BAHAN AJAR INTERAKTIF PIAM

BAHAN AJAR INTERAKTIF PIAM

Loading...

Bahan ajar interaktif PIAM (Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen) ini dibangun berdasarkan kebutuhan pembelajaran yang lebih berorientasi pada mahasiswa. Di masa pandemi seperti sekarang ini kebutuhan akan bahan ajar ataupun media pembelajaran interaktif sangat penting untuk dipenuhi.

Mengapa demikian? sudah barang tentu karena kebutuhan pembelajaran daring ini tanggung jawab pembelajaran semakin mengarah pada mahasiswa. Keterbatasan tatap maya karena beberapa hal harus diantisipasi dengan cerdas.

Misalnya gangguan komunikasi tatap maya yang sangat beragam dan sering kali sulit kita kendalikan, maka kualitas komunikasi menjadi sangat penting. Dengan demikian pebelajar yang lebih siap karena telah melakukan pembelajaran mandiri terlebih dahulu akan sangat membantu proses pembelajaran tatap maya.

Kuantitas komunikasi yang tidak penting bisa dikurangi ketika materi-materi ringan atau yang bersifat pengantar sudah mulai dipelajari oleh mahasiswa sebelum tatap maya. Seperti halnya manfaat positif flipped classroom secara umum, hanya saja di masa pandemi ini pertemuan tatap mukanya bisa diganti dengan tatap maya. Meskipun tatap muka secara fisik memungkinkan untuk dilakukan, maka durasi pertemuan bisa dihemat dan cenderung lebih berkualitas karena mahasiswa sudah mempunyai persiapan yang lebih baik.

Mengapa mahasiswa lebih siap? Bahan ajar interaktif ini selain bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di rumah atau di mana pun mereka berada. Mereka bebas melakukan eksplorasi dan proses inkuiri yang lebih jauh.

Urgensi Bahan ajar interaktif PIAM

Urgensi bahan ajar PIAM ini dari sisi media pembelajaran sudah kita singgung di atas. Nah, dari sisi pengetahuan mahasiswa, pengantar ilmu administrasi dan manajemen ini sangat penting. Bahkan hampir untuk semua program studi.

Berikut ini adalah alasan mengapa studi administrasi penting?

  1. Kajian ilmu administrasi hampir dijumpai di semua aspek kehidupan manusia.
  2. Tuntutan perkembangan zaman yang makin maju yang membuat perusahaan maupun negara membutuhkan studi ilmu administrasi dalam organisasi lingkup kerjanya.
  3. Administrasi sebagai kunci masyarakat modern (Charles A. Beard).

Sedangkan peranan penting administrasi disebabkan oleh hal-hal berikut:

  1. Terjadinya perubahan pola kehidupan di segala bidang, menjadi pola keorganisasian.
  2. Cara berpikir dan bekerja secara rasional.
  3. Adanya tuntutan kerja yang efektif dan efisien dalam organisasi.

Lalu bagaimana dengan pentingnya manajemen? Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini mudah kita dapatkan di sekitar kita. Pasti di setiap organisasi yang kita temukan, maka aspek manajemen selalu ada. Bahkan kalau kita lihat manajemen sebagai sebuah sistem maka hampir di semua lini kehidupan manajemen akan selalu hadir.

Apa lagi di jaman yang serba modern, di mana aktivitas manusia semakin banyak ragamnya, aktivitas organisasi apa lagi. Manajemen penjadi hal penting sehingga mampu menjamin setiap organisasi berjalan sesuai jalurnya.

Penggunaan Bahan ajar interaktif PIAM

Untuk versi pertama bahan ajar ini kami masih menyediakan format bahan ajar interaktif berbasis komputer yang hanya bisa dijalankan di PC dengan sistem operasi Windows atau Mac. Untuk format Android atau iOS dan yang berbasis web online akan segera kami kembangkan di kemudian hari.

Untuk sementara waktu bila Anda hanya mengakses menggunakan perangkat telepon seluler dengan sistem operasi Android atau iOS kami menyediakan dalam format flipbook dengan interaktivitas yang terbatas, seperti berikut ini:

Bila Anda menggunakan PC Windows atau Mac, maka Anda bisa mengunduh bahan ajar interaktif ini dalam dua versi, yaitu versi .swf dan versi .exe. Silakan unduh di link berikut ini:

Nah silakan gunakan bahan ajar interaktif PIAM ini sebagai pendukung pembelajaran Anda. Selamat menggunakan dan salam belajar menyenangkan kapan saja di mana saja bersama maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan