat untuk melanjutkan proses menabung tersebut.

5. Berikan Pengertian Mengenai Susahnya Mencari Uang

Loading...

Kalau zaman saya dulu ketika di ceritakan susahnya mencari uang jadi mikir-mikir mau meminta uang lagi pada orang tua. Karena ya merasa kasihan ketika orang tua sudah susah-susah mencari uang. Kita juga bisa mengajarkan kepada Anak kita selama ini proses kita mencari uang memerlukan sebuah perjuangan, sehingga dalam mengeluarkan uang pun harus berhati-hati.

Cara seperti ini mungkin cukup efektif agar anak berpikir ulang untuk mengeluarkan uang dengan seenaknya. Inilah salah satu cara mengajarkan anak gemar menabung sejak dini.

6. Latih Konsisten Dan Ingatkan Secara Berkala

Yang terakhir jika memang kita ingin membentuk Anak kita sebagai anak yang gemar menabung maka harus sabar. Sabar dalam melatihnya, sebagian anak mungkin gampang diatur, namun sebagian lagi susah untuk dikasih tahu. Jadi gimana pun sifat Anak yang kita perlukan hanya terus mencoba dengan konsisten sampai anak benar-benar terdidik.

Jika didikan kita mengenai menabung sudah berhasil, maka biarkan saja dia berkreasi dengan cara menabungnya sendiri. Kalau dia sudah ada inisiatif cara menabung dia, misalkan mau mengubah celengan, mau mengubah jadwal, mau mengubah jumlah atau apa pun, sekiranya itu kesenangan anak dalam menabung, kita hanya perlu mendukungnya saja. Kalau sudah sampai tahap ini berarti cara mengajarkan anak gemar menabung dari kita sudah berhasil.

Demikian sharing dari saya mengajarkan anak menabung sejak dini, semoga bermanfaat dan terima kasih (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan