Cara Memperbaiki Layar Hp Touchscreen Yang Rusak

Cara Memperbaiki Layar Hp Touchscreen Yang Rusak

Loading...

Cara Memperbaiki Layar Hp Touchscreen Yang Rusak – Perkembangan trend handphone dari tahun ke tahun semakin lama semakin berubah. Dulu kita banyak menemukan desain hp bertombol sekarang kebanyakan handphone beralih menggunakan model layar sentuh yang memiliki ukuran lebih lebar.

Meskipun hp layar sentuh memiliki banyak keunggulan dari pada desain lama tapi hp berjenis ini juga bisa terkena masalah seperti layarnya tidak berfungsi. Penyebab dari masalah ini bisa bermacam-macam mulai dari terjatuh, terkena beban berat, usia hp yang sudah tua dan sejenisnya.

Layar hape touchscreen yang bermasalah pasti membuat kita bad mood. Apa lagi pas sedang perlu-perlunya. Misalnya pekerjaan yang numpuk atau sedang ada pembelajaran online.

Tapi tenang saja dalam artikel ini akan dibahas tutorial memperbaiki layar hp touchscreen yang tidak bisa berfungsi. Kita akan lakukan dari yang paling ringan dan mudah dilakukan terlebih dulu:

Bersihkan layar hp

Langkah pertama kali untuk mengatasi layar hp tak berfungsi adalah membersihkannya. Bisa jadi layar tak berfungsi karena ada kotoran yang menumpuk pada layar. Kotoran ini dibersihkan dengan menggunakan tissue basah. Gosokan layar dengan tissue sampai bersih. Jika perlu kita juga bisa melepas screen protectornya terlebih dahulu agar layar benar-benar bersih.

Menekan layar

Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengantisipasi layar hp yang tidak berfungsi. Bisa jadi layar mengalami kelonggaran pada bagian tertentunya. Untuk mengatasinya dengan menekan layar yang tidak berfungsi dengan tangan. Ibu jari menekan bagian depan lalu jari telunjuk menekan bagian belakang hp.

Lakukan penekanan ini dengan hati-hati. Jangan terlalu keras, nanti bisa pecah. Lakukan berdasarkan perkiraan dan perasaan Anda.

Cek Ram HP

Salah satu penyebab layar hp tidak berfungsi adalah kapasitas ram yang habis. Berbeda dengan kerusakan fisik, hp yang memiliki ram yang penuh tidak perlu menggunakan alat tertentu untuk memperbaikinya. Cukup unduh aplikasi pembersih sampah android seperti: clean master, Ccleaner, dan nox master. Aplikasi ini akan melegakan ruang tamu pada hp kita.

Nah, kadang kita mendapati layar hape ini tiba-tiba tidak bisa berkedip atau selalu nyala. Kalau seperti itu ya harus dimatikan paksa dengan melepas baterainya. Lalu bagaimana dengan hape dengan baterai tanam? Kita kan gak bisa melepas baterainya.

Jangan panik dulu ada beberapa hape yang telah menyediakan cara paksa untuk mematikan hape tanpa melepas baterai. Bisanya hanya menekan tombol power dan menahannya selama beberapa detik maka hape akan mati atau resart. Jika masih belum bisa, maka tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume atas atau bawah, kemudian tahan selama beberapa detik, maka hape akan restart.

Matikan hp

Ketika hp mengalami hang dan layar tidak responsif maka satu-satunya caranya agar hp bisa berjalan normal kembali adalah dengan mematikannya. Tunggu selama beberapa saat dan hidupkan kembali. Biasanya hp akan kembali berfungsi semula dan bisa digunakan lagi.

Jangan lupa cek beberapa aplikasi yang terlalu berat sehingga membuat suhu hape panas. Kelebihan panas pada hape akan membuat hape hang.

Gunakan Charger yang cocok

Pemilihan charger hp yang sembarangan bisa membuat layar hp rusak lho. Charger yang tidak cocok biasanya memiliki tegangan yang tidak bisa diterima hp. Jika terus dipakai tentunya bisa merusak komponen-komponen penting dalam hp. Puncaknya layar touchscreen tidak berfungsi dan rusak.

Ini juga bisanya karena adanya panas yang berlebihan. Suhu panas inilah yang membuat beberapa perangkat elektronik mudah rusak.

Ganti Touchscreen

Jika semua cara sudah dilakukan tapi belum bisa mengatasi masalah layar hp tak berfungsi. Maka satu-satunya jalan adalah dengan mengganti layar touchscreen dengan yang baru. Biasanya layar hp yang sudah tidak berfungsi karena adanya kerusakan parah. Harga touchscreen baru juga bervariasi antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bergantung dengan kualitas layar dan tipe hp kita.

Nah, itu tadi beberapa cara memperbaiki layar hp touchscreen yang rusak. Semoga bermanfaat, salam sehat selalu dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan