Alasan Kuliah Tidak Sesuai Keinginan Orang Tua

Alasan Kuliah Tidak Sesuai Keinginan Orang Tua

Loading...

Alasan Kuliah Tidak Sesuai Keinginan Orang Tua – Orang tua yang baik selalu ingin mengarahkan anak pada masa depan yang baik. Mereka tidak ingin kita salah jalan dan mengalami kegagalan. Salah satu konflik yang terjadi antara orang tua dan anak adalah saat memilih jurusan kuliah.

Sering kali anak dan orang tua berbeda pandangan saat memilih jurusan kuliah. Hal ini bisa berdampak buruk lho bila tidak diselesaikan. Saya pernah punya teman yang lulus kuliah kedokteran hanya karena orang tua. Selepas lulus ia serahkan ijazahnya ke orang tuanya lalu ia kuliah lagi sesuai dengan keinginannya sendiri.

Sampai saat ini ia juga tidak menekuni profesi dokter karena memang tidak sesuai dengan kata hatinya. Ia memilih jalur lain. Tidak tanggung-tanggung saya kenal 2 orang yang mengalami kasus seperti ini.

Nah, sayang kan bila kita tidak menyelesaikan masalah ini dengan baik. Waktu dan dana yang dihabiskan tidak sedikit. Untuk kuliah kedokteran perlu dana ratusan juta. Kalau hasilnya hanya sekedar kertas ijazah ya sangat merugi.

Jadi mengetahui alasan mengapa jurusan kuliah yang kita pilih tidak disetujui orang tua adalah hal penting. Diskusikanlah dengan baik-baik. Samakan persepsi atas pilihan-pilihan jurusan yang ada. Saling beri informasi agar punya pandangan yang lebih lengkap dan sempurna.

Setelah itu ambil keputusan secara musyawarah, tidak boleh ada yang dipaksakan. Kita tidak boleh memaksa orang tua, pun demikian orang tua juga tak perlu memaksa anaknya.

Bagi yang sedang mengalami situasi ini, perlu membaca artikel alasan kuliah tidak sesuai keinginan Orang Tua kita.

Alasan Keamanan

Kenapa orang tua tidak setuju dengan pilihan jurusan kita? Bisa jadi diakibatkan karena kekhawatiran. Ada jurusan yang memerlukan standar fisik tertentu seperti jadi pilot, teknik, tentara dan sebagainya. Sering kali orang tua khawatir apakah anaknya bisa menjalani kuliah di jurusan ini.

Agar orang tua yakin dengan pilihan kita, alangkah baiknya kita mempersiapkan diri terhadap aspek-aspek yang diperlukan di jurusan yang kita inginkan. Jika ingin jadi tentara pastikan fisik dan mental kita kuat dan tunjukkan hal itu kepada orang tua agar mereka yakin atas pilihan kita.

Faktor Masa Depan Jurusan

Ada orang tua yang memandang prestise pada jurusan-jurusan tertentu seperti kedokteran, hukum, pertambangan, akuntansi dan sebagainya. Karena alasan lapangan kerja yang luas dan gaji yang besar. Mereka sering tidak setuju dengan pilihan jurusan anaknya jika jurusannya tidak populer.

Jika kita yakin dengan jurusan yang kita mau. Yakinkanlah orang tua bahwa kita bisa sukses di bidang yang kita sukai. Tunjukkan bukti nyata bukan hanya ucapan belaka. Contohnya adalah dengan menunjukkan portofolio kita. Misalnya dengan deretan prestasi di bidang itu atau nilai pelajaran yang berkaitan dengan jurusan pilihan Anda. Jika hal ini dilakukan niscaya orang tua akan setuju dengan pilihan jurusan sang anak.

Faktor Keinginan Orang Tua

Ada tipe orang tua yang sejak dari awal menginginkan anaknya kuliah jurusan tertentu dan kuliah di tempat tertentu. Seperti menginginkan anaknya jadi dokter agar lebih dipandang orang, menginginkan anaknya kerja jadi insinyur karena sudah tradisi keluarga dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal ini, ajak orang tua untuk bertukar pikiran. Beri penjelasan bahwa kita punya bakat dan kemampuan sendiri. Beri juga waktu untuk orang tua mengajukan pendapat.

Ajak mereka berpikir tentang visi Anda di masa yang akan datang. Tunjukkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan.

Faktor Memilih Jurusan Karena Ikut Trend

Ada salah satu penyebab kenapa orang tua ragu dengan pilihan jurusan kita. Pastikan kita memilih jurusan bukan karena ikut-ikutan orang lain. Karena kuliah itu jangka panjang dan perlu komitmen besar untuk menjalankannya.

Jika sudah yakin dengan pilihan kita, ajak komunikasi orang tua. Jelaskan tentang kenapa memilih jurusan itu, apa kita merasa nyaman atau tidak, dan sebagainya. Berikan penjelasan yang masuk akal tentang alasan kuliah yang tidak sesuai keinginan orang tua.

Faktor ekonomi

Salah satu faktor yang paling sering membuat orang tua tidak setuju dengan pilihan jurusan kita adalah faktor ekonomi. Sering kali kuliah memakan banyak sekali modal biaya, terutama untuk jurusan-jurusan tertentu yang membutuhkan berbagai alat dan praktik.

Segera cari info beasiswa agar kita dibantu soal biaya kuliah bahkan bisa gratis. Ini juga dijadikan alasan untuk meyakinkan orang tua agar merestui jurusan kuliah yang kita pilih.

Faktor Jarak

Tidak sedikit orang tua yang ingin anaknya kuliah tidak perlu jauh-jauh. Mereka tidak siap kita tinggal berlama-lama. Bila tempatnya dekat mereka masih sering bertemu dengan kita.

Nah, bila ini masalahnya, silakan diskusikan tentang apa alasanmu memilih kuliah di kampus tersebut. Beri orang tua penjelasan, juga perlu untuk mendengarkan mereka. Karena sebenarnya kuliah di mana saja sama saja asal jurusannya sama.

Belajar di universitas itu lebih condong ke student centered learning, bukan teacher centered learning. Jadi semua hal terkait pembelajaran tergantung pada kita. Secanggih apa pun sistem pembelajaran yang diterapkan kalau kita sendiri tidak bertanggung jawab pada pembelajaran kita hasilnya tidak mungkin optimal.

Yang terpenting adalah kita harus bisa bertanggung jawab pada pembelajaran kita. Tidak harus di kampus yang mentereng, Asal kita punya keinginan yang kuat dan disiplin dalam belajar hasilnya akan luar biasa.

Saya kira cukup sekian dulu bahasan kita tentang alasan kuliah tidak sesuai keinginan Orang Tua. Semoga bermanfaat, salam belajar menyenangkan bersama maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan