Gambar 2 Dimensi (2D)

Termasuk gambar dua dimensi adalah bentuk (shape) dan teks (text). Gambar 2D merupakan gambar yang paling banyak digunakan dalam media pembelajaran.

Gambar ini ada di kedua sumbu x dan y. Meskipun gambar ini datar (tanpa sumbu z), banyak informasi dapat disampaikan melalui gamabr 2D ini.

Selain bentuk, beberapa ahli menyatakan bahwa secara historis, tindakan menulis juga dianggap sebagai kegiatan yang menghasilkan hasil visual, yaitu teks. Teknologi telah meningkatkan keterbacaan teks dalam e-text dan sistem pengiriman-Web, agar sesuai dengan keterbacaan teks. Objek gambar informal seperti sketsa, catatan, dan gambar papan tulis juga dianggap gambar 2D. Dalam gambar digital juga sering kali menyertakan teks yang disematkan.

Berikut ini adalah beberapa bentuk 2D umum yang digunakan dalam media pembelajaran, dari gambar 2D paling sederhana hingga lebih kompleks.

Ikon

Ikon adalah beberapa bentuk 2D paling dasar. Elemen grafis diskrit ini digunakan untuk menunjukkan fungsi, tipe file, dan informasi pelabelan lainnya di antarmuka pengguna dan ruang online. Ikon sering digunakan secara konsisten.

Ikon juga dapat berupa avatar grafis kecil untuk mewakili keberadaan dan gaya individu. Biasanya menunjukkan entitas tunggal yang menarik tetapi tidak memenuhi syarat atau menggambarkan entitas yang ditandakannya, itu hanya menunjukkan suatu hal, membawa sedikit semantik atau tidak sama sekali. Ikon sangat fungsional dan tidak memiliki makna.

Diagram

Diagram 2D menyajikan visual yang kaya informasi tentang cara kerja sistem. Termasuk dalam kategori diagram diantaranya: diagram alur (flowchart), jaringan komputer, matriks, jadwal, peta, bagan organisasi, penggambaran spasial, bagan, peta situs web, dan grafik. Termasuk juga teks, label, ukuran (jarak, ukuran, volume, input dan output), dan detail penjelasan.

Glyphs atau Piktograf

Glyphs merepresentasikan data multivariat, dengan berbagai nilai diwakili oleh fitur visual tertentu dan kadang-kadang tekstual dari objek yang digunakan. glyphs dapat mewakili hubungan sederhana maupun interaksi antara variabel. Diagram scatterplots, wishker plot, grafik batang, kurva distribusi data merupakan beberapa contoh mesin glyphs.

Loading...

Makna juga dapat ditatamkan dalam visualisasi glyphs, misalnya bentuk figuratif, seperti avatar, yang menampilkan data dalam wajah kartun melalui fitur wajah yang berbeda. Para peneliti telah telah membuktikan bahwa memberikan informasi dengan cara ini dapat menciptakan kecenderungan manusia untuk merasakan fitur wajah nyata.

gambar 2d

Grafem

Grafem merupakan visual primitif (ekuivalensi visual dari fonem ke pengenalan ucapan), seperti huruf alfabet atau unit minimal dari sistem penulisan. Teks adalah representasi visual dari makna dan suara. Beberapa visualisasi mungkin berupa simbol dan rangkaian kode yang dirangkai dan ditransformasikan.

Gambar atau Ilustrasi

Gambar atau ilustrasi merupakan visual paling kreatif dan orisinal. Gambar bisa dihasilkan dengan menggambar manual melalui beerbagai teknik gambar. Gambar digital bisa dihasilkan dengan cara memindai atau digambar langsung di gawai. Gambar dapat menyampaikan lebih banyak gaya bebas dan menunjukkan orisinalitas seniman yang terlatih secara klasik. Kartun adalah gambar yang mengikuti format dan konvensi tertentu seperti humor dan politik.

Peta Gambar

Peta gambar adalah jenis ilustrasi yang melibatkan beberapa interaktivitas, di mana rollover atau mouse-overs atau klik pada bagian tertentu dari gambar akan mengarah ke bagian lain dari situs web, atau efek suara, atau pengiriman informasi. Tipe lain misalnya aktivitas seperti drag-and-drop, pencocokan spasial, pemecahan teka-teki “jigsaw”, dan lain-lain.

Foto

Loading...

Sebagian besar media pembelajaran terdiri dari foto-foto yang menjadi bagian penting, karena foto selain mudah diambil/ditangkap juga mudah dipersiapkan untuk diunggah dan digunakan. Foto seringkali kaya akan informasi dan berguna untuk analisis dan pembelajaran juga.

Foto yang diambil secara berurutan dengan eksposur cahaya yang berbeda mungkin menawarkan rentang dinamis tinggi, dengan rentang warna dan saluran yang lebih jelas. Photomontages dapat memberikan kesan ringkasan atau koleksi gambar yang disusun menjadi komposit secara estetika atau informatif. Foto-foto medley ini sering digunakan untuk membangkitkan konteks atau sejarah. Kolase foto dapat memberikan ringkasan kegiatan. Foto juga mampu menangkap visualisasi tekstur alam semesta dari dari mikroskopis ke makro.

Visualisasi

Visualisasi spasial mewakili objek dalam ruang 2D untuk menunjukkan organisasi informasi. Dalam hal ini, benda-benda serupa diletakan lebih dekat satu sama lain untuk mendefinisikan hubungan antar objek. Algoritma yang menghasilkan representasi spasial, yang secara umum dikenal sebagai algoritma penskalaan multidimensi, juga diterapkan pada visualisasi data, eksplorasi dan analisis.

Demikian Gaes…. ulasan singkat tentang gambar 2D. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan