Investasi yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Investasi yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Loading...

Investasi yang Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa – Sebagai pelajar dan mahasiswa tentunya ingin belajar menghasilkan uang sendiri untuk membantu meringankan beban orang tua. Berbagai cara pun di lakukan mulai dari kerja part time, berjualan, menabung, hingga berinvestasi.

Nah, kali ini kita akan bahas tentang investasi. Di jaman dengan tingkat konsumerisme tinggi ini pengetahuan dan pembiasaan atau pengalaman investasi bisa menjadi modal penting untuk hidup lebih layak di masa depan.

Hemat pangkal kaya, itu kata pepatah kuno. Hal sepele tapi sangat penting ini sudah waktunya ditanamkan kembali dalam pembelajaran di sekolah. Pembelajaran menggunakan pendekatan yang lebih kontekstual dan modern akan lebih efektif. Salah satunya adalah dengan pendekatan efektif.

Ada beberapa referensi investasi yang cocok untuk pelajar dan mahasiswadi mana modalnya minim. Mari kita simak pembahasan singkatnya berikut ini.

1. Investasi Reksadana

Jika Anda seorang pemula yang belum terlalu memahami investasi, pilihannya dengan bergabung bersama reksadana. Di dalam reksadana Anda akan di arahkan oleh manajer investasi yang siap membimbing dan mengelola finansial investasi anda. kini telah banyak jenis investasi reksadana legal yang offline maupun berbasis digital dengan modal minim mulai 10 ribuan. Misalnya seperti Bibit, Bareksa, dan lain-lain.

Jadi investasi jenis ini sangat pas untuk siswa atau mahasiswa yang nota bene masih mempunyai kekuatan finansial yang terbatas. Bila Anda lebih condong ke model investasi berbasis ekonomi Islam, Anda bisa memilih reksadana syariah.

2. Investasi Emas

Selanjutnya ada investasi yang juga cocok untuk pelajar dan mahasiswayaitu berinvestasi emas. Emas sudah di percaya sejak dulu sebagai salah satu investasi yang menguntungkan. Walaupun sewaktu-waktu harga emas per gramnya mengalami naik turun, namun dalam jangka panjang punya trend yang selalu positif. Lagi pula jenis investasi ini tingkat risikonya lebih kecil.

Loading...

Anda  bisa mulai mencicil berinvestasi emas mulai dengan 5 ribuan. Selain itu, kini sudah ada investasi emas digital sekali sentuh, salah satunya adalah pegadaian emas. Banyak juga yang sudah membuka jenis investasi emas batangan dengan satuan berat yang sangat kecil, sehingga pas untuk pemula dengan budget kecil.

3. Investasi Deposito

Investasi kali ini bisa di bilang sangat mudah dalam mekanismenya yaitu deposito. Deposito hampir mirip dengan tabungan, namun terdapat jangka waktu tertentu. Anda tidak bisa mengambil uang Anda sewaktu-waktu dan harus menunggu sampai tanggal jatuh tempo tersebut tiba. Selain itu, Anda juga akan mendapat bonus di akhir masa jatuh tempo.

Investasi ini memang lebih banyak membutuhkan dana agar pendapatan yang dihasilkan cukup lumayan. Jadi lebih cocok untuk yang punya dana lebih banyak namun tidak mau uang beresiko. Karena deposito adalah salah satu model investasi yang paling aman.

4. Investasi P2P Lending

Peer to peer lending menjadi investasi yang mana memiliki mekanisme yang mempertemukan peminjam dana dengan pemberi pinjaman dana. Modal yang Anda keluarkan rendah, namun profit yang di dapatkan tinggi. Jangan khawatir, investasi ini memiliki jaminan keamanan pada dana investasi Anda. Selain itu, ada perusahaan P2P lending yang legal dan telah terdaftar di OJK.

Jadi Anda harus lebih hati-hati dalam memilih perusahaan mana yang dapat Anda percaya. Anda bisa membaca artikel saya tentang memilih fintech yang benar untuk mendapatkan gambaran tentang perusahaan yang aman.

5. Investasi Trading saham

Investasi jual beli saham ternyata bisa di jalankan oleh pelajar dan mahasiswa. Kegiatan investasi ini yaitu memantau pergerakan jual beli saham di pasar saham. biasanya bisa di akses melalui PC ataupun smartphone di mana akan ada tampilan grafik naik turun. Risiko yang di timbulkan tergantung pada proses pengembalian yang tinggi yang mengakibatkan kerugian. Maka untuk berjaga-jaga, Anda bisa mencobanya dengan modal sedikit dahulu.

Loading...

Pelajari dulu dengan baik dan bertahap. Jangan percaya pada cara-cara instan yang menjanjikan keberhasilan yang besar dan singkat. Pelajari secara mendalam. Bila sudah cukup jam terbang, maka Anda boleh meningkatkan jumlah investasi Anda secara bertahap.

6. Investasi Obligasi

Obligasi atau surat utang dapat menjadi pilihan Anda berinvestasi. mekanismenya hampir mirip dengan deposito yang memiliki jangka waktu tertentu. Namun, keuntungan yang di dapatkan lebih besar obligasi di banding deposito. Minimal investasinya kisaran 1 juta hingga 3 miliar rupiah. Serta jangka waktu lebih lama yaitu lebih dari 1 tahun hingga 10 tahun.

Kalau Anda punya dana yang cukup dan masih sibuk sekolah atau kuliah serta tidak ingin terganggu dengan aktivitas investasi Anda, maka jenis investasi semacam ini yang cocok untuk Anda.

7. Investasi Property

Investasi property jadi solusi Anda yang memiliki dana mangkrak. Anda bisa mulai membeli tanah kosong, membeli ruko, rumah, dan lain-lain. Keunggulan dari investasi property ini, harga property tiap tahunnya naik. Sehingga keuntungan dari harga beli ke harga jual akan lebih besar. Misal Anda membeli ruko, kemudian Anda sewakan tiap tahunnya nilai sewa pasti bertambah.

Itulah pembahasan mengenai beberapa macam investasi yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Berinvestasi bukan hanya di lakukan untuk kalangan menengah ke atas saja. Anda bisa mulai merintis penghasilan tambahan Anda lewat investasi-investasi yang minim modal seperti beberapa poin di atas.

Jadi mulailah cerdas menggunakan dana Anda sedari sekarang. Walaupun Anda masih sekolah atau kuliah. Dari pada dana Anda habis untuk hal-hal yang tidak penting, maka lebih baik berinvestasi sambil belajar. Jangan lupa, belajar harus menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan