PAI SMP Kelas 8 Macam Macam Sujud

Macam Macam Sujud (PAI SMP Kelas 8 )

Loading...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, kali ini kita akan belajar tentang macam macam sujud. Ada tiga macam sujud yang akan kita bahas, yaitu: Sujud Syukur, Sujud Sahwi, dan Sujud Tilawah.

Sujud syukur

Sujud Syukur adalah Sujud yang dilakukan karena mensyukuri nikmat Allah disebabkan telah dikaruniai nikmat (keberhasilan) atau telah terlepas dari bahaya (musibah), Baik mendapatkan kenikmatan atau terhindar dari musibah yang bersifat individu atau yang bersifat umum (menimpa umat Islam).

Jumhur ulama sependapat ikhwal sunnahnya mengerjakan Sujud Syukur. Sujud syukur disunnahkan dalam dua kondisi:

  1. Ketika adanya anugerah atau nikmat yang baru seperti seseorang mendapat hidayah,      masuk Islam, atau umat Islam mendapat pertolongan atau kelahiran anak, dll.
  2. Ketika tercegah atau terhindarnya musibah seperti selamat dari kecelakaan tenggelamnya kapal , jatuhnya pesawat atau selamat dari pembunuhan, dan lain-lain.

Diriwayatkan dari Abu Bakrah bahwa Nabi saw. apabila mendapatkan sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, segeralah tunduk bersujud sebagai tanda syukur kepada Allah swt.

Baihaqi meriwayatkan dengan sanad menurut syarat Bukhari : “Bahwa Ali r.a . ketika menulis surat kepada Nabi saw. untuk memberitahukan masuk Islamnya Suku Hamdzan, beliau pun sujud dan setelah mengangkat kepalanya terus bersabda: ‘Selamat sejahtera atas Suku Hamdzan! Selamat sejahtera atas Suku Hamdzan’!”

Dari Abdurrahman bin ‘Auf : “Bahwa Rasulullah saw. pada suatu hari keluar dan saya mengikutinya sampai kami tiba di Nakhl. Beliau lalu sujud dan lama sekali sujudnya itu hingga saya takut kalau-kalau Allah akan mendatangkan ajalnya di sana. Saya lalu datang mendapatkannya, tiba-tiba beliau mengangkat kepala dan bertanya: ‘Mengapa wahai Abdurrahman?’ Saya menceritakan perasaan saya tadi, maka beliau pun bersabda: ‘Sesungguhnya Jibril a.s. datang kepadaku tadi dan berkata: Sukakah Anda kuberi kabar gembira ? Sesungguhnya Allah berfirman kepada Anda: Barang siapa membacakan shalawat padamu, maka Aku akan memberinya rahmat . Dan berang siapa membacakan salam kepadamu, maka Aku akan memberinya keselamatan. Oleh karena itu saya sujud sebagai tanda syukur kepada Allah Ta’ala. .

Hakim juga meriwayatkan hadits seperti ini dan mengatakan: “Hadits ini sah menurut syarat Bukhari dan Muslim, dan dalam soal sujud syukur ini, belum pernah saya jumpai sebuah hadits yang lebih sah dari ini.”

Bukhari meriwayatkan bahwa ka’ab bin Malik melakukan sujud syukur ketika menerima berita bahwa tobatnya diterima Allah.

Ahmad mengatakan bahwa Ali r.a . juga sujud ketika menemukan mayat Dzats-Tsudaiyan diantara orang-orang Khawarij yang tewas dalam peperangan dengannya.

Sa’ad bin Manshur juga menyebutkan bahwa Abu Bakar melakukan sujud syukur ketika mendengar kematian Musailimah, yakni Nabi palsu.

Suci lebih afdhal. Sujud syukur itu juga memerlukan syarat-syarat sebagai syarat-syarat shalat, tetapi ada pula ulama yang berpendapat bahwa syarat-syarat itu tidak diperlukan sebab memang bukan termasuk dalam shalat. Dalam kitab Fat-hul ‘Allam

disebutkan bahwa pendapat kedua inilah yang lebih tepat. Syaukani berkata: “Dalam sujud Syukur tidak terdapat sebuah hadits pun yang menjelaskan bahwa untuk melakukannya itu disyaratkan berwudhu, suci pakaian dan tempat.”

Apakah Takbir diperlukan dalam sujud syukur ?

 Imam Yahya dan Abu Thalib. berpendapat bahwa tidak terdapat keterangan dari Nabi saw. yang menjelaskan bahwa dalam sujud syukur itu diharuskan bertakbir, hanya saja disebutkan dalam kitab Bahr bahwa dalam sujud syukur itu takbir diperlukan.

Tata cara sujud syukur

Seperti sujud tilawah . Yaitu dengan sekali sujud. Ketika akan sujud hendaklah dalam keadaan suci, menghadap kiblat, lalu bertakbir, kemudian melakukan sekali sujud. Saat sujud, bacaan yang dibaca adalah seperti bacaan ketika sujud dalam shalat. Kemudian setelah itu bertakbir kembali dan mengangkat kepala. Setelah sujud tidak ada salam dan tidak ada tasyahud.

  1. Berwudhu.
  2. Berdiri menghadap arah kiblat.
  3. Membaca niat sujud syukur, “Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta’aalla,” artinya, “Saya niat sujud syukur karena Allah Ta’aalla”
  4. Melakukan gerakan takbiratul ihram.
  5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali.
  6. Membaca doa sujud syukur dalam posisi sujud.
  7. Duduk seperti di antara dua sujud.

Bacaan sujud sukur adalah : “Subhaanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Allahu Akbar” dibaca 10 x. Doa Sujud Syukur سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ. رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ

Tidak di waktu shalat

Imam Yahya berkata bahwa sujud syukur dalam shalat tidak dibolehkan, dan memang tidak ada seorang ulama pun yang memperkenankannya, sebab tidak ada sangkut-pautnya sama sekali.

Sujud sahwi

Sujud sahwi ialah sujud dua kali yang dilakukan setelah membaca tasyahud akhir sebelum salam. Melakukan sujud sahwi hukumnya sunat bagi seseorang pada waktu salat, sebagaimana sabda Rasulullah saw.

Artinya : “ Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Muhammad saw. bersabda: Apabila salah seorang dari kamu ragu dalam salat, ia sudah mengerjakan tiga atau empat, maka hendaklah dihilangkannya keraguan itu, dan diteruskan salatnya menurut yang diyakini, kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam, “ (HR. Ahmad dan Muslim )

Apabila ragu-ragu terhadap bilangan rakaat yang telah dikerjakan. Kelebihan rakaat atau rukun dalam salat Apabila lupa tidak melakukan tasyahud awal atau tidak mengerjakan salah satu di antara sunat-sunat salat.

Setelah membaca tasyahud akhir, kemudian sujud diiringi dengan takbir. Di dalam sujud, membaca sujud sahwi. Duduk seperti duduk antara dua sujud (tidak baca apa pun) Sujud dan membaca sujud sahwi lagi Duduk lagi dan memberi salam.

Adapun sujud sahwi yang dilakukan setelah salam ialah pada dua kondisi:

  1. Apabila karena kelebihan (dalam pelaksanaan shalat).
  2. Apabila karena ragu antara dua kemungkinan, tapi ada kecondongan pada salah satunya.

Sedangkan sujud sahwi yang dilakukan sebelum salam, juga pada dua kondisi:

  1. Apabila dikarenakan kurang (dalam pelaksanaan shalat).
  2. Apabila dikarenakan ragu antara dua kemungkinan dan tidak merasa lebih berat kepada salah satunya.

Sujud tilawah

Sujud tilawah ialah sujud yang dilakukan seseorang karena membaca atau mendengar bacaan Al Qur’an, yang ada (bertemu dengan ) ayat sajdah. Dalam Al Qur’an terdapat 15 tempat ayat sajdah yaitu :

Tempat-tempat ayat Sajdah

  1. Surat Al A’raf Ayat 206
  2. Surat Maryam Ayat 58
  3. Surat An-Naml Ayat 26
  4. Surat Anjm Ayat 62
  5. Surat Ar-Ra’du Ayat 15
  6. Surat Al Hajj Ayat 18
  7. Surat As-Sajdah Ayat 15
  8. Surat Al Insyiqaq Ayat 21
  9. Surat An-Nahl Ayat 50
  10. Surat Al Hajj Ayat 77
  11. Surat Ashad Ayat 24
  12. Surat Al ‘Alaq Ayat 19
  13. Surat Al Isra’ Ayat 107
  14. Surat Al Furqan Ayat 60
  15. Surat Fushshilat Ayat 38

Sujud tilawah dilakukan cukup satu kali saja dan dapat dilakukan pada waktu melaksanakan salat maupun di luar salat. Apabila dilakukan di luar salat, maka harus memenuhi rukun-rukunnya sebagai berikut :

  1. niat.
  2. takbiratul ihram
  3. sujud
  4. memberi salam sesudah duduk.

Bacaan Sujud Tilawah Bacaan sujud tilawah سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِى خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ Artinya: “Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengarannya dan penglihatannya, dengan Daya dan Kekuatan-Nya, Maha Agung Allah yang merupakan sebaik-baik

Contoh Soal dan Kunci Jawaban macam macam sujud

1. Ketika sholat berjama’ah di masjid. Pada rakaat kedua Amin mendengarkan bacaan ayat sajdah yang dibaca oleh imamnya. Setelah ayat sajdah selesai dibacakan Amin, melakukan sujud….

a. syukur

b. tilawah

c. sahwi

d. sajdah

2. Perhatikan ayat- ayat al-Qur’ān berikut :

1) Q.S. al-A’rāf/7 ayat 206

2) Q.S. ar-Ra’du/13 ayat 25

3) Q.S. an-Na¥l/16 ayat 49

4) Q.S. Al-Isrā’/17 ayat 119

5) Q.S. al-Hajj/22 ayat 18

6) Q.S. Maryam/19 ayat 58

yang termasuk ayat-ayat sajdah adalah….

a. 1, 2, 3 dan 4

b. 2, 3, 4 dan 5

c. 1, 3, 5 dan 6

d. 3, 4, 5 dan 6

3. Hukum melakukan sujud tilawah yaitu….

a. sunnah

b. wajib

c. fardu kifayah

d. jaiz

4. Hasim sedang mengerjakan śalat, tiba-tiba teringat bahwa bilangan rakaat yang dikerjakannya lebih, sebaiknya Hasim melaksanakan sujud sahwi….

a. sebelum salam

b. setelah salam

c. sebelum takbir

d. setelah takbir

5. Di salah satu wilayah terjadi musibah banjir. Kebetulan salah seorang saudara Bu Anita tinggal di wilayah tersebut. Dia mendapat kabar bahwa saudaranya selamat dari musibah tersebut. Bu Anita kemudian melakukan sujud….

a. rukun

b. sahwi

c. tilawah

d. syukur

6. Perhatikan pernyataan berikut :

1) Lupa kelebihan rakaat śalat

2) Mendapatkan nikmat yang luar biasa

3) Mendengarkan ayat-ayat sajdah

4) Lupa tidak melaksanakan salah satu dari rukun śalat

5) Lupa kekurangan jumlah rakaat śalat

6) Terhindar dari musibah

Pernyataan yang merupakan penyebab untuk melaksanakan sujud sahwi adalah….

a. 1, 2 dan 3

b. 2, 3 dan 4

c. 1, 4 dan 5

d. 4, 5 dan 6

7.

macam macam sujud

Lafal tersebut merupakan bacaan dari sujud….

a. sahwi

b. tilawah

c. syukur

d. sajdah

8. Jumlah sujud yang dilakukan dalam sujud syukur sebanyak … kali.

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

9. Jumlah sujud yang dilakukan dalam sujud sahwi sebanyak … kali.

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

10. Berikut adalah ketentuan sujud syukur kecuali….

a. dilakukan di luar śalat

b. dilakukan seorang diri

c. harus menghadap kiblat

d. tidak harus bersih dari hadas dan najis

11. Apabila kita ragu dalam jumlah rakaat, disunahkan untuk melakukan ….

A. Sujud syukur

B. Sujud tilawah

C. Sujud sahwi

D. Sujud rukun

12. Sujud yang dilakukan ketika membaca ayat sajdah disebut  …

A. Sujud sahwi

B. Sujud tilawah

C. Sujud rukun

D. Sujud syukur

13. Berikut yang bukan merupakan syarat sujud tilawah adalah …

A. Suci dari hadas dan najis

B. Menghadap ke kiblat

C. Menutup aurat

D. Niat karena Allah swt.

14. Hukum melaksanakan sujud syukur adalah …

A. Makruh

B. Wajib

C. Mubah

D. Sunah

15. Lafal sujud syukur merupakan pernyataan nabi …

A. Sulaiman a.s.

B. Muhammad saw.

C. Isa a.s.

D. Musa a.s.

16. Berikut bukan merupakan sujud yang disunahkan adalah  …

A. Sujud sahwi

B. Sujud tilawah

C. Sujud wajib

D. Sujud syukur

17. Sujud yang dilakukan ketika ada berita bahwa seluruh siswa lulus ujian adalah …

A. Sujud syukur

B. Sujud sahwi

C. Sujud tilawah

D. Sujud wajib

18. Ketika salat Magrib, Faisal lupa akan jumlah rakaatnya, maka dia melakukan sujud …

A. Syukur

B. Sahwi

C. Tilawah

D. Rukun

19. Sujud syukur merupakan pencerminan bahwa kita …

A. Menyatakan bahwa Allah swt. tidak pernah memiliki sifat pelupa

B. Mensyukuri nikmat Allah swt

C. Mendekatkan diri kepada Allah swt

D. Selalu menghindarkan diri dari maksiat kepada Allah swt

20. Bacaan sujud syukur terdapat dalam Al-Qur’an Surah …

A. An-Nahl 90

B. An-Naml 19

C. Al-An’am 5

D. Al-Baqarah 21

kunci jawaban soal macam macam sujud

1. b      6. c      11.c     16.c

2. c      7. A     12.b     17.a

3. a      8. C      13.b     18.b

4. a      9. A     14.d     19.b

5. d      10. D   15.b     20.b

Demikianlah bahasan kami tentang macam macam sujud yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan