Cara Agar bisa Menjadi Hamba yang Bersyukur

Cara Agar bisa Menjadi Hamba yang Bersyukur

Loading...

Cara Agar bisa Menjadi Hamba yang Bersyukur – Syukur adalah sebuah kata yang sederhana namun penuh makna. Ya, kita sangat paham, bahwa sebenarnya semua manusia mendapatkan nikmat setiap detik dalam bentuk atau wujud yang berbeda. Namun, tak sedikit yang lupa mengucapkan syukur atas segala kenikmatan yang sudah didapat dan dirasakannya. Hal ini yang kemudian membuat banyak manusia tidak pernah merasa cukup, selalu kekurangan, mengkhawatirkan masa depan, hingga tidak bahagia menjalani hidupnya.

Hingga detik ini, apakah sobat termasuk orang yang tidak bahagia, atau tidak bersyukur? Jika ya, maka pikirkan lagi, mengapa Anda tidak bisa bersyukur, padahal banyak hal sederhana yang bisa Anda syukuri, misalnya adalah bisa menghirup udara bebas tanpa beban alias gratis. Iya kan?

Bukankah di luar sana ada banyak sekali saudara kita yang harus membayar jutaan hanya untuk mendapatkan oksigen? Maka, mulailah untuk mensyukuri segala yang telah ditetapkan-Nya. Jika bingung harus memulainya dari mana, yuk simak beberapa cara ini agar bisa menjadi hamba yang bersyukur.

Mengubah Mindset

Bagaimanapun, mindset atau pikiran membentuk segala pola kehidupan Anda. Maka cara agar Anda bisa menjadi hamba yang bersyukur bisa dimulai dengan mengubah mindset. Mengapa dimulai dari mindset? Ya karena mindset mempunyai peranan yang penting dalam menentukan kesehatan fisik dan mental Anda.

Membuat Catatan berupa Hal yang Meski Anda Syukuri Setiap Harinya

Mungkin, salah satu faktor mengapa Anda tidak bersyukur adalah lupa. Jadi, agar Anda bisa terus bersyukur adalah dengan menuliskannya di sebuah buku, dan ini harus Anda lakukan setiap harinya. Namun, karena zaman sudah canggih, Anda bisa kok mencatatnya di hp atau laptop saja.

Tulislah hal-hal sederhana yang memang harus Anda syukuri, misalnya karena telah dianugerahkan teman-teman yang baik hatinya, dapat menghirup udara dengan bebas tiap detik, bisa menikmati makanan yang nikmat, dapat tidur dengan nyenyak, dan sebagainya. Sangat sederhana kan? Ya, karena untuk bersyukur, sebenarnya sobat tidak perlu hal yang mewah.

Yakin Akan Rezeki

Cara agar menjadi hamba yang bersyukur berikutnya adalah dengan meyakin, bahwa Anda dan orang lain mempunyai rezekinya masing-masing yang sudah pasti berbeda. Dengan demikian, Anda pasti bisa selalu ridha akan pemberian-Nya, sehingga membuat Anda menjadi hamba yang bersyukur.

Juga perlu diingat, salah satu rezeki terbesar buat kita adalah kesehatan. Maka, menjaga kesehatan juga berarti memelihara rezeki kita. Dengan demikian adalah salah satu bentuk bersyukur sekaligus tetap menjaga jalan masuk rezeki, walaupun kita tetap dianjurkan untuk bergerak mencari rezeki.

Jangan Suka Membanding-bandingkan Diri

Mulai sekarang, berhentilah untuk membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena perilaku atau kebiasaan buruk ini bisa membuat Anda tidak bersyukur atas apa yang telah Anda miliki. Misalnya, saat ini Anda tengah mempunyai ponsel keluaran 2019, dan kondisinya masih sangat bagus. Namun, karena melihat ponsel milik teman Anda keluaran terbaru, 2021, Anda lantas membanding-bandingkannya.

Jangan ya, karena seharusnya pembandingan yang Anda lakukan bukan untuk hal demikian, tapi untuk hal yang lebih baik, contohnya, Anda membandingkan diri masalah ibadah. Jika teman Anda sudah bisa membaca al-Quran setiap hari satu juz, mengapa Anda masih stagnan di lima ayat per hari?

Mulai saat ini, mulailah membandingkan diri degan hal yang positif, bukan negatif. Sebab jika Anda membandingkan diri dari segi duniawi, tentu tidak akan ada habisnya, dan justru akan membuat Anda menjadi seorang hamba yang kufur akan nikmat.

So, jadilah pribadi yang terus berusaha mensyukuri sekecil apa-pun nikmat yang diberikan-Nya, karena nikmat yang didapatkan setiap orang berbeda-beda. Hari ini, detik ini, paksakan diri untuk ridha terhadap apa pun yang ditetapkan-Nya agar hati Anda senantiasa dipenuhi rasa syukur.

Demikianlah ulasan kami tentang beberapa cara ini agar bisa menjadi hamba yang bersyukur termasuk dengan membaca sholawat. Semoga bermanfaat dan salam belajar dengan menyenangkan, kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan