Insecure Itu Apa Artinya

Insecure Itu Apa Artinya ? Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Loading...

Insecure Itu Apa Artinya ? Bagaimana Cara Mengatasinya ? – Pernahkah dalam pikiran kalian terpikir pertanyaan ini

  • “ kok aku tidak sepintar temanku ya ? “
  • “ Kenapa ya hidupku tak semulus mereka ?”
  • “ Yang lain udah bisa kerja sementara, kok aku belum “

Jika ini sering terjadi di pikiran sobat, bisa jadi teman-teman mengalami insecure. Keadaan ini harus segera diatasi lho karena bisa memicu kondisi kejiwaan yang lebih parah seperti depresi, anxiety, bipolar dan sejenisnya.

Insecure adalah sifat merasa tidak aman, tidak berdaya, juga berkaitan dengan rendahnya kepercayaan diri seseorang. Sebenarnya ini adalah masalah yang pasti pernah dialami oleh setiap orang, namun tidak semua orang mampu menemukan jalan keluar terbaik.

Insecure adalah issue masalah mental yang lumrah namun juga tidak sepele. Karena banyak dialami oleh orang dalam usia produktif. Orang yang memasuki usia 20an sangat rawan mengalami insecure.

Keadaan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Segera berusaha menemukan jalan keluar adalah hal penting. Berikut ini adalah ulasan yang bisa sobat baca untuk menjawab pertanyaan Insecure Itu Apa Artinya ? dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Meningkatkan kepercayaan diri

Karena mayoritas orang mengalami Insecure adalah kurangnya kepercayaan diri, sering merasa inferior di hadapan orang lain. Walaupun itu semua sering kali hanya asumsi belaka namun perlu sebuah langkah untuk mengatasinya. Maka langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggali kelebihan dan keunikan diri.

Setiap orang pasti punya potensi, dan dari potensi inilah kita bisa mengembangkannya. Potensi akan membuat orang lebih bernilai, dan meningkatkan kepercayaan diri. Kenali bakat, bergabung dengan wadah yang tepat, minta saran dan nasehat mentor dan beranikan diri untuk berkarya sesuai kelebihan.

Percayalah bahwa setiap manusia punya potensinya masing-masing. Tidak ada manusia bodoh di dunia ini. Setiap manusia normal dilahirkan dengan potensi kecerdasan masing-masing, baik itu kecerdasan kognitif, emosional, spiritual, maupun berbagai kecerdasan lain, misalnya linguistik.

Bergabung dengan lingkungan yang positif

Lingkungan adalah faktor penting terbentuknya kepribadian seseorang. Lingkungan yang supportif akan membantu kita untuk percaya diri, sementara lingkungan toxic akan membuat kita Insecure. Kenali lingkungan di sekitar, dan amati apakah lingkungan tersebut membantu perkembangan mental kita atau tidak.

Hindari lingkungan yang tidak menghargai keberadaan kita dan cari lingkungan yang membuat kita berkembang. Lingkungan seperti itu sering memberi pengaruh yang kurang baik. Dengan begitu insecure bisa dihindari.

Tidak perlu takut kurang gaul atau kurang keren bila tidak diterima di sebuah lingkungan tertentu yang eksklusif, karena lingkungan eksklusif itu biasanya sering punya banyak kelemahan. Carilah lingkungan yang inklusif dan membuat sobat nyaman. Karena lingkungan seperti ini biasanya penuh support-support positif yang dibutuhkan oleh sobat.

Lakukan Detoks Media Sosial

Insecure juga disebabkan oleh aktivitas media sosial. Mungkin ketika melihat story teman yang sukses, melihat mereka mendapatkan pekerjaan yang layak sementara kita belum mendapatkan hal itu. Insecure bisa muncul karena terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Jika kita mengalami ini lakukanlah detoks media sosial. Batasi melihat akun orang lain dan cobalah untuk lebih aktif di dunia sosial. Ini akan membuat kita lebih tenang, menghargai apa yang kita miliki dan tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Bila sobat belum terbiasa dengan melihat kesuksesan orang lain yang dipamerkan di media sosial, sebaiknya hindari dulu mengakses media itu. Walaupun sebenarnya mereka yang pamer kesuksesan sebenarnya adalah orang yang belum benar-benar sukses karena belum mampu membawa lingkungan terdekatnya meraih kesuksesan juga.

Nah, demikianlah bahasan kami tentang Insecure Itu Apa. Semoga setelah membaca tulisan ini, sobat semua bisa menemukan jawaban dari pertanyaan Insecure Itu Apa Artinya ? dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. Semoga bermanfaat dan memberi wacana perubahan yang positif. Salam bahagia tanpa batas (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan