Jangan Gunakan Benda Ini Untuk Membersihkan Layar Hp

Jangan Gunakan Benda Ini Untuk Membersihkan Layar Hp !

Loading...

Jangan Gunakan Benda Ini Untuk Membersihkan Layar Hp ! Layar hp adalah bagian yang harus sering dibersihkan agar terhindar dari debu, sidik jari dan tempat berkembang biak kuman. Layar hape yang kusam juga membuat kita tidak nyaman dalam menggunakannya.

Sering kali kita menggunakan benda-benda di sekitar kita yang mudah kita temukan untuk membersihkan layar hape kita yang kotor. Namun, kita harus waspada karena ada beberapa benda yang tidak disarankan untuk membersihkan layar hp, seperti memakai alkohol dan semprotan yang mempunyai kandungan zat berbahaya.

Disadari atau tidak benda-benda tersebut bersifat destruktif dan bisa merusak komponen layar. Lalu benda-benda apa saja yang tidak disarankan untuk membersihkan layar hp ?

Silakan simak ulasan ringkas kami tentang benda-benda yang berbahaya bila digunakan untuk membersihkan layar hp berikut ini.

Kertas Dapur

Jangan pernah memakai kertas dapur untuk membersihkan layar hp. Meskipun secara fisik bentuknya seperti kertas biasa namun ciri khas dan penggunaan kertas ini tidak cocok untuk layar hp.

Kertas dapur memiliki ukuran yang lebar dan punya tekstur kasar sehingga bisa menggores layar guys. Inilah yang perlu diperhatikan sobat. Mungkin efeknya tidak langsung tampak, tapi lama kelamaan akan bertambah banyak dan akhirnya layar hape menjadi kusam karena baret-baret halus.

Penggunaan kertas dapur lebih tepat untuk menyerap minyak yang biasanya ada di dapur. Jadi jangan pakai benda ini untuk membersihkan layar hp ya sob.

Cairan Pembersih Kaca

Semprotan pembersih kaca akan bagus hasilnya untuk diaplikasikan pada kaca. Namun hasilnya bisa berbeda bila digunakan untuk membersihkan layar hp.

Zat-zat yang ada di dalamnya dapat merusak lapisan oleophobic coating dan hydropobic coating yang fungsinya untuk melindungi layar hp dari minyak dan air.  Semprotan pembersih kaca perlahan mengikis lapisan-lapisan tersebut.

Jadi, memang layar hape bisa langsung cling bila menggunakan cairan pembersih kaca ini, namun dalam jangka panjang akan berdampak buruk.

Cairan Pembersih Make Up

Patut diwaspadai juga, jangan sekali-kali menggunakan cairan pembersih make up untuk membersihkan layar hp. Cairan make up bisa merusak layar dan mengganggu fungsi komponen dalam hp.

Mengapa demikian? ya karena kita tidak tahu zat-zat apa yang terkandung di dalamnya. Mungkin saja mengandung alkohol atau zat lain yang bisa merusak komponen-komponen hp.

Jangan gunakan benda ini untuk membersihkan layar hp ya. Akan lebih aman bila menggunakan tissue saja bila tak punya cairan yang khusus diperuntukkan untuk bersihkan layar hp. Secara teori ini yang direkomendasikan.

Alkohol

Cairan kimia yang satu ini memang dikenal sebagai bahan pembersih. Seperti membersihkan luka agar tidak terjadi infeksi. Namun alkohol tidak akan cocok jika diaplikasikan di layar hp. Alkohol berkarakter keras dan akan merusak lapisan layar. Alkohol juga tidak efektif untuk membersihkan layar. Karena akan meninggalkan bekas kotoran. Seperti debu dan bekas sidik jari.

Semprotan Udara

Ada sebagian orang yang memilih menggunakan semprotan udara untuk membersihkan layar hpnya karena dianggap praktis dan ekonomis. Padahal semprotan udara memiliki tekanan yang kuat dan bisa mengganggu fungsi mikrofon karena komponen ini sangat sensitif terhadap rangsangan luar.

Jadi, itu tadi beberapa benda yang jika digunakan untuk membersihkan layar hp bisa berakibat fatal. Alih-alih hape kita menjadi awet, yang ada justru lebih cepat rusak.

Semoga artikel ringkas ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami, sampai jumpa di tips-tips lainnya. Salam sehat dan bahagia (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan