Kumpulan Doa Untuk Mengikuti Ujian

Kumpulan Doa Untuk Mengikuti Ujian

Loading...

Kumpulan Doa Untuk Mengikuti Ujian – Setiap manusia pasti pernah melewati apa yang namanya ujian, baik itu ujian kehidupan ataupun ujian dalam arti sebuah tes. Baik itu tes akademis (hasil belajar atau tes masuk sekolah) maupun tes melamar pekerjaan.

Apa lagi bagi sobat semua yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, atau bahkan lulusan baru. Mengikuti Ujian Nasional, SBMPTN, hingga tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) selalu ada tantangan dan menimbulkan perasaan tersendiri. Ada rasa cemas dan takut, terbayang sesuatu yang buruk misalnya tidak lulus ujian.

Bahkan untuk orang yang sudah mempersiapkan diri, belajar secara matang pasti tetap masih ada rasa takut atau was-was saat mengikuti ujian. Perasaan ini sebenarnya adalah perasaan yang amat disukai setan, karena akan sangat dekat dengan kekufuran. Membaca doa adalah sebuah pilihan yang amat bijak.

Jika sahabat mengalami hal ini, sobat bisa melantunkan beberapa doa berikut ini, agar hati lebih tenang, agar Allah memberi cahaya dan petunjuk supaya kita lancar melalui ujian dengan sukses. Selain usaha juga harus dibarengi doa agar impian kita cepat terwujud.

Berikut ini adalah kumpulan beberapa doa doa untuk mengikuti ujian. Silakan simak baik-baik ya.

Doa Diberi Kemudahan Saat Ujian

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.

Artinya:

“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

(Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

Doa ini sangat tepat bagi sobat yang akan memulai mengerjakan soal-soal ujian. Semoga kemudahan bisa sobat dapatkan dan kesuksesan ada di pihak sobat.

Doa Agar Mudah Memahami Ilmu

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seorang muslim sampai akhir hayat. Dengan ilmu Allah akan angkat derajat kita. Agar kita lebih mudah memahami suatu pelajaran, silakan lantunkan doa berikut ini:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Rabbi zidni ‘ilma.

Artinya:

“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114)

Ujian sebagai bagian dari proses pembelajaran (asesmen) menuntut ilmu adalah sebuah keniscayaan. Jadi, memanjatkan doa ini sangat pas untuk sobat semua agar diberi kemudahan dalam memahami soal-soal yang diberikan.

Doa Kelancaran Lisan

Jika sahabat menghadapi ujian yang menguji kemampuan berbicara atau berkomunikasi, seperti presentasi atau wawancara kerja. Bisa membaca doa ini secara rutin, agar kita mendapat hasil yang terbaik:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisy-rohlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.

Artinya:

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS Thaahaa : 25-28)

Doa inni sangat cocok bagi sobat yang sedang menghadapi tes wawancara atau praktik kerja. Insya Allah doa ini sangat bermanfaat dan akan menambah kepercayaan diri kita.

Diharapkan dengan membaca kumpulan doa di atas, bisa membuat kita lebih tenang, lebih siap, dan diberi petunjuk agar kita berhasil melewati ujian dengan baik. Semoga tulisan singkat tentang doa doa untuk mengikuti ujian ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami. Salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan