Cara Menambahkan Font di WPS Office Android

Cara Menambahkan Font di WPS Office Android

Loading...

Sudah tahukah Anda bagaimana cara menambahkan font di WPS Office Android? WPS Office adalah aplikasi android yang terkenal di kalangan pelajar dan mahasiswa. Hal ini dikarenakan pasalnya aplikasi yang satu ini bisa membantu pengolahan file power point, excel, word, dan lain sebagainya.

Hadirnya aplikasi ini membuat para pelajar atau mungkin pekerja kantoran tidak perlu membuka PC lagi untuk melakukan pengeditan file. Kalaupun masih dilakukan itu biasanya lebih karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan di kantor.

Namun, untuk orang-orang dengan mobilitas tinggi, bekerja dengan WPS Office Android akan lebih sering dibanding menggunakan PC. Karena Android pasti lebih banyak digunakan di gawai kecil yang mudah di bawa ke mana-mana.

Di PlayStore saja aplikasi ini sudah diunduh lebih dari seratus juta kali dengan bintang yang tidak tanggung-tanggung yaitu 4,6 serta lebih dari 2,6 juta orang yang mereviewnya. Ini bukti bahwa banyak sekali yang menggunakan aplikasi ini secara aktif.

Font bawaan WPS Office Terbatas

Banyaknya pengguna merupakan bukti langsung bahwa WPS Office ini bukan aplikasi sembarangan. Tetapi sayangnya, aplikasi yang sangat hebat ini memiliki kelemahan yang dirasakan penggunanya. Kelemahan tersebut adalah sedikitnya font bawaan yang tersedia di aplikasi tersebut sejak diinstal pada ponsel Anda.

Terbatasnya font ini membuat kita kurang nyaman, apa lagi bila terkait dengan urusan tampilan. Walaupun untuk urusan kantor font standar sudah dirasa cukup, namun untuk beberapa keperluan penting biasanya hal ini cukup mengganggu.

Ya, mengganggu karena misalnya kita dapat kiriman file atau sebelumnya kita membuat file dari laptop yang menggunakan berbagai font yang tidak ada di WPS Office Android maka kita “dipaksa” untuk menyesuaikan dengan font bawaan WPS.

Bagi sebagian pengguna WPS Office hal ini mungkin pernah di alami. Anda pun mungkin saja sudah pernah atau akan pernah mengalaminya juga.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, ternyata ada jalan untuk memperbanyak dan memperkaya font pada WPS Office Anda tersebut. Simak prosedurnya berikut ini.

Cara Menambahkan Font di WPS Office

Tidak perlu khawatir akan susah meskipun mengaturnya pada perangkat android, ternyata ada cara yang mudah kok yang bisa digunakan. Asal prosedur dijalankan dengan seksama.

Mengunduh Font Untuk WPS Office

Tahapan cara untuk menambahkan fontnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa aplikasi WPS Office yang satu ini sudah terunduh atau terinstall pada ponsel Anda terlebih dahulu. Ya iyalah masak belum punya hehehe.
  2. Langkah kedua ini, Anda harus menggunakan bantuan Google. Pada mesin pencarian Google tersebut, Anda bisa mencari serta mengunduh paket font yang menurut Anda adalah font yang Anda butuhkan untuk ditambahkan supaya memudahkan pekerjaan Anda. Atau Anda bisa mengunduh font tersebut di SINI.
  3. Untuk hal ini, biasanya font yang umum dan dibutuhkan adalah Times New Roman atau TNR, Arial, dan lain sebagainya.
  4. Gunakan keyword untuk memudahkan Anda menuju situs pengunduhan font yang Anda butuhkan.
  5. Kalau sudah ketemu pilih paket font itu. Kemudian unduhlah.
  6. Jika nantinya file yang Anda unduh bentuknya masih zip, maka jangan lupa untuk melakukan ekstrasi terlebih dahulu ya.
  7. Kemudian, lakukan copy dan paste file yang ada tersebut ke memori internal Anda. Nama folder memori internal yang dimaksud tersebut adalah Android/data/cn.wps.moffice_eng/.chace/KingsotfOffice/.fonts
  8. Kemudian selesai! font Anda pada WPS ini akhirnya sudah bertambah

Catatab yang perlu Anda ketahui adalah bahwa nama file yang ada pada nomer 7 adalah nama nomer file yang kemungkinan akan muncul di ponsel Anda. Folder atau nama file bisa saja sedikit tidak sama. Tetapi meskipun demikian, perbedaan itu biasanya tidak banyak pada ponsel Anda. Tetapi setidaknya nama dan folder file di atasa bisa menjadi gambaran yang jelas.

Menambah dari font yang ada di Windows

Bila tadi Anda harus mengunduh font yang ada di internet, maka sebenarnya Anda juga dapat mengcopy font yang ada di laptop atau PC Anda. Silakan copy font tersebut di folder C:Windows/fonts. Misalnya seperti pada gambar di bawah ini.

Font windows untuk WPS Android

Silakan pilih font yang Anda butuhkan saja. Jangan semua font karena bisa memperlambat kinerja ponsel Anda. Namun bila ponsel Anda memiliki performa cukup bisa dicoba untuk dicopy semua.

Setelah di copy, maka letakkan di folder seperti pada tahap dengan langkah mengunduh di atas. Setelah berhasil di paste silakan di tes berhasil atau tidak. Jangan lupa untuk cek performance ponsel Anda. Bila ada pengaruhnya maka kurangi jumlah fontnya. Sebenarnya kasus ini jarang terjadi apalagi di ponsel keluaran terbaru atau 2019 ke atas.

Kelebihan WPS Office yang Harus Anda Ketahui

Aplikasi ini banyak disukai oleh orang-orang karena memiliki keunggulan yang mana jika dibandingkan dengan aplikasi yang sejenis WPS Office. Kira-kira apa saja kelebihannya? antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi ini ada fitur yang mana memungkinkan Anda membaca dengan tampilan layar yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Selain itu, Anda bisa scroll ke atas atau ke bawah sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan kelebihan ini Anda bisa membaca dengan nyaman dan mudah
  2. Layarnya bisa Anda perbesar. Bukan hanya itu, tulisannya juga bisa di “warp” sehingga dalam membaca Anda tidak perlu takut tulisan yang ada akan terpotong sehingga kenyamanan Anda dalam membaca tidak terganggu
  3. Untuk segi ukuran, sangat ringan sehingga tidak membebani memori aplikasi ponsel Anda
  4. Anda bisa langsung melakukan konversi file ke PDF tanpa harus menggunakan aplikasi lainnya
  5. Sangat user friendly

Itulah cara menambahkan font di WPS Office Android yang harus Anda ketahui. Bukan hanya itu, Anda juga sudah tahu bahwa kelebihan WPS Office ini dengan baik. Semoga dengan ini Anda tidak lagi kebingungan jika tidak ada font yang anda butuhkan.

Cukup sekian dulu beberapa informasi dari kami. Mudah-mudahan bermanfaat, salam belajar menyenangkan kapan saja di mana saja dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan