Pemasaran Langsung

Pemasaran Langsung : Definisi dan Manfaat

Loading...

Pemasaran Langsung : Definisi dan Manfaat – Marketing, atau pemasaran adalah sebuah kegiatan yang meski dilakukan oleh perusahaan atau pelaku bisnis. Jadi jangan heran ya, kalau semua pelaku bisnis selalu berupaya mencari dan menemukan satu sistem pemasaran yang bisa memberikan keuntungan besar terhadap bisnis mereka. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang baik terhadap bisnis yang dijalankan.

Bagi kamu yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, tentu sudah tahu dong jenis pemasaran yang akan kamu gunakan. Berbeda halnya dengan yang baru terjun di dunia bisnis ya, pasti masih bingung. So, salah satu jenis pemasaran yang kerap kamu temui adalah pemasaran langsung, atau yang dikenal dengan direct marketing. Bagi kamu yang masih bingung apa itu pemasaran langsung, apa saja manfaatnya, dan beberapa hal penting tentang pemasaran langsung, maka kamu bisa menemukan jawabannya di artikel ini.

Apa Sih Pemasaran Langsung Itu

Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan cara berjualan yang langsung, tanpa melibatkan perantara dalam proses marketingnya. Menurut Wikipedia, direct marketing adalah bentuk komunikasi penawaran sebuah produk, dimana seorang pebisnis akan memperkenalkan produknya secara langsung kepada calon konsumen.

So, jenis marketing satu ini ditemukan oleh agensi Wunderman Thomson. Bagi penggiat informasi seputar pemasaran, pasti kenal dong dengan nama ini. Saat ini, agensi Wunderman Thompson sudah memiliki banyak sekali kantor, bahkan lebih  dari 200 kantor yang tersebar di berbagai Negara, alias sudah go internasional. Dengan kantor cabang yang sudah sangat banyak, dan telah go internasional, hal ini tentu seolah menjelaskan kepada kita, bahwa jenis pemasaran satu ini dibuat dengan konsep yang matang, keren, dan patut diacungi jempol.

Nah, salah satu pendiri direct marketing adalah laki-laki bernama Lester Wunderman. Lelaki ini merupakan laki-laki pertama kali yang mencetuskan istilah direct marketing atau pemasaran langsung. Jadi, kalau kamu ditanya mengenai siapa Bapak direct marketing, maka jawabannya jelas ya, Lester Wunderman.

Pencetus istilah direct marketing ini baru wafat pada 9 Januari 2019 silam, tepatnya dua tahun yang lalu. Belum lama berarti ya, Semasa hidupnya, Lester adalah seorang eksklusif di periklanan Amerika, atau banyak yang menganggap, bahwa Lester adalah penemu direct marketing modern. Keren….

Tak hanya itu saja, Lester bahkan sudah menciptakan berbagai terobosan luar biasa, kemudian mengidentifikasi dan memberikan definisi dan penamaan terhadap direct marketing ketika ia tengah berpidato tahun 1967 tepatnya di MIT. Jika Bapak marketing satu ini saja sekeren itu, kebayang dong bagaimana kerennya pemasaran satu ini.

Pentingnya Pemasaran Langsung

Sampai saat ini, pemasaran langsung merupakan salah satu jenis pemasaran yang paling sering diterapkan di sebuah bisnis. Hal ini karena memang pemasaran langsung sangat peting bagi sebuah bisnis. Terutama cocok diterapkan saat usaha baru dimulai. Berikut penjelasannya.

Dapat disesuaikan

Loading...

Pentingnya pemasaran langsung yang pertama adalah bisa disesuaikan. Maksudnya ialah, kamu, sebagai pelaku bisnis, pemilik bisnis, dapat membuat pesan, baik satu atau lebih yang kemudian kamu gunakan untuk kepentingan iklan bisnis kamu dengan memanfaatkan data konsumen.

Misalnya gini, ada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konveksi, maka ia bisa mengakses banyak informasi dari konsumennya berupa usia, jenis kelamin, pendapatan, dan sebagainya. Dengan berbekal data tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk kepentingan iklan, sehingga iklan yang kamu buat bisa tepat sasaran.

Strategi promosi yang efisien

Alasan mengapa pemasaran langsung penting adalah karena bisa dijadikan sebagai strategi promosi yang cukup efisien. Hal inilah yang kerap menjadi alasan terbesar mengapa ramai orang menggunakan jenis pemasaran satu ini. Dengan membuat strategi promosi yang efisien, maka kamu bisa membuat target yang tepat agar bisnis kamu bisa diminati banyak orang.

Membantu marketer untuk menjangkau pelanggannya lebih cepat.

Dengan diadakannya pemasaran, maka harapan satu-satunya adalah bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Nah, di pemasaran langsung, tugas ini dimiliki oleh seorang pemasar. Salah satu cara seorang marketer dalam menarik minat pelanggan adalah dengan sering-sering mengirimkan atau berkampanye dengan memanfaatkan email.

Dapat diukur efisiensinya

Nah, dengan menggunakan promosi langsung, kamu dapat menerka penghasilan kampanye yang kamu lakukan. Caranya adalah dengan melakukan analisa sederhana, contohnya terhadap jumlah konsumen yang memberikan tanggapan mereka terhadap iklan yang kamu buat. Bahkan, kamu juga bisa menilai besar tidaknya bisnis yang kamu jalankan ke depan.

pemasaran langsung

Manfaat Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung atau direct marketing tentu tidak diciptakan tanpa manfaat ya. Paling tidak, ada enam manfaat pemasaran langsung yang harus kamu tahu, seperti manfaat bagi seorang konsumen, bagi produsen, iklan yang pasti sesuai target, dapat membantu mendorong adanya bisnis baru, anggaran pemasaran bisa lebih ditekan, hingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Bagi Konsumen

Loading...

Jika kamu menggunakan direct marketing, maka konsumen akan dibagi dua, yang pertama adalah konsumen yang membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus, dan yang satu lagi adalah konsumen yang hanya membeli barang dengan cara ecer. Keuntungan bagi seorang konsumen tentu ada ya, misalnya, konsumen tidak harus repot-repot keluar rumah untuk mendapatkan barang. Semua konsumen juga bisa memilih barang yang diinginkannya dengan bebas, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk membandingkan ya.

Bagi Produsen

Nah, kalau bagi konsumen, keuntungan atau manfaat pemasaran langsung adalah agar sistem belanja lebih efisien, maka bagi seorang produsen, ada banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah mempermudah pemasar berhubungan dengan konsumen. Hal ini karena pemasaran langsung merupakan pemasaran yang sangat mengedepankan aspek komunikasi. Pelaku bisnis yang memiliki strategi pemasaran ini tentu akan langsung berhadapan dengan semua konsumen, sehingga bisa langsung berkomunikasi, menjalin keakraban, sehingga seorang marketer bisa langsung mendapat respons dari konsumen.

Iklan sudah tertarget

Manfaat lainnya adalah iklan yang sudah pasti mengenai target. Sebagus apa pun iklan yang kamu buat jika tidak memilih jenis pemasaran yang tepat, tentu akan sulit mengenai target. Nah dengan pemasaran langsung, semua iklan kamu dijamin mengenai target.

Anggaran pemasaran yang lebih efisien

Pemasaran langsung bisa membantu kamu dalam membuat tujuan, meningkatkan penjualan. Hal ini karena pemasaran langsung bisa menekan anggaran, sehingga anggaran pemasaran kamu jauh lebih efisien dibandingkan dengan jenis pemasaran lainnya.

Membantu mendorong bisnis baru

Manfaat pemasaran langsung yang berikutnya adalah bisa berkomunikasi langsung dengan konsumen, sebagaimana yang sudah disinggung berikutnya. Hal ini bisa membuat kamu menemukan bisnis baru loh, dan pastinya berpotensi menghasilkan dan menjanjikan, karena bisnis atau usaha baru yang akan kamu rintis merupakan hasil respons dari keinginan konsumen.

Meningkatkan loyalitas pelanggan

Komunikasi merupakan strategi yang sangat diandalkan oleh jenis marketing satu ini. Maka, jika sebuah bisnis sudah bisa membangun komunikasi dengan pelanggan dengan baik, dijamin deh, loyalitas semua pelanggan akan meningkat.

Demikian seputar pemasaran langsung, semoga bermanfaat. Yuk mulai gunakan pemasaran langsung dalam memasarkan bisnis kamu, terutama cocok diterapkan saat usaha baru dimulai, lalu segera raih keuntungannya. Salam sukses selalu dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan