Penyebab Orang Mengalami Insecure

Penyebab Orang Mengalami Insecure

Loading...

Penyebab Orang Mengalami Insecure – Isu kesehatan mental semakin hari semakin sering dibahas. Ini tak lepas dengan tingginya kesadaran seseorang tentang kesehatan jiwa. Jika dulu masalah jiwa sering diidentikkan dengan orang gila. Namun sekarang di era Millenial ini stereotip itu perlahan mengikis.

Salah satu masalah kejiwaan yang banyak dialami oleh orang adalah Insecure. Orang yang mengalaminya cenderung menganggap rendah diri sendiri, merasa tidak berguna, tidak aman dan sejenisnya. Orang yang mengalami Insecure sangat butuh dorongan orang lain agar bisa percaya diri lagi.

Ternyata Insecure muncul karena beberapa sebab, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini. Berdasarkan penelitian psikolog klinis Melanie Greenberg Ph.D. penyebab Insecure dibagi menjadi tiga hal yaitu:

Mengalami Kegagalan atau Penolakan

Mengalami peristiwa buruk yang tidak sesuai ambisi bisa memicu terjadinya Insecure. Peristiwa seperti kegagalan dan penolakan bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri. Kita mulai mempertanyakan kelebihan, prestasi dan membandingkan diri dengan orang lain.

Contoh paling banyak karena alasan ini adalah saat seseorang mendaftar pekerjaan atau kuliah tapi tidak diterima, sementara teman seangkatan diterima. Insecure akan terjadi karena kita belum bisa menerima hal tersebut.

Belajar untuk ikhlas, dan bersabar dan teruslah mencari kesempatan lain. Dengan berjiwa besar kita akan lepas dari Insecure.

Mengalami kecemasan sosial

Rasa cemas yang wajar memiliki dampak yang baik untuk kita, namun saat cemas itu tidak terkontrol akan membuat kita menjadi Insecure. Kita terlalu mencemaskan sesuatu yang tak perlu dicemaskan. Perasaan kita dipenuhi rasa takut saat melangkah karena takut respons negatif orang.

Rasa Insecure juga acap kali muncul karena masalah penerimaan kritik. Perasaan takut dikritik ini akan memperburuk tingkat Insecure.

Terlalu Perfeksionis

Mempunyai ekspektasi terlalu tinggi dan perfeksionis juga tidak baik untuk kesehatan mental kita. Terlalu mengejar target tanpa mempedulikan kemampuan akan membuat pikiran kita terkuras energinya. Otak akan lelah dan berakibat pada pola pikir dan produktivitas kita.

Sifat perfeksionis juga akan menimbulkan insecuritas bila tidak ditanggapi secara tepat. Punya ambisi tinggi boleh tapi kita juga harus siap dengan kegagalan. Kita harus bila rencana kita belum sesuai harapan.

Segera ambil nafas dan beristirahat sejenak dan pikirkan kembali tentang rencana apa yang ingin diwujudkan. Pengendalian diri akan membuat kita terbebas dari Insecure.

Itulah bahasan ringkas kami tentang penyebab seseorang mengalami insecure. Semoga bermanfaat dan bahagia selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan