Game Edukasi Anak Tentang Kebersihan

Game Edukasi Anak Tentang Kebersihan

Loading...

Game Edukasi Anak Tentang Kebersihan – Kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitulah bunyi pepatah yang sering kita dengarkan saat masih sekolah. Kebersihan memang bisa mencerminkan perilaku seseorang. Orang yang rajin membersihkan diri tentu memiliki nilai plus tersendiri dari pada orang yang malas.

Menanamkan kebersihan untuk anak kecil adalah sesuatu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua. Dan salah cara untuk memperkenalkannya adalah dengan mengajak buah hati bermain game. Ya, tentu saja game begenre game edukasi.

Salah satu game edukasi anak yang bertema tentang kebersihan yang bagus adalah game Sweet Baby Girls Clean Up 5. Untuk lebih lengkapnya sobat bisa membaca review gamenya berikut ini:

Sinopsis

Ada seorang anak bernama Chloe yang ditinggal orang tuanya pergi. Dia di rumah sendiri dan diberi tugas untuk membersihkan berbagai sudut ruangan rumah. Apalagi ini mendekati momen hari besar. Chloe harus mendekorasi rumahnya sebagus mungkin.

Setiap Chloe berhasil menyelesaikan tugas, ia akan diberi uang koin yang bisa digunakan untuk membeli dekorasi rumah. Inilah tantangan yang harus diselesaikannya. Ia harus mendekorasi rumahnya sebagus mungkin.

Cerita ini memang cukup sederhana, sudah cukup untuk game anak-anak. Salah satu elemen penting dari game adalah cerita. Bila Anda ingin tahu apa saja elemen-elemen game lainnnya silakan baca artikel di blog ini yang berjudul “CIRI-CIRI DAN ELEMEN GIM PEMBELAJARAN”.

Gameplay

Anak akan memainkan karakter gadis perempuan bernama Chloe. Ia akan diberi tugas untuk membersihkan, memperindah, dan menambah dekorasi berbagai bagian rumah seperti: taman, kamar mandi, kolam renang, tempat tidur, ruang bermain dan sebagainya.

Secara gameplay sangat mudah untuk dimainkan tanpa banyak fitur-fitur yang membingungkan. Cocok sekali untuk mereka yang masih anak-anak.

A kolam renang

Anak akan diperlihatkan sebuah kolam yang sangat kotor, dasarnya dipenuhi lumut dan kerak selain itu airnya juga kotor. Anak diberi tugas untuk menguras air, membersihkan kolam dari tumpukan sampah, menguras air hingga bersih, memperbaiki lantai kolam dan sebagainya.

Sangat menarik bila membayangkan itu mereka lakukan di dunia nyata. Tapi ya tidak mungkin kan, memang tujuan dari game ini adalah memberikan sebuah simulasi tentang apa saja yang perlu mereka lakukan untuk membersihkan sesuatu dan bagaimana gambaran hasilnya.

B Dapur

Ketika anak memilih area dapur, mereka akan diberi tugas untuk membersihkan kulkas dan piring. Dalam kulkas terdapat makan busuk yang kadaluwarsa, anak harus segera memasukkannya dalam box sampah, pakai kain agar kulkas terlihat bersih dan terakhir masukan kulkas dengan barang-barang yang masih segar seperti: buah, sayur atau daging.

Anak juga bisa belajar mencuci piring dalam permainan ini. Anak bisa mencoba mencuci piring kotor dengan sabun dan mengembalikannya ke dalam rak-rakkan. Game semacam ini sangat cocok untuk menanamkan literasi hidup sehat pada anak terutama tentang kebersihan. Pas sekali dengan kebutuhan kehidupan saat ini, di mana kebersihan adalah hal yang sangat penting.

C Kamar tidur

Kamar tidur adalah satu ruangan yang harus sering dibersihkan secara terutur. Dan di game ini anak bisa mensimulasikan bagaimana proses dan rasanya membersihkan kamar tidur. Anak akan diberi tugas meletakkan barang yang berserakan pada tempatnya. Jika semua sudah rapi anak akan disuruh untuk menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan lantai dari kotoran debu

Selain menata kamar, anak juga bisa menata aquarium ikan dalam ruangan tersebut. Anak harus menghilangkan lumut yang menempel di kaca, menggunakan lem untuk mengatasi kaca yang retak, serta mengganti air yang kotor. Dan tak lupa juga bisa menambahkan dekorasi untuk memperindah aquarium ikan.

Selain ruangan tersebut anak juga bisa memperindah ruangan lain seperti rumah anjing, taman bermain, mendekorasi mobil dan sebagainya. Setiap tugas yang diselesaikan, anak akan diberi uang koin yang bisa digunakan untuk membeli dekorasi/ornamen untuk memperindah tampilan rumah.

Game Sweet Baby Clean Up selain mengajari tentang kebersihan juga tentang kerapian dan kedisiplinan. Pas banget dengan kebutuhan pendidikan anak di rumah selama pandemi ini. Game edukasi anak tentang kebersihan ini pastinya sangat membantu.

Saya kira cukup sekian dulu tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu dikaruniai kesehatan oleh Tuhan Yang maha Esa. Salam belajar menyenangkan dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan