Pecatur Indonesia Yang Bergelar Grand Master

6 Pecatur Indonesia Yang Bergelar Grand Master

Loading...

6 Pecatur Indonesia Yang Bergelar Grand Master – Viralnya pertandingan catur antara GM Irene Kharisma dan Dewa Kipas alias Pak Dadang Subur membawa Gairah sendiri untuk dunia percaturan Indonesia. Semula banyak yang tidak tahu gengsinya permainan catur, kini banyak masyarakat yang ingin tahu tentang permainan papan tersebut. Bahkan streaming pertandingan catur telah ditonton lebih dari 1 juta orang secara langsung dan diprediksi akan menembus angka puluhan juta view. Ini menunjukkan bahwa bidang olahraga catur bisa untuk populer di Indonesia.

Catur bukan hanya permainan papan yang dimainkan dua orang, catur juga mengasah kemampuan berpikir logis dari manusia. Di Indonesia sendiri sudah banyak Pecatur yang mendapatkan gelar Grand Master. Selain Irene Kusnandar ada nama-nama lainnya yang tentunya perlu untuk kita kenal. Berikut ini adalah daftarnya:

Herman Suradiradja

Sosok Herman Suradiradja patut diapresiasi karena telah membuat tinta dalam diri dunia percaturan di Indonesia. Beliau adalah orang Indonesia pertama yang mendapatkan gelar Grand Master dari Organisasi Catur Dunia (FIDE).

Herman Suradiraja merupakan pecatur Indonesia yang mendapatkan Gelar Grand Master saat di Bulgaria. Beliau menjadi inspirasi pecatur-pecatur Indonesia untuk berprestasi di event-event internasional. Beliau sampai akhir hayatnya ditahun 2016, pun masih aktif berkompetisi catur.

Utut Adianto Wahyu Widayat

Pak Utut Adianto merupakan pecatur legendaris Indonesia, prestasinya tidak hanya di dalam negeri saja tapi diakui di dunia internasional. Pak Utut Berhasil menjadi Grand Master di usia yang terbilang muda, 21 Tahun.

Tak main-main kemampuan bermain catur pak Utut bisa dikatakan di atas rata-rata. Dia mempunyai ELO Rating mencapai 2600, ini adalah angka yang tinggi dalam dunia catur. Sekarang pak Utut mendirikan sekolah catur yang melahirkan bibit-bibit baru Pecatur Indonesia salah satunya GM Irene Kharisma dan menjadi Ketua Percasi.

Novendra Priasmoro

Loading...

Indonesia tidak pernah kehilangan bibit-bibit potensial dalam dunia catur. Salah satu nama yang sedang melejit adalah pecatur muda Novendra Priasmoro. Pecatur kelahiran Jakarta, 24 November 1999 ini sudah kenyang akan pengalaman kompetisi catur internasional.

Ia sudah menjadi pecatur sejak tahun 2012 dan puncaknya di tahun 2020 dia berhasil memenangkan turnamen internasional Liberic Open. Dengan Elo Rating yang tinggi mencapai 2504. Novendra Triasmoro juga merupakan anak didik dari Sekolah catur Utut Adianto.

Edhi Handoko

Grand Master Catur Indonesia Selanjutnya adalah Edhi Handoko. Negara ini melahirkan salah satu legenda catur dengan berbagai penghargaan yang ia bawa untuk nama Indonesia. Edhi Handoko mencurahkan separuh hidupnya untuk kemajuan catur Indonesia.

Sosok Yang Lahir Di Kota Solo ini meraih Grand Master Nasional ditahun 1978 dan menjadi Grand Master Internasional pada tahun 1994 dengan ELO Rating mencapai 2495 dan kini beliau masih mengabdikan diri sebagai pelatih pecatur nasional Indonesia.

Susanto Megaranto

Loading...

Sosok Susanto Megaranto adalah salah satu pecatur terbaik Indonesia dan masih aktif hingga kini. Namanya sering wira-wiri hadir dalam iklan TV dan dijadikan ikon pecatur Indonesia masa kini. Susanto Megaranto tercatat sebagai pecatur Indonesia termuda yang mendapatkan Gelar Grand Master.

Ia meraih Gelar Tersebut pada usia ke 17 pada tahun 2004. Ia tercatat pernah memenangkan gelar nasional selama 4 kali berturut-turut dan menggondol emas Sea Games 2011, 2013 dan 2019. Ia mempunyai Elo Rating Sebesar 2569.

Irene Kharisma

Terakhir adalah Irene Kharisma, nama pecatur cantik yang sedang trending akhir-akhir ini karena pertandingannya dengan dewa kapas. Irene kharisma menunjukkan bahwa perempuan pun bisa bersaing didunia catur. Tak main-main Irene Kharisma adalah pemilik gelar Grand Master Internasional Wanita dan memiliki peringkat Elo Rating 2400 dan masuk daftar Atlet Catur Terbaik Dunia.

Irene kharisma juga pernah mencatat sejarah sebagai atlet termuda sebuah negara saat mengikuti Sea Games Vietnam 2003, dan ia berhasil mendapatkan medali perak.

Nah, itu tadi 6 pecatur Indonesia yang bergelar Grand Master. Semoga ulasan singkat ini bisa ikut menyumbangkan kebangkitan catur Indonesia. Jayalah dunia percaturan Indonesia (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan