Neraca Pembayaran Internasional

Neraca Pembayaran Internasional

Loading...

Neraca pembayaran internasional adalah dokumen yang sistematis dari semua transaksi ekonomi internasional yaitu antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun. Transaksi yang dicatat adalah semua transaksi ekonomi internasional. Namun bantuan militer tidak termasuk ke dalamnya karena tidak memiliki imbal beli.

Tujuan dibuat neraca pembayaran internasional adalah untuk mengetahui posisi dunia suatu negara sehingga dapat dijadikan panduan untuk mengambil kebijakan baik dalam bidang fiskal, moneter maupun perdagangan.

Komponen Neraca Pembayaran Internasional

A. Transaksi berjalan (Current Account): semua transaksi ekpor dan impor barang dan jasa yang meliputi:.

  • Transaksi perdagangan: semua transaksi ekspor dan impor barang dan jasa.
  • Transaksi pendapatan: semua transaksi pendapatan dari penenaman modal di luar negeri serta pendapatan atas penanaman modal asing di dalam negeri.
  • Transaksi unilateral: suatu transaksi yang tidak menyebabkan timbulnya utang atas barang ataupun bantuan yang diberikan

B. Neraca modal: neraca yang memperlihatkan kondisi aset suatu negara diluar negeri dan aset asing di suatu negara, diluar aset cadangan pemerintah. Terdapat beberapa neraca modal yaitu:

  • Transaksi penenaman modal langsung: semua transaksi yang berhubungan dengan jual beli saham dan jual beli perusahaan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk dari negara lain.
  • Transaksi utang piutang jangka panjang: semua transaksi kredit jangka panjang yang pembayarannya lebih dari satu tahun.
  • Transaksi utang piutang jangka pendek: Semua transaksi utang piutang yang jatuh temponya tidak lebih dari satu tahun.

C. Selisih yang belum diperhitungkan: Rekening penyeimbang apabila transaksi-transaksi kredit tidak sama persis dengan nilai transaksi debet.

Alat Pembayaran Internasional

  • Letter Of Credit (L/C). Yaitu surat yang dikeluarkan oleh bank di negara importir dimana bank tersebut menyetujui dan membayar wesel yang ditarik oleh ekportir.
  • Open Account. Barang diterima pembeli sebelum melakukan pembayaran.
  • Collection. Ekportir menugaskan bank untuk melakukan penagihan atas harga barang kepada importir.
  • Advance Payment (cash payment). Diamana importir membayar harga barang terlebih dahulu sebelum barang dikirim. Setelah menerima pembayaran dari improtir, eksportir wajib mengirim barang.
  • Commercial Bills Of Change. Surat yang diterima oleh ekportir yang berisi surat perintah kepada importir untuk membayar sejumlah uang pada tanggal jatuh tempo pada masa datang.
  • Konsinyasi. Pembayaran dilakukan setelah barang ekspor diterima oleh importir.

Transaksi Debet dan Kredit Neraca Pembayaran Internasional

Transaksi Debet:

transaksi yang menyebabkan bertambahnya kewajiban bagi penduduk suatu negara untuk melakukan pembayaran kepada penduduk negara lain.

Contoh transaksi debet:

Malaysia membeli jasa dari Singapura, maka Malaysia wajib melakukan pembayaran kepada Singapura sehingga transaksi tersebt dicatat pada neraca pembayaran dengan tanda minus.

Transaksi Kredit:

Transaksi yang menyebabkan penduduk dari suatu negara memiliki hak untuk menerima pembayaran dari penduduk negara lain.

Contoh transaksi kredit:

Indonesia menjual jasa ke Malaysia, maka transaksi tersebut menimbulkan hak untuk menerima pembayaran dari Malaysia. Maka transaksi tersebut merupakan transaksi kredit yang dicatat dalam neraca pembayaran dengan tanda positif.

Pos-Pos Debet Kredit Pada Neraca Pembayaran Internasional

Pos debet diantaranya adalah:

  • Neraca barang: mengimpor barang dari negara lain
  • Neraca jasa: Melakukan pembayaran atas jasa ke penduduk luar negeri dan pembayaran biaya pariwisata ke luar negeri
  • Neraca hasil modal: Pembayaran bunga dan deviden
  • Neraca modal: kredit yang diberikan ke luar negeri dan pembayaran cicilan utang
  • Neraca utang piutang jangka panjang: Pembelian obligasi dari luar negeri

Pos Kredit diantaranya adalah:

  • Neraca barang: Ekspor barang ke negara lain
  • Neraca jasa: Penerimaan jasa dari penduduk luar negeri
  • Penerimaan pariwisata dari luar negeri
  • Neraca modal : Kredit yang diperoleh dari luar negeri dan penerimaan cicilan utang
  • Neraca utang piutang jangka panjang: penjualan obligasi ke luar negeri

Pengaruh Neraca Pembayaran Internasional terhadap Perekonomian Negara

  1. Perubahan Nilai Tukar Devisa : Jika neraca pembayaran terjadi devisit, maka nilai tukar valas akan naik dan nilai tukar rupiah akan turun. Jika neraca pembayaran mengalami surplus maka nilai tukar valas akan turun dan nilai tukar rupiah akan naik.
  2. Perubahan Harga : Jika nilai ekspor lebih besar daripada impor maka barang yang diproduksi dalam negeri akan banyak terjual diluar negeri dan harga barang dalam negeri akan naik.
  3. Perubahan Pendapatan : Tinggi rendahnyanilai ekspor akan mempengaruhi pendapatan nasional.
  4. Perubahan tingkat bunga : Jika banyak investor yang menanamkan modal ke dalam negeri maka tingkat bunganya akan rendah. Dan sebaliknya jika tingkat investasi berkurang maka tingkat bunga akan tinggi.

Devisa

Devisa adalah uang asing yang beredar pada setiap negara dan digunakan untuk pembayaran transaksi luar negeri. Perantara utama dalam pasar devisa adalah bank-bank utama yang beroperasi di seluruh dunia terutama yang memperjualkan valuta asing. Pialang-pialang dalam pasar valas tidak pernah bertemu dan berhadapan secara langsung.

Hubungan kurs devisa (valas) dengan neraca pembayaran

  • Jika neraca pembayaran defisit maka selisih tersebut akan dibayar menggunakan devisa yang ada. Penggunaan devisa akan mengurangi alat pembayaran dan menaikkan kurs valuta asing.
  • Jika neraca pembayaran surplus maka negara tersebut memiliki banyak devisa dari luar negeri yang membuat penawaran devisa luar negeri menguat sehingga nilai mata uang dalam negeri akan menguat.

Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android

Pelajari materi-materi ekonomi kelas 11 Semester 2 lainnya di aplikasi buku saku berbasis Android yang telah kami sediakan di bawah ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.omkikikmedia.busakekxi2&hl=id

Semoga belajar anda semakin menyenangkan. Pantau terus maglearning.id agar bisa belajar kapan saja dimana saja dan untuk siapa saja.

Loading...

Tinggalkan Balasan