apa yang dimaksud dengan program afiliasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Program Afiliasi dan Keuntungannya

Loading...

Apa Yang Dimaksud Dengan Program Afiliasi dan Keuntungannya – Ada banyak pintu untuk mendapatkan uang di internet. Yang sudah populer bisa lewat YouTube, Trading, serta kerja Freelance secara online. Internet memberikan kemudahan bagi semua orang untuk mendapatkan uang dengan cara yang lebih mudah.

Selain lewat jalan di atas, penghasilan via daring juga bisa didapatkan melalui program afiliasi. Dengan modal terjangkau dan bisa dilakukan kapan saja. Rasa-rasanya terjun di bisnis ini sangat menggiurkan.

Bagi yang belum tahu secara gamblang mengenai program afiliasi, berikut ini kami sampaikan secara lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan program afiliasi, pengertian, dan manfaatnya.

Pengertian Program Afiliasi

Secara simpel program afiliasi adalah sebuah program dimana Anda akan dibayar jika mampu membuat seseorang membeli suatu produk yang ditawarkan. Tidak hanya membeli sih sebenarnya, masih ada banyak lagi. Misalnya Anda seorang publisher (blogger) yang sudah menghasilkan pendapatan dari iklan, sedangkan Anda menggunakan afiliasi Network Ads tertentu maka jika Anda mampu mengajak seorang blogger lainnya menggunakan Ads Network tersebut maka Anda akan mendapatkan pembagian keuntungan.

Misalnya saya menyarankan Anda bergabung dengan Adcash dan A.ADS untuk menghasilkan uang melalui blog Anda maka saya akan mendapatkan uang dari program afiliasi yang telah saya ikuti. Lumayan lho, saya sendiri sudah mendapat jutaan rupiah tiap bulan dari Ads Network ini.

Kembali lagi ke afiliasi jual beli, ada beberapa website yang menyediakan program ini yang terkenal seperti Amazon, Lazada, Blibli dan Niagahoster. Bayaran komisi yang diterima berbeda-beda setiap website. Misalnya lazada dalam setiap produk terjual akan memberikan komisi 10%. Ada juga yang memberikan komisi sampai 70 % seperti Niagahoster.

Sampai di sini saya harap Anda sudah mulai tahu tentang apa yang dimaksud dengan program afiliasi dan apa saja keuntungannya mengikuti program ini. Oke, kita lanjutkan membahas prinsip kerjanya.

Prinsip Kerja Program Afiliasi

Setidaknya ada 3 pihak yang terlibat program afiliasi yaitu:

  • Pemilik Produk: pemilik produk ini Jenisnya ada macam-macam seperti perusahaan, StartUp, UKM, marketplace, tempat jasa dan yang lainnya. Pada intinya mereka mi sesuatu yang ingin dipromosikan. Dan mereka juga lah yang mengeluarkan program afiliasi.
  • Afiliator: Orang yang bergabung dalam program afiliasi. Yang nantinya diberikan tugas mempromosikan produk maupun jasa.
  • Konsumen: Target yang dituju dan diharapkan melakukan pembelian produk afiliasi tersebut.

Jadi, prinsipnya kita sebagai afiliator ikut memasarkan produk perusahaan afiliasi (pemilik produk) yang artinya kita adalah sales force mereka dengan gaji dari pendapatan perusahaan yang diperoleh dari konsumen yang membeli produk melalui kita atau atas saran kita.

Nah, kita bisa mendapatkan keuntungan dari pendapatan perusahaan yang memiliki produk, jadi kita tidak perlu membuat atau membangun brand. Cukup sebagai afiliator saja. Ini bisnis yang mudah, murah dan tanpa risiko kan.

Lalu apa keuntungan perusahaan pemilik produk? Setelah memahami apa yang dimaksud dengan program afiliasi dan apa saja keuntungannya mengikuti program ini, maka kita jadi tahu apa keuntungan perusahaan kan? Ya, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya iklan yang banyak, atau minimal mengurangi budget periklanan mereka. Juga tidak perlu membayar tenaga penjual yang belum pasti efektif.

Cara Mendaftar Program Afiliasi

Jika Anda tertarik mengikuti program ini bisa mengikuti prosedur yang disediakan masing-masing website atau perusahaan. Setelah mendaftar pihak web akan memberikan kode unik yang bisa dilakukan digunakan untuk berpromosi produk afiliasi.

Tawaran program afiliasi ini juga bisa datang sendiri, biasanya terjadi kepada influencer atau blogger-blogger besar karena memiliki jumlah follower yang banyak. Bila traffic blog Anda sudah ribuan per hari seperti blog ini maka akan dengan mudah diterima dalam program afiliasi. Hasilnya jutaan rupiah akan mengalir ke rekening Anda tiap bulannya.

Bila Anda tidak punya Blog, tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan akun Instagram, Youtube, TikTok, dan media sosial lainnya untuk program afiliasi ini. Syarat utamanya Cuma satu, yaitu julah follower yang banyak. Tapi ingat follower organik lho ya, bukan robot atau hasil rekayasa.

Media untuk untuk menawarkan produk Afiliasi

Via Blog

Anda bisa menawarkan produk/jasa afiliasi lewat blog. Caranya dengan membuat artikel review mengenai produk tersebut. Ceritakan deskripsinya lengkap dengan keunggulan, kekurangan dan segala serba-serbi tentang produk tersebut.

Buatlah tulisan yang menarik pembaca dengan menambahkan bumbu-bumbu copy writing agar produk bisa cepat terjual. Lebih baik blog dan produk afiliasi yaitu ditawarkan memiliki tema yang terhubung untuk meningkatkan kepercayaan pembeli. Terakhir tambahkan kode referal dari produk afisiliasi tersebut.

Via YouTube

Mempromosikan program afiliasi juga bisa melalui kanal YouTube terutama jika memiliki akun dengan jumlah subscriber banyak. Langkah-langkahnya bisa membuat konten terlebih dahulu dan sambungkan dengan berpromosi produk afisiliasi. Yang terakhir jangan lupa menambahkan kode refferer dalam kotak deskripsi.

Via Sosial Media

Sosial media seperti Instagram, Facebook, bahkan TikTok pun bisa Anda gunakan untuk ikut program afiliasi. Anda bisa daftarkan diri Anda sebagai influencer perusahaan yang membuka lowongan influencer atau mendaftar di pasar influencer semacam sosiaGo.

mendapatkan uang dengan mudah dari program afiliasi

Keuntungan Mengikuti Program Afiliasi

Penghasilan Pasif

Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif saat mengikuti afisiliasi. Tidak seperti pekerjaan pada umumnya yang mewajibkan bekerja di tempat dan waktu tertentu. Seorang afiliator bisa mendapatkan uang tanpa harus bekerja. Bahkan pendapat bisa datang ketika seseorang tidur.

Hal ini bisa terjadi karena kode afiliasi terus tertempel pada blog. Sehingga konsumen masih bisa melihat produk afiliasi dan melakukan transaksi sewaktu-waktu.

Modal kecil

Dalam mendaftar program afiliasi ada dua macamnya. Yaitu yang gratis dan berbayar. Untuk jenis pertama ada yang membuka program afiliasi secara cuma-cuma kepada semua orang. Sementara untuk jenis kedua akan meminta sejumlah biaya, sebelum melakukan pendaftaran program afiliasi.

Semua jenis punya lebih dan kurangnya masing-masing. Untuk afiliasi gratis cocok untuk yang masih bermodal kecil. Namun bila sudah mantap memilih profesi ini. Bisa memilih versi kedua karena memiliki keunggulan yang lebih lengkap.

Kerja secara fleksibel

Bekerja sebagai afiliator bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Mempromosikan link referal produk afiliasi tidak berada di kantor dan tidak dibatasi waktu. Anda bisa melakukannya dari rumah dengan laptop dan jaringan internet.

Ketika pembeli melakukan action, membeli produk yang dipromote, penghasilan akan langsung pada sistem pengelola. Bahkan ketika anda tidur, penghasilan dari program afiliasi bisa terus bertambah. Asalkan banyak visitor yang klik link referral dan order produk afiliasi Anda.

Simpulan

Pada prinsipnya program afiliasi adalah sebuah program dimana Anda akan dibayar jika mampu membuat seseorang membeli suatu produk dari perusahaan afiliasi yang Anda tawarkan. Bisnis ini sangat mudah dan nyaris tanpa modal dan tanpa risiko. Sangat layak untuk dijadikan passive income.

Nah, sekian bahasan saya tentang apa yang dimaksud dengan program afiliasi dan apa saja keuntungannya mengikuti program afiliasi. Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat Anda semua (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan