Untuk Menghindari Pelecehan Seksual Bagi Anak

Cara Untuk Menghindari Pelecehan Seksual Bagi Anak

Loading...

Cara Untuk Menghindari Pelecehan Seksual Bagi Anak – Pelecehan Anak merupakan salah satu bentuk kejahatan terhadap anak yang sangat berdampak baik pada fisik maupun psikis anak. Pelecehan anak dapat menimbulkan Trauma berat yang bisa terus diingat korbannya seumur hidup.

Seseorang anak yang berusia 17 tahun ke bawah berada dalam fase perkembangan, ini bisa terganggu bila mengalami bentuk pelecehan seksual. Kasus ini bisa dialami siapa saja, bahkan pelakunya berasal dari orang terdekat.

Untuk menghindari hal demikian, berikut ini adalah tips edukasi untuk menghindari pelecehan seksual bagi anak, terutama anak perempuan.

Anak dalam lingkungan yang aman

Orang tua mempunyai tanggung jawab untuk menghindarkan anak dari segala Nara bahaya termasuk pelecehan seksual. Untuk memperkecil risiko terjadinya hal ini, diperlukan langkah pencegahan. Pencegahannya dengan memastikan anak dalam lingkungan yang aman, lingkungan yang berisi orang-orang baik dan membuat anak bertumbuh.

Lakukan pengawasan

Tips berikutnya agar anak terhindar dari pelecehan seksual adalah melakukan pengawasan. Orang tua harus tahu aktivitas sehari-hari anak, pastikan anak dalam lingkungan yang tepat, dan melakukan kegiatan yang positif. Disiplin anak untuk tahu kapan waktunya bermain kapan waktunya pulang. Nasihati anak agar selalu hati-hati dalam memilih teman.

Edukasi anak tentang fungsi organ tubuh

Mengenal anak soal anggota tubuh dan fungsinya juga perlu dibiasakan sejak dini. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak. Beri tahu mereka tentang cara menjaga anggota tubuh mereka.

Dengan pemahaman fungsi anggota tubuh yang baik, anak akan lebih peka bila ada kejadian yang aneh terhadapnya dirinya. Terlebih bila orang lain melakukan hal-hal tertentu kepada bagian tubuh anak. Anak bisa memberi tahu kita tentang apa yang baru saja ia alami.

Ajarkan anak tentang norma berpakaian

Salah satu cara ampuh untuk menghindari pelecehan seksual bagi anak adalah dengan memperhatikan norma berpakaian. Beri tahu anak tentang pakaian yang sopan untuk ia pakai, mereka perlu tahu organ tubuh mana saja yang boleh dibiarkan terbuka dan organ yang harus ditutup. Karena banyak kasus terjadinya pelecehan seksual terjadi karena masalah pakaian. Kesadaran akan norma sopan santun akan membuat anak lebih terjaga dari ancaman pelecehan seksual.

Beri tahu anak untuk berani bertindak saat terjadi pelecehan

Sering terjadi anak merasa takut untuk mengatakan ketidaknyamanannya terhadap orang lain. Ajarkan mereka untuk mengeluarkan apa yang sedang dirasakannya. Keberanian sangat diperlukan saat anak dihadapkan pada situasi menakutkan.

Misal bila ada orang yang melakukan tindakan pelecehan terhadap dirinya, mereka bisa langsung menceritakan hal itu kepada kita. Dan kita bisa melakukan tindakan hukum terhadap pelaku pelecehan. Menanamkan keberanian akan membuat anak keluar dari situasi yang tidak di inginkan.

Demikianlah bahasan kami tentang cara mengedukasi anak untuk menghindari pelecehan seksual bagi anak tersebut, terutama anak perempuan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan kita semua selalu terhindar dari kejahatan berat ini. Salam sehat selalu dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan