Prospek Kerja Lulusan Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Akuntansi

Loading...

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Akuntansi – Akuntansi merupakan salah primadona jurusan pada bidang sosial humaniora. Jurusan selalu ramai peminat dari tahun ke tahun. Di jurusan ini kita akan mempelajari tentang cara mencatat transaksi keuangan, menyusun laporan keuangan, mempelajari berbagai teknologi terkini soal akuntansi dan masih banyak lagi.

Tidak usah ditanya soal bagaimana peluang kerja jurusan akuntansi. Karena lulusan dari jurusan ini akan disambut dengan lebar didunia kerja. Selain itu rata-rata orang yang bekerja di bidang ini akan mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa daftar prospek kerja lulusan jurusan akuntansi. Simak baik-baik ya..

Akuntan publik

Rekomendasi pertama sebagai peluang kerja untuk lulusan akuntansi adalah menjadi akuntan publik. Terlebih bagi kamu yang passionate sekali dibidang akuntansi. Untuk menjadi akuntan publik kita perlu mendapatkan izin dari kementerian keuangan untuk membuka praktik.

Sesuai dengan namanya akuntan publik akan mengerjakan tugas-tugas klien yang berhubungan dengan akuntansi. Seperti mencatat jumlah asset, mengecek laporan keuangan, mengaudit pajak dan sebagainya. Untuk gaji, akuntansi publik akan mendapatkan gaji 4 – 8 Juta per bulan dan akan meningkatkan sampai menjadi jadi 12 Juta an bila kita berprestasi dan berpengalaman.

Akuntan Privat

Rekomendasi kedua sebagai peluang kerja jurusan akuntansi adalah akuntan privat. Sebenarnya profesi ini hampir sama dengan akuntan publik. Bedanya akuntansi publik bisa membuka praktiknya sendiri sementara akuntansi privat hanya boleh bekerja dengan klien tertentu.

Loading...

Profesi ini cocok sekali dicoba oleh seorang fresh graduate yang masih membutuhkan banyak pengalaman. Alasannya adalah karena kita bisa mempraktikkan apa yang dipelajari saat kuliah sampai tuntas. Menjadi akuntan privat juga bisa di jadikan awal untuk jadi akuntan publik. Untuk gaji sendiri seorang akuntan privat akan mendapat uang antar 5-8 Juta per bulan.

Financial analisys

Bagi kalian yang ingin memiliki pekerjaan di dunia perbankan dan unik mungkin bisa mencoba profesi menjadi analis keuangan. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk mengelola keluar masuk transaksi keuangan mereka. Prospek kerja lulusan jurusan akuntansi yang satu ini terbilang cukup prestisius.

Lulusan akuntansi sudah dibekali dengan ilmu-ilmu tentang pencatatan keuangan. Ini adalah modal penting untuk melamar pekerjaan sebagai finance analys. Menjadi analis keuangan juga dituntut mental yang kuat karena tantangan tiap hari, selain itu kita juga dituntut untuk bisa memilih keputusan yang tepat untuk masa depan perusahaan.

Auditor keuangan

Profesi favorit yang mungkin bisa dicoba lulusan akuntansi adalah menjadi auditor keuangan. Keahlian-keahlian yang dipelajari selama kuliah seperti menyeimbangkan neraca, menghitung transaksi dan uang lainnya akan membantu kita saat bekerja sebagai auditor keuangan.

Auditor keuangan akan bekerja di bawah perusahaan, instansi swasta dan sejenisnya. Auditor juga bisa memberi masukan langkah- langkah keputusan keuangan pada klien yang menyewanya.

Konsultan Pajak

Loading...

Pajak adalah hal yang berguna untuk memberi masukan kepada negara dan pemerataan kesejahteraan. Setiap warga negara juga diwajibkan untuk membayar pajak. Dari sinilah kita tahu bahwa menjadi konsultan pajak masih banyak diperlukan pada era ini.

Konsultan pajak biasanya dibayar klien untuk mengurusi berbagai hal tentang masalah pajak. Konsultan pajak juga bisa memberi saran langkah-langkah yang perlu dilakukan saat melunasi pajak

Nah, itu tadi beberapa prospek kerja lulusan jurusan akuntansi saat ini dan masih relatif tidak banyak berubah di masa yang akan datang. So, jika sobat ingin masuk di jurusan akuntansi jangan ragu lagi.

Beberapa daftar peluang kerja di atas hanya sebagian kecil saja, masih banyak lagi posisi pekerjaan yang sangat cocok untuk lulusan akuntansi. Bah bila sobat lanjut sampai pendidikan profesi atau S2 maka peluang kerja akan jauh lebih banyak lagi, karena pesaing di kompetensi ini masih sangat sedikit, lagi pula selalu bergaji tinggi.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan