Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 “Pertumbuhan Hewan”

Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 “Pertumbuhan Hewan”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online untuk materi IPA SD/MI. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 dengan kajian tentang Pertumbuhan Hewan. Pernahkah kamu melihat ayam bertelur?

Telur ayam menetas kemudian keluarlah anak ayam. Anak ayam tumbuh menjadi ayam dewasa. Ayam betina dewasa menghasilkan telur kembali dan seterusnya.

Ayam dan hewan lain juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan seperti halnya manusia. Mari, kita pelajari pertumbuhan hewan dan faktor yang mempengaruhinya.

Pertumbuhan pada Hewan

Di sekitar kita terdapat banyak hewan. Hewan apa saja yang ada di sana? Ada ayam, bebek, burung dan, kambing. Hewan di sekitar kita ada yang besar dan ada pula yang kecil.

Marilah perhatikan pertumbuhan kelinci. Awalnya anak kelinci kecil dan ringan. Dalam beberapa minggu anak kelinci bertambah besar. Bertambah berat dan tinggi. Semakin lama kelinci tumbuh besar. Akhirnya anak kelinci menjadi kelinci dewasa. Ukurannya sama seperti induknya.

Hewan yang lain juga mengalami pertumbuhan. Pertama kali anak hewan berukuran kecil. Lama kelamaan menjadi besar. Berat dan tingginya bertambah. Hingga berukuran sama seperti induknya.

Hewan tumbuh karena makanan. Hewan memerlukan makan yang teratur. Sehari minimal mendapatkan makan tiga kali. Bahkan ada yang lebih.

Pemeliharaan dan perawatan harus diperhatikan. Dengan demikian hewan bisa tumbuh dengan baik.

Pertumbuhan pada Ayam

Lain lagi dengan ayam, bila kelinci melahirkan anaknya maka ayam berkembang biak dengan bertelur. Ayam berasal dari telur yang menetas.

Dari telur yang menetas akan keluar anak ayam yang bertubuh kecil. Anak ayam ini lalu tumbuh dan bertambah besar sampai akhirnya menjadi ayam dewasa.

Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Proses pertumbuhan ayam ringkasnya sebagai berikut:

  1. Ayam bertelur. Telur tersebut akan dierami selama 21 hari. Setelah berumur 21 hari, umumnya telur akan menetas dan anak ayam keluar dari cangkang telur.
  2. Anak ayam yang telah keluar dari cangkang telur akan mengalami pertumbuhan. Bulu-bulu halus di tubuhnya mulai digantikan dengan bulu-bulu yang besar dan kasar.
  3. Setelah berumur 3 bulan, anak ayam akan terlihat lebih besar, jalannya lebih cepat, bulu tubuhnya bertambah lebat dan kuat, serta bertambah tinggi.
  4. Tiga bulan selanjutnya, anak ayam makin bertambah besar. Selain itu, bulu-bulunya juga akan bertambah lebat dan besar. Tingginya pun hampir sama atau bahkan melebihi tinggi induknya.
  5. Akhirnya, anak ayam akan menjadi induk ayam yang dapat melakukan proses perkembangbiakan.

Ayam merupakan hewan yang paling umum dipelihara oleh manusia karena banyak manfaatnya bagi manusia. Ayam dapat diambil telur, daging, dan bulunya. Beberapa jenis ayam juga dapat dipelihara untuk dinikmati suara atau keindahan bulunya.

Kuda dan Kucing

Kuda memiliki ciri-ciri yang sama dengan kucing, juga seperti kelinci di atas. Kuda termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Kulit kuda juga ditumbuhi rambut. Anak kuda mengalami pertumbuhan sehingga menjadi kuda dewasa. Kuda memiliki badan dan tenaga yang sangat kuat. Kemampuan kuda dalam berlari pun sangat baik.

Pertumbuhan Ikan

Ikan merupakan salah satu contoh makhluk hidup yang juga tumbuh dan berkembang. Ikan bernapas dengan insang. Ikan bergerak dengan cara berenang menggunakan sirip.

Ikan berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali waktu. Telur menetas menjadi larva. Larva tumbuh menjadi ikan kecil. Kemudian, ikan kecil menjadi ikan dewasa. Ikan mengalami pertumbuhan.

Daur hidup Kupu-Kupu

Sama seperti ikan dan ayam, kupu-kupu pun berkembang biak dengan bertelur, namun punya daur hidup sendiri yang sedikit berbeda. Kupu-kupu bermetamorfosa Setelah beberapa hari, telur kupu-kupu menetas menjadi ulat. Ulat memakan daun-daunan sehingga tubuhnya menjadi besar.

Ulat mencari tempat untuk berdiam diri dan membentuk kepompong. Setelah itu, tubuh ulat berubah menjadi kupu-kupu. Semua makhluk hidup memiliki daur hidup. Betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 “Pertumbuhan Hewan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 tentang Pertumbuhan Hewan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 “Pertumbuhan Hewan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 tentang Pertumbuhan Hewan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d873e19536cf4001af1782b/start

kuis modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 tentang Pertumbuhan Hewan

Demikianlah modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 tentang Pertumbuhan Hewan yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan