Contoh Aktivitas Belajar Sepanjang Hayat

Contoh Aktivitas Belajar Sepanjang Hayat

Loading...

Contoh Aktivitas Belajar Sepanjang Hayat – Pebelajar sepanjang hayat adalah orang yang menganggap bahwa aktivitas belajar adalah sesuatu yang menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan, belajar bagi mereka sudah menjadi kebutuhan, sekaligus yakin akan manfaat penting dari belajar secara berkelanjutan.

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan semua yang Anda ketahui dan yang masih ingin Anda pelajari atau ketahui lagi. Atau mungkin Anda merasa kelelahan untuk memikirkan tentang semua yang perlu Anda ketahui dalam melakukan pekerjaan.

Bahkan, Anda merasa bahwa belajarlah yang membuat pekerjaan begitu menarik. Sebenarnya apa pun itu, akan membuat kita semua masing-masing menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Siapa yang menentukan apakah Anda cukup tahu? Tahu hal yang benar? Apa yang masih harus Anda pelajari? Ya, itu Anda sendiri, tentu saja.

Pembelajaran seumur hidup bukanlah hal baru. Yang baru adalah penekanan yang diterimanya dalam lingkungan bisnis saat ini.

Contoh Orang-orang dengan Aktivitas Belajar Sepanjang Hayat

Sebenarnya kebanyakan orang hanya mencapai sepertiga dari potensi mereka dalam bekerja atau berusaha. Para profesional yang sukses dalam posisi apa pun mencapai lebih dari sepertiga potensi mereka karena mereka terus belajar dan berkembang. Apa saja yang dilakukan oleh pebelajar sepanjang hayat?

  • Pebelajar sepanjang hayat menilai di mana mereka saat ini, dibandingkan dengan potensi kesuksesan yang mereka inginkan di masa depan, dan menentukan rencana untuk mencapainya.
  • Mereka meningkatkan proses belajar mereka secara terus menerus. Mereka mengidentifikasi cara-cara baru yang lebih baik dan lebih efisien dan menerapkannya.
  • Mereka berada di ujung tombak industri mereka. Mereka sadar akan praktik mutakhir serta mode saat ini. Mereka memiliki pengetahuan tentang jurnal dan buletin organisasi profesional mereka yang membantu mereka dalam mengikuti perkembangan di lapangan.
  • Mereka memahami dasar-dasar pekerjaan dan cara menerapkannya di dunia saat ini.
  • Mereka mengajukan pertanyaan dan bereksperimen untuk mencoba hal-hal baru.
  • Mereka mencari sumber belajar, membaca, dan menerapkan pengetahuan baru mereka.
  • Mereka berbagi pengetahuan dan mengajarkan ke orang lain.
  • Mereka mengetahui tentang pelanggan mereka (internal dan eksternal) dan selalu mengetahui semua hal yang penting bagi mereka.

Tanyakan pada diri Anda apakah Anda telah melakukan semua atau sebagian dari apa yang dilakukan oleh pebelajar sepanjang hayat di atas. Ingat, pembelajaran sepanjang hayat adalah investasi dalam diri Anda.

Jika Anda tidak mau berinvestasi pada diri Anda sendiri, lalu siapa lagi? Pembelajaran sepaanjang hayat bergantung pada pola pikir, tekad, dan keingintahuan Anda.

Ya, dibutuhkan banyak hal untuk menjadi yang terbaik: kompetensi, kepercayaan diri, komitmen. Anda pasti bisa melakukannya. Jadilah semua hal yang Anda mampu. Thomas Edison pernah berkata, “Jika kita melakukan semua hal yang kita mampu, kita benar-benar akan memukau diri kita sendiri”.

Lanjutkan! Apa atau siapa yang bisa menghentikan Anda? Buat diri Anda tercengang. Temukan gairah dalam hidup Anda. Kemudian pelajari semua yang Anda bisa. Cintai apa yang Anda lakukan dan lakukan apa yang Anda cintai.

Beberapa Contoh Aktivitas yang Mendukung Belajar Sepanjang Hayat

Masih belum yakin ingin terjun ke pembelajaran sepanjang hayat? Ingin tahu apa yang mungkin ingin Anda pelajari? Jika Anda ingin bereksperimen dengan kesempatan belajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda, cobalah beberapa contoh aktivitas belajar sepanjang hayat berikut ini:

  • Wujudkan mimpi. Pikirkan kembali mimpi masa kecil Anda. Anda ingin menjadi apa? Sudahkah Anda mencapai tujuan Anda? Tidak ada kata terlambat. Buat daftar semua hal yang ingin Anda pelajari, secara profesional dan pribadi.
  • Hadiri acara pembelajaran virtual. Ratusan kesempatan belajar virtual tersedia: baik yang berbayar maupun gratis. Cobalah satu. Anda mungkin akan mempelajari sesuatu yang dapat Anda gunakan untuk membantu peningkatan kompetensi Anda.
  • Menghadiri seminar. Minimal Anda harus menghadiri setidaknya satu seminar peningkatan kompetensi sekali setiap tahun. Apa lagi di masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali topik webinar yang menarik dan berkualitas. Anda akan belajar banyak dan bertemu banyak orang, dan Anda bisa membuat jaringan yang berharga.
  • Perluas jaringan Anda. Jaringan dengan orang lain di dalam dan di luar organisasi Anda. Anda bisa menghubungi mereka jika ada pertanyaan atau menemui kesulitan.
  • Mulailah kebiasaan mendengarkan podcast berkualitas. Saat mengemudi ke kantor atau jalan-jalan, dengarkan podcast tentang topik yang menarik dan bermutu.
  • Temukan seorang mentor. Bicaralah dengan mentor atau pelatih untuk mempelajari bagaimana mereka bisa membantu Anda.
  • Sukarelawan. Identifikasi organisasi nirlaba, atau sekolah yang membutuhkan bantuan. Anda akan belajar dalam situasi ini, dan itu akan bermanfaat untuk menambah portofolio Anda.
  • Ikuti kursus. Mendaftarlah dalam kursus yang menarik minat Anda. Kursus dapat difasilitasi oleh organisasi Anda atau oleh vendor eksternal.
  • Cobalah. Bereksperimenlah dengan alat dan teknik yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya. Mintalah saran dari kolega Anda.

Tidak perlu semua contoh aktivitas yang mendukung belajar sepanjang hayat di atas Anda lakukan, cukup beberapa saja, sambil terus berusaha meningkatkannya sampai level tertentu yang Anda inginkan. Hal ini berarti memberi diri Anda sendiri sebuah kesempatan untuk merasakan betapa menyenangkannya belajar (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan