Mengetahui Penyebab Anemia

Pentingnya Mengetahui Penyebab Anemia dan Cara Mengobatinya

Loading...

Halo sobat, kali ini saya ingin mengajak Anda buat memahami lebih dalam mengenai anemia. Khususnya bagaimana mengetahui penyebab anemia, gejala, cara mengobatinya, serta bagaimana mencegahnya. Anemia adalah sebuah kondisi di mana seseorang mengalami defisit atau kekurangan sel darah merah. Dengan kata lain bisa dijelaskan bahwa seorang penderita anemia dia mempunyai ketersediaan sel darah merah di bawah atau lebih rendah dari batas normal.

Kondisi ini tentu bukan kondisi yang baik, di mana kita akan menjadi seseorang yang lemah dan rentan sekali dengan yang namanya jatuh sakit. Jadi harus pandai mengetahuinya dari awal dan mengatasi dengan lebih cepat agar tidak semakin parah. Apalagi buat sobat yang super sibuk dengan segala pekerjaan dan juga rutinitas sehari-hari, bisa menjadi kacau semua kalau tidak segera diambil tindakan khusus. Untuk jenis anemia sendiri ada banyak macamnya, antara lain adalah :

  • Anemia defisiensi B12
  • Anemia hemolitik
  • Anemia defisiensi besi
  • Anemia karena penyakit kronis
  • Anemia sel sabit
  • Talasemia
  • Anemia aplastik
  • Anemia megaloblastik
  • Anemia pernisiosa
  • Anemia defisiensi folat

Mengetahui Penyebab Seseorang Terkena Anemia 

Kita akan lanjut pada penyebab anemia terlebih dahulu secara umum, jadi ini bisa menjadi penyebab semua jenis anemia di atas. Secara garis besarnya anemia disebabkan karena keterlambatan produksi sel darah merah karena zat besi dan oksigen dalam tubuh kurang, sehingga zat hemoglobin terlambat dalam melakukan produksi. Beberapa faktor yang memicu mulai dari aktivitas yang terlalu berlebihan alias tidak teratur, kurangnya waktu istirahat hingga pola makan tidak sehat, itu adalah faktor umum semua penyakit yang menyerang kita sebagai manusia, tidak terkecuali dengan anemia. Untuk rincian lebih detail mengenai penyebab anemia, antara lain sebagai berikut :

  • Kekurangan asupan zat besi dari makanan sehari-hari
  • Kekurangan zat atau vitamin B-12 dan folat dari asupan sehari-hari
  • Riwayat keluarga atau faktor genetik juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab seseorang lebih mudah terkena anemia
  • Aktivitas terlalu berlebihan dan juga kurang waktu istirahat
  • Efek dari konsumsi obat-obatan tertentu
  • Imunitas dan daya tahan tubuh rendah juga bisa menyebabkan anemia
  • Beberapa pola hidup tidak sehat yang lainnya

Setelah mengetahui daftar penyebab di atas sudah semestinya sobat menghindari atau melakukan penanganan lebih awal agar tidak terjangkit dari yang namanya anemia.

Gejala Seseorang Terkena Anemia

Loading...

Ketika seseorang mulai terserang gangguan jenis penyakit anemia bisa diketahui dari keadaan atau beberapa gejala yang terlihat. Mulai dari kondisi emosional orang tersebut lebih mudah marah. Kemudian dari kondisi tubuh yang sangat mudah lemah alias lemas, padahal baru melakukan sedikit aktivitas saja.

Bisa ditandai juga dengan munculnya sakit kepala yang tidak biasa. Kemudian kuku menjadi mudah rapuh, kondisi otak menjadi sulit untuk fokus, sulit berpikir dan sulit berkonsentrasi. Selain itu masih ada tanda lain seperti munculnya warna kebiruan hingga putih pada mata, sesak nafas, lidah menjadi muncul rasa sakit dan penampilan wajah menjadi lebih pucat.

Pencegahan dan Pengobatan Anemia

 Kalau bicara mengenai pencegahan berarti kita harus menghindari beberapa hal di atas yang akan menjadi faktor anemia. Mulai dari menjaga asupan gizi yang cukup dan bisa membantu memperbanyak atau memperlancar produksi sel darah merah. Kemudian melakukan olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh kemudian memiliki atau menyediakan waktu istirahat yang cukup dalam sehari-hari.

Loading...

Namun jika anemia sudah terlanjut menjangkit langkah yang harus dilakukan adalah berobat ke dokter. Ini untuk mengetahui tepatnya terkena anemia jenis yang mana dan untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Pengobatan anemia biasanya akan dilakukan transfusi darah yang lebih kaya akan sel darah merah. Kemudian akan diberikan beberapa resep yang bisa meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh. Bisa juga dengan didukung berbagai macam suplemen yang bisa mempercepat pemulihan kondisi tubuh.

Penyakit ini tidak boleh disepelekan begitu saja karena kalau tidak segera ditangani yang paling terkena dampak adalah kinerja jantung, kalau jantung sudah terganggu maka jelas kita akan lebih sulit lagi mengobatinya karena jenis penyakit kronis yang susah disembuhkan dan bahkan mematikan.

Demikian sobat mengenai pemahaman tentang bagaimana mengetahui penyebab anemia, gejala cara mengatasi dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih. (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan