Cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun

Cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun

Loading...

Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun, entah itu performa, kecepatan, kualitas atau dalam aspek lainnya. Karena kinerja yang menurun juga akan mampu menurunkan kualitas usaha atau perusahaan bahkan bisa menjadi salah satu faktor kebangkrutan atau kegagalan Anda dalam menjalankan sebuah usaha.

Sebelum melakukan langkah-langkah atau cara mengatasi kinerja karyawan yang menurun, carilah penyebabnya terlebih dahulu. Karena semua hal pasti ada penyebabnya. Apakah karyawan tersebut ada masalah, karyawan tersebut sedang berontak atau penyebab-penyebab yang lainnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka Anda akan menangani masalah tersebut dengan lebih tepat. Artinya memang dibutuhkan komunikasi yang baik antara Anda dan karyawan Anda. Jadi jangan sampai sebagai pengusaha atau pimpinan langsung menerapkan kebijakan tanpa melihat apa yang sedang terjadi.

Baiklah beberapa cara untuk mengatasi kinerja karyawan yang menurun antara lain sebagai berikut :

1. Adakan sebuah diskusi baik itu umum atau pribadi

Langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah mendiskusikannya terlebih dahulu apabila memungkinkan. Ini penting guna mengetahui alasan mereka kenapa kinerjanya menurun. Barangkali mereka menemukan kesulitan atau kendala yang belum Anda ketahui.

Jika kinerja karyawan yang menurun tidak banyak, alias Cuma 1 orang saja. Coba adakan pendekatan personal kepada karyawan. Barangkali dia banyak masalah dalam hidup yang sampai mengganggu pekerjaan yang dia miliki.

Berikan perhatian khusus agar mereka merasa kembali memiliki perusahaan. Karena sekarang sudah tidak zamannya lagi saya kira untuk memarahi seseorang. Apalagi untuk Anda atau karyawan baru zaman sekarang sudah tidak pengaruh lagi untuk sekedar dimarahi.

2. Memberikan motivasi kepada karyawan

Motivasi karyawan juga perlu Anda bangkitkan untuk mengatasi permasalahan ini. Adakan sebuah pertemuan dan hadirkan seorang pembicara atau motivator yang bisa membangunkan semangat mereka kembali.

Banyak perusahaan besar mengadakan acara semacam ini bahkan secara rutin. Ada yang setiap bulan atau 3 bulan sekali mengadakan room training dengan materi motivasi.

Yang namanya kita manusia kadang lupa apa tujuan dalam bekerja di perusahaan. Akhirnya menjadi malas-malasan. Siapa tahu dengan motivasi bisa me-refresh kembali ingatan tersebut sehingga menjadi semangat lagi seperti di awal mereka bekerja dahulu.

3. Memberikan pelatihan kepada karyawan

Pelatihan juga perlu dilakukan untuk mengatasi kinerja karyawan yang menurun. Barangkali kinerja karyawan menurun karena skill mereka kurang dan sejenisnya. Adakan training khusus kepada karyawan sesuai dengan jabatan mereka masing-masing.

Hal ini juga sekaligus bisa memberikan upgrade keahlian baru untuk karyawan dan tentu saja demi peningkatan kemajuan perusahaan itu sendiri.

Bahkan beberapa perusahaan dan pabrik biasanya akan mengirim mereka untuk magang dan bekerja di perusahaan yang lebih besar guna meningkatkan kinerja mereka. Dan kalau Anda memiliki koneksi tersebut juga bisa dilakukan. Biar karyawan Anda meningkat kembali setelah mengikuti program tersebut.

4. Memberikan reward lebih agar mereka berkompetisi menjadi lebih baik

Salah satu trik perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan memberikan reward. Pasti Anda juga pernah mendengar beberapa istilah seperti bonus karyawan berprestasi dan juga bonus kehadiran atau bonus kerajinan. Hal ini bisa Anda lakukan juga untuk meningkatkan kembali kinerja karyawan Anda.

Sebagai contoh Anda membuat hitung-hitungan dan memberikan bonus kepada mereka yang mencapai target produksi selama satu bulan full. Dengan begitu karyawan akan terus memenuhi kebutuhan produksi perusahaan Anda.

5. Melakukan evaluasi dan re-struktur jabatan karyawan

Kemudian cara terakhir adalah dengan melakukan evaluasi jabatan atau evaluasi soal struktur dalam usaha atau perusahaan Anda. Beberapa perusahaan ada yang menerapkan sistem rolling setiap tahun untuk karyawan mereka. Ternyata hal ini juga bisa berfungsi untuk menjaga kinerja karyawan tetap tinggi.

Kemudian bisa juga mengevaluasi karyawan-karyawan yang menurun kinerjanya tersebut apakah harus diganti atau dipindah bagian. Karena kadang ada juga karyawan yang menjadi malas dan ada juga yang sengaja membuat masalah. Kalau karyawannya memang jelas-jelas bermasalah berarti Anda harus melakukan penggantian dengan karyawan yang baru.

Intinya mengenai cara mengatasi kinerja karyawan adalah mencari penyebab, melakukan evaluasi, pendekatan, pelatihan dan juga memberikan mereka hal-hal yang membuat mereka semangat kembali. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih. Salam belajar kapan saja di mana saja untuk siapa saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan