IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 2 “Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia”

Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 “Menyayangi Tumbuhan”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 dengan kajian tentang Menyayangi Tumbuhan. Kita harus saling menyayangi sesama manusia.

Selain itu, kita juga harus menyayangi tumbuhan. Tumbuhan telah memberikan banyak manfaat kepada manusia.

Perbuatan menyayangi tumbuhan, merupakan salah satu bentuk syukur kita kepada Tuhan. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan?

Hal-Hal yang Dibutuhkan Tumbuhan

Udara, air, sinar matahari, dan zat-zat hara sangat penting bagi tumbuhan. Udara yang mengandung karbondioksida diserap oleh tumbuhan melalui daun pada saat siang hari. Air yang mengandung zat-zat hara diambil dari dalam tanah oleh akar.

Di dalam daun, karbondioksida dan air dengan bantuan sinar matahari akan diubah menjadi makanan melalui proses fotosintesis. Makanan tersebut dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk tumbuh atau disimpan sebagai makanan cadangan. Misalnya, menjadi buah pada tumbuhan mangga atau umbi pada tumbuhan singkong.

Pupuk bagi tumbuhan juga berfungsi sebagai sumber zat-zat hara. Agar tanah tetap kaya dengan zat hara, maka tanah perlu dipupuk.

Akibat yang Terjadi Bila Kebutuhan Makhluk Hidup Tidak Terpenuhi

Udara, air, sinar matahari, makanan, dan tempat tinggal merupakan contoh-contoh kebutuhan makhluk hidup. Apa yang terjadi bila kebutuhan makhluk hidup tidak terpenuhi? Untuk mengetahuinya, perhatikan uraian berikut!

1. Udara

Di dalam udara terkandung bermacam-macam gas yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Gas-gas tersebut, antara lain oksigen, karbondioksida, dan nitrogen.

Apa yang terjadi bila kebutuhan udara bagi makhluk hidup di bumi tidak terpenuhi? Apabila kebutuhan udara tidak terpenuhi, maka semua makhluk hidup tidak dapat bernapas dan akan mati. Akhirnya, semua kehidupan di bumi akan musnah.

2. Air

Apa yang terjadi bila kebutuhan air untuk makhluk hidup tidak terpenuhi? Tanpa air, tumbuhan akan layu, bahkan mati. Air juga dibutuhkan hewan untuk kelangsungan hidupnya. Hewan membutuhkan air untuk minum atau sekaligus sebagai tempat hidupnya (khususnya hewan air).

Bila kekurangan air, hewan akan lemas, bahkan mati. Bagi manusia, air dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, yaitu untuk minum, memasak, dan mandi. Jadi, semua makhluk hidup tidak akan dapat hidup tanpa air.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan sumber energi utama bagi semua makhluk hidup di bumi. Keberadaan sinar matahari menjadikan bumi kita hangat dan terang benderang.

Bagaimana menurutmu bila kebutuhan sinar matahari tidak terpenuhi? Tumbuhan hijau akan mati karena tidak memperoleh energi.

Manusia dan hewan juga tidak akan memperoleh energi. Kehidupan di bumi akan musnah karena semuanya mati dan membeku.

4. Makanan (Nutrisi)

Makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup. Energi tersebut digunakan untuk beraktivitas, mengganti sel-sel tubuh yang rusak, pertumbuhan, serta untuk mengatur proses dalam tubuh.

Apa yang terjadi bila kebutuhan makanan untuk tubuhmu tidak terpenuhi? Bila kita tidak makan atau kebutuhan makan kita tidak terpenuhi, maka badan akan terasa lemas. Jika terjadi secara terus-menerus, maka pertumbuhan badan kita akan terganggu.

Pemeliharaan Tumbuhan

Tumbuhan harus dipelihara dengan baik. Mengapa demikian? Agar tumbuhan dapat tumbuh subur. Pemeliharaan tumbuhan meliputi beberapa faktor, antara lain, pengairan, pemupukan, pemberantasan hama, dan penyiangan.

1. Pengairan

Air sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Pengairan atau penyiraman tanaman harus dilakukan dengan teratur agar tanaman dapat tumbuh subur dan tidak layu.

Jumlah air yang digunakan untuk menyiram tumbuhan juga harus diperhatikan. Ada tumbuhan yang memerlukan banyak air, namun ada pula yang memerlukan sedikit air.

2. Pemupukan

Tumbuhan memerlukan pupuk yang berguna untuk meningkatkan kesuburan tanah. Pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk alami dan pupuk buatan.

Pupuk alami berasal dari alam dan tersedia dalam bentuk sisa-sisa bahan organik. Misalnya, pupuk kandang dan humus.

Sementara itu, pupuk buatan diproduksi di pabrik-pabrik. Misalnya, pupuk TSP, ZA, dan Urea.

3. Pemberantasan Hama

Hama adalah makhluk hidup perusak tumbuhan yang dapat menimbulkan penyakit pada tumbuhan. Serangan hama bisa mengakibatkan berkurangnya hasil panen yang kita tanam.

Hama yang merusak tumbuhan dapat berupa tikus, tupai, babi hutan, beberapa jenis serangga tertentu, siput, codot (kelelawar kecil), burung pipit, burung gelatik, dan sebagainya.

Tikus dan serangga tertentu merusak tumbuhan padi. Tupai adalah hama perusak di kebun kelapa. Codot adalah hama yang suka makan buah pada saat malam hari.

Pemberantasan hama dapat dilakukan dengan cara memusnahkan tumbuhan yang terkena hama, membasminya dengan obat antihama (pestisida), atau melepaskan hewan predator. Hewan predator adalah hewan tertentu yang memangsa hama tertentu. Contohnya, burung hantu yang memangsa tikus. Cara alami ini paling sedikit efek buruknya.

4. Penyiangan

Penyiangan atau pemberantasan tumbuhan liar (gulma) dilakukan untuk menjaga kelestarian tumbuhan yang ada di sekelilingnya. Gulma yang sering tumbuh biasanya berupa rumput, semak, alang-alang, dan sebagainya.

Melestarikan Hutan Bakau

Hutan bakau melindungi garis pantai dari pengikisan. Hutan bakau, juga meredam gelombang besar, termasuk tsunami. Diperlukan kerja sama warga sekitar untuk menjaga pertumbuhan hutan bakau.

Ada dua hal penting yang harus dilakukan untuk merawat hutan bakau, yaitu penyiangan dan penyulaman. Penyiangan dilakukan untuk membasmi hama.

Adapun penyulaman adalah penggantian pohon bakau yang mati. Pohon yang mati diganti dengan bibit atau pohon bakau lain yang seumur. Tujuannya agar pohon-pohon bakau dapat tumbuh secara seragam. Pohon-pohon bakau yang telah ditanam mesti dijaga pertumbuhannya.

Kepiting kerap menggigit batang anak pohon bakau. Pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau mesti dikendalikan. Paling tidak, hingga pohon-pohon bakau berusia satu tahun.

Ombak dan binatang pemakan daun juga terkadang merusak. Namun, manusialah yang paling banyak menyebabkan kerusakan hutan bakau. Bibit dan pohon bakau muda sering terinjak oleh pencari ikan dan kepiting.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 “Menyayangi Tumbuhan”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 tentang Menyayangi Tumbuhan di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 “Menyayangi Tumbuhan”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 tentang Menyayangi Tumbuhan di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5d88b9ef536cf4001af6b28b/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 “Menyayangi Tumbuhan”

Demikianlah modul BDR Online IPA Kelas 3 Tema 2 Subtema 3 tentang Menyayangi Tumbuhan yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan