Keutamaan Menuntut Ilmu

Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam

Loading...

Keutamaan menuntut ilmu dalam Islam dan segala cakupannya sangat penting. Tak heran jika dalil tentang menuntut ilmu tidak hanya dibahas di dalam hadis Rasulullah saja, tapi juga dibahas di dalam Al-Quran.

Ada banyak sekali keutamaan-keutamaan menuntut ilmu dalam Islam. Menuntut ilmu merupakan sebuah amal yang akan dihitung ibadah oleh Allah, dan harus dilaksanakan dengan tekun. Wajar jika kemudian Allah akan meninggikan derajat orang yang menuntut ilmu.

Tak hanya itu, bahkan Allah bertanya di dalam Al-Quran, ‘Apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui?’. Pertanyaan Allah ini seperti menampar kita yang tidak ingin belajar. Kewajiban menuntut ilmu ini disampaikan oleh Rasulullah melalui Anas bin Malik yang terdapat di dalam kitab Ibn Majah, No. 224.

hadis menuntut ilmu

“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.”

Berikut ini ulasan beberapa keutamaan menuntut ilmu dalam Islam.

Semakin Takut kepada Allah

Salah satu dampak apabila Anda memahami hakikat ilmu adalah merasa semakin takut kepada Allah. Dengan ilmu tersebut, Anda akan mempunyai rasa takut akan murka Allah dan berbuat dosa. Namun, jika ternyata semakin banyak ilmu yang Anda miliki, namun semakin berkurang rasa takut Anda kepada Nya, periksa lagi, ada apa sebenarnya?

Jangan sampai semakin banyak ilmu yang Anda miliki, semakin tidak takut Anda dengan Tuhan, atau bahkan semakin keras hati Anda untuk menerima kebenaran.

Sebenarnya tidak hanya menambah ketakutan kepada Allah. Pada akhirnya ketika kita mengetahui sangat banyak karunia Allah setelah kita banyak belajar maka logika dan hati kita akan semakin yakin akan kebesaran Allah yang tak hingga serta betapa banyak nikmat-Nya yang diberikan kepada para makhluk. Kita akan semakin kagum pada alam semesta dan akhirnya memahami bahwa taat pada Allah adalah sebuah keniscayaan.

Diangkat Derajatnya

Loading...

Hal ini dijelaskan oleh Allah di beberapa surah dalam al-Quran. Allah menjelaskan di dalam firman-Nya, bahwa orang yang menuntut ilmu akan diangkat beberapa derajat dari orang yang tidak berilmu.

Derajat ini tidak hanya derajat di dunia, melainkan juga di akhirat kelak. Dan yang paling penting sebenarnya adalah derajat di Akhirat. Kita bisa melihat bagaimana orang yang berilmu memiliki derajat yang mulia di dunia. Begitu mulianya, bahkan menjadi nilai universal yang diterima oleh semua kalangan masyarakat. Apalagi di akhirat kelak.

Dimudahkan Menuju Surga

Dengan menuntut ilmu, Anda memiliki kesempatan untuk menuju surga dengan mudah, karena Rasulullah bersabda di dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim pada nomor 2699.

hadis menuntut ilmu dimudahkan jalan ke surga

“Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu, maka akan Allah mudahkan baginya jalan ke surga.”

Orang Berilmu Memiliki Pahala yang Kekal

Keutamaan menuntut ilmu berikutnya adalah pahala yang kekal. Salah satu tanda ilmu seseorang bermanfaat adalah disebarluaskan kepada orang lain. Ia tidak akan menumpuk ilmu hanya untuk menambah pandai dirinya sendiri.

Bagi seorang penuntut ilmu yang terus menyebarluaskan ilmu yang dimilikinya, maka ia berkesempatan menuai banyak pahala, bahkan ketika ia sudah wafat. Hal ini karena memang ilmu yang bermanfaat menjadi salah satu amalan yang pahalanya tidak akan pernah terputus meski orangnya sudah meninggal.  

Dapat mengetahui kebenaran

Loading...

Dengan menuntut ilmu, Anda akan dapat mengetahui tentang kebenaran sesuatu. Allah menjelaskannya di dalam QS. Ali Imran ayat 18, yang terjemahannya kurang lebih sebagai berikut:

“Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia; (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha perkasa, Maha-bijaksana”.

Dengan banyak menuntut ilmu, maka wawasan kita semakin luas. Sudut pandang kita juga sangat beragam. Dan yang paling penting adalah penalaran dan logika kita semakin baik dan terlatih. Artinya kita akan mampu mengetahui kebenaran dengan perangkat logika atau mantiq yang telah terlatih.

Sudah menuntaskan Kewajiban

Tak ada batasan usia untuk menuntut ilmu. Jika Anda menjalankannya, itu artinya Anda  telah menjalankan perintah Allah dan petunjuk Rasulullah. Hal ini disebutkan di dalam QS. Al-Alaq ayat 1 hingga 5.

Al Alaq 1-5 menuntut ilmu

Berikut ini adalah terjemahan surat Al-Alaq ayat 1-5:

  1. “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,”
  2. “Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.”
  3. “Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,”
  4. “Yang mengajar (manusia) dengan pena”
  5. “Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Di dalam surah tersebut, Anda pasti menemukan sebuah perintah untuk membaca, dan membaca memiliki kaitan yang sangat erat dengan menuntut ilmu. Bagaimana bisa seorang penuntut ilmu mendapatkan ilmu yang utuh jika tidak dengan membaca, padahal membaca merupakan jendela ilmu?

Keutamaan demi keutamaan di atas akan kita peroleh jika niat kita menuntut ilmu adalah tulus karena ingin mendapat ridha dan rahmat-Nya. Demikian beberapa keutamaan menuntut ilmu dalam Islam, jangan lupa untuk terus belajar dan menyebarkannya kepada siapa pun agar ilmu yang kita miliki menjadi berkah. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan