Tips Parenting Ala Jepang Agar Anak Disiplin

Tips Parenting Ala Jepang Agar Anak Disiplin

Loading...

Tips Parenting Ala Jepang Agar Anak Disiplin – Jepang itu dikenal memiliki masyarakat yang memiliki kedisiplinan tinggi. Hal ini bisa digambarkan lewat perilaku mereka yang sabar mengantre, membuang sampah pada tempatnya dan menaati peraturan lalu lintas.

Kedisiplinan masyarakat Jepang dipengaruhi dari pola asuh yang ditanamkan sejak kecil. Pola asuh yang dibiasakan bertahun-tahun, sehingga menjadi kebiasaan yang dibawa hingga sekarang.

Pola asuh ala Jepang untuk mendisiplinkan anak, bisa jadi referensi untuk kita sendiri saat menjadi orang tua.

Lalu bagaimana caranya tips parenting orang Jepang untuk mendisiplinkan anak ? Silakan simak bahasan tips parenting ala Jepang agar anak disiplin berikut ini.

Mengelola Emosi

Orang tua Jepang punya cara tersendiri untuk mendidik anak. Saat menangis atau merengek-rengek, orang Jepang cenderung menghiraukan anaknya. Ada prinsip yang namanya “Ma No Misai” dimana anak melakukan sesuatu yang merepotkan orang tuanya, hal ini juga berkaitan emosional yang terus berkembang. Anak merasa dewasa dan ingin melakukan sesuatu yang terkadang belum bisa ia lakukan.

Orang tua Jepang berusaha mengelola emosi anaknya, membiarkan anaknya menangis terlebih dahulu, agar emosinya reda. Setelah itu diajak berkomunikasi setelah tangisnya reda. Cara ini adalah cara mengelola emosi anak, dimana untuk menyelesaikan sebuah masalah tidak boleh dengan emosi. Tunggu sampai emosi kita semua reda.

Kedisiplinan Sejak Dini

Orang tua Jepang menanamkan kedisiplinan pada anaknya semenjak dini. Contohnya saat anak marah dan merengek. Anak akan diacuhkan untuk sementara sampai menunggu emosi reda, agar anak bisa diajak komunikasi.

Disiplin dalam bahasa Jepang berarti “shisuke”. Disiplin menjadi ciri budaya masyarakat Jepang yang banyak dipuji kalangan internasional.

Orang tua Jepang bukan hanya menasihati, tapi juga mencontohkan kedisiplinan agar anak bisa menirunya. Sejak kecil, anak perlu contoh bukan sekedar nasihat atau kata-kata belaka.

Membiasakan Terus Menerus

Tips parenting ala Jepang agar anak disiplin selanjutnya adalah terkait konsistensi. Inti dari pola pendidikan orang tua Jepang terletak dari cara mereka membentuk kebiasaan. Disiplin hanya bisa terwujud bila anak diajarkan terus menerus. Anak diberi sugesti positif untuk melakukan Budi pekerti.

Orang tua Jepang juga tak ragu mengoreksi kesalahan sang anak. Ada prinsip hadiah serta hukuman. Anak yang melakukan kebaikan akan mendapatkan hadiah, sementara anak yang melanggar peraturan akan mendapatkan hukuman.

Dari disiplin inilah negara Jepang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga dikenal sebagai negara berjuluk ” Macan Asia”.

Nah, itu tadi bahasan dan informasi singkat dari kami tentang parenting ala jepang agar anak disiplin. Tidak hanya sekedar rutinitas, tapi tujuan pembelajarannya lebih dalam dari itu yaitu mereka memahami apa yang dilakukan dan bertanggung jawab atas semua keputusan.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam belajar menyenangkan kapan saja dan di mana saja (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan