Mengekstrak File RAR di Semua Windows

Tutorial Mengekstrak File RAR di Semua Windows

Loading...

Mengekstrak File RAR di Semua Windows – Memang artikel ini terkesan ‘sepele’ tetapi masih banyak saudara-saudari kita di luar sana yang masih belum mengerti “cara membuka file RAR dan Zip”. Jangan merendahkan mereka!, karena tidak ada yang sempurna, bukan?. Nah di sini saya akan berusaha membantu semaksimal mungkin mengenai pertanyaan yang sering muncul bagi orang yang belum mahir atau masih sedikit buta teknologi yaitu Bagaimana cara membuka file gambar Buku itu ?.

RAR adalah format yang cukup umum untuk menyimpan file. RAR dikembangkan oleh seorang ahli perangkat lunak dari Rusia yang bernama Eugene Roshal. Jadi nama RAR diambil dari singkatan dari “Roshal Archive”.

File RAR sendiri merupakan file terkompresi yang dapat memuat lebih dari satu file atau folder di dalamnya. Ini mirip dengan folder biasa di komputer. Pastinya Anda sudah terbiasa mengoleksi file atau beberapa folder dalam satu folder, bukan? Hal ini umumnya dilakukan untuk mengatur file atau folder agar lebih rapi. Namun, tidak seperti folder biasa, file RAR memerlukan perangkat lunak khusus untuk membuka atau mengekstrak file atau folder yang ada di dalamnya.

Fungsi RAR

Biasanya saat mendownload software, akan ada pilihan untuk mendownload file RAR. File RAR sendiri sering digunakan oleh distributor perangkat lunak atau situs berbagi file. Ini karena perangkat lunak besar dapat dikompresi menjadi file RAR, sehingga ukurannya lebih kecil.

Terkadang file RAR dipecah menjadi beberapa bagian. Dengan ukuran file yang lebih kecil, Anda dapat mendownload file tersebut dengan lebih cepat. Ini sangat berguna ketika Anda harus mendownload software yang cukup besar, apalagi jika koneksi internet Anda tidak stabil atau tidak terlalu cepat.

Selain menghemat waktu saat mengunduh, file RAR juga memiliki kelebihan lain. Salah satunya adalah file tersebut dapat diproteksi dengan password. Dengan demikian, Anda tidak akan dapat melihat isinya kecuali Anda mengetahui kata sandi untuk membuka file tersebut. Namun, sangat jarang file RAR dilindungi kata sandi.

File gambar buku biasanya disebut file RAR dan file Zip. Keduanya bisa dikatakan sama dan software / aplikasi membukanya hanya dengan satu software yaitu Winrar. Winrar dapat diunduh secara gratis dan ada pula yang premium, tetapi cukup gratis. Jika sudah diunduh, langsung saja ke metodenya yah.

Cara Mengekstrak File RAR dan Zip di Semua Windows

  1. Instal Winrar terlebih dahulu.
  2. Siapkan file RAR atau Zip yang akan dibuka
  3. Kemudian klik kanan pada file RAR atau Zip ada 3 pilihan yaitu Extract Here, Extract File dan Extract to [FILE NAME]. Saya akan jelaskan satu persatu.
  4. Extract Files -> jika Anda memilih ini, Anda akan membuka file RAR dan Zip dengan membuat folder baru dengan nama yang dapat Anda atur atau sama dengan nama file RAR, dan di folder baru Anda terdapat isi RAR dan File zip yang ingin Anda buka.
  5. Ekstrak Here -> Jika Anda memilih ini, ini akan mengekstrak atau menghasilkan konten file RAR dan Zip dan Winrar tidak akan membuat folder, kecuali sudah ada folder di awal.
  6. Ekstrak to [NAMA FILE] -> Jika Anda memilih ini, Anda akan mengekstrak file RAR dan Zip dan menghasilkan folder dengan nama yang sama dengan nama file RAR dan Zip, sangat mirip dengan Ekstrak File pada poin nomor 1, perbedaannya adalah Ekstrak itu to [NAMA FILE] tidak dapat mengubah nama folder yang akan dibuat sesuka hati.

Nah, demikianlah tutorial singkat kami tentang cara mengekstrak file RAR di semua Windows. Semoga ada manfaatnya. Salam belajar menyenangkan kapan saja untuk siapa saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan