Rahasia Mencapai Kesuksesan Karir di Masa Depan

Rahasia Mencapai Kesuksesan Karir di Masa Depan

Loading...

Rahasia Mencapai Kesuksesan Karir di Masa Depan – Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak ingin sukses, terutama dalam hal karir. Walaupun ukuran karir bisa saja bermacam-macam, namun akan selalu berkaitan dengan kemajuan atau perkembangan. Bagaimana posisi kita saat ini dan bagaimana kita di masa yang akan datang.

Bila hari ini kita digaji sebesar UMR (upah minimum regional) maka 2 atau 3 tahun lagi digaji dua kali lipatnya, itu artinya kita lebih sukses. Bila saat ini perusahaan kita memperkerjakan 10 karyawan, kemudian beberapa tahun ke depan bisa mencapai 100 bahkan seribu karyawan itu artinya juga sukses.

Bila hari ini kita tidak punya waktu bersama keluarga karena banyaknya beban tanggungan yang harus dibayar, namun beberapa tahun kemudian kita sudah bisa lebih bebas menentukan waktu kerja, itu juga bisa dikatakan sukses. Jadi sukses itu bisa diartikan bermacam-macam.

Namun, setiap kesuksesan biasanya identik dengan kemajuan, dan kemajuan sendiri sangat identik dengan belajar. Yaitu belajar berkelanjutan atau belajar sepanjang hayat.

Selain belajar masih ada beberapa kunci penting untuk mencapai kesuksesan karir di masa depan, apa saja itu?

SIAPLAH MENJADI PEMBELAJAR BERKELANJUTAN

Pelajar sepanjang hayat selalu sadar diri, memiliki keinginan untuk belajar, ingin tahu, dan bersedia untuk menjadi rentan. Apakah itu Anda?

Mundur sedikit dan perhatikan di mana Anda berada saat ini, dan di mana Anda ingin berada di masa depan. Tentukan beberapa ukuran kesuksesan Anda, dan kemudian kejarlah.

Anda dapat menetapkan ukuran kesuksesan yang mencakup pengetahuan dan keterampilan. Selanjutnya, identifikasi rencana pengembangan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, bahkan pertimbangkan untuk meraih atau menambah sertifikasi keahlian profesi atau juga bisa sekolah lagi.

BANGUN KEPERCAYAAN DIRI

Orang yang percaya diri memiliki aura yang membuat orang lain ingin menjadi bagian dari apa yang mereka lakukan. Mereka dikagumi dan menginspirasi kepercayaan pada orang lain. Kepercayaan diri yang rendah berdampak pada hampir setiap aspek kehidupan kita. Dan, itu bisa berdampak buruk pada kesuksesan.

Saya memang bukan ahli kepercayaan diri, tetapi berikut adalah pemikiran yang membantu saya: Pikirkan kepercayaan diri sebagai sesuatu yang dapat Anda kembangkan jika Anda berlatih setiap hari. Ini dimulai dengan memiliki pengetahuan tentang profesi Anda. Keyakinan adalah fondasi yang bagus dan tidak ada yang bisa membangun kepercayaan bila tidak mengetahui apa saja potensi yang dimiliki.

BANGUN MINDSET

Pola pikir atau mindset Anda akan selalu mendasari sikap yang Anda miliki terhadap pekerjaan Anda, perusahaan/organisasi Anda, dan perubahan yang terjadi di sekitar Anda. Hadapi setiap hari dengan sikap positif, buat dan pertahankan komitmen, jadilah autentik dan mudah didekati, dan perhatikan kolega Anda.

Mindset ini akan mampu memunculkan potensi yang terbaik dalam diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Keahlian Anda akan semakin bersinar dengan pola pikir positif yang percaya pada pentingnya apa yang Anda lakukan.

Pembelajaran sepanjang hayat membutuhkan mindset yang berkembang, atau keyakinan bahwa orang mampu meningkatkan bakat dan kemampuannya melalui rasa ingin tahu dan pembelajaran terus menerus. Konsep mindset berkembang dipelopori oleh Carol Dweck (2013). Penelitiannya menunjukkan bahwa karyawan dengan mindset berkembang memiliki keinginan untuk belajar dan cenderung menerima perubahan, belajar dari kritik, dan menemukan inspirasi dalam kesuksesan orang lain.

Sebuah laporan oleh McKinsey & Company (Brassey, Coates, dan van Dam 2019) mengidentifikasi tujuh praktik pola pikir yang dapat membantu Anda menjadi pembelajar seumur hidup yang sukses sebagai rahasia utama dalam mencapai kesuksesan karir di masa depan:

  1. Fokus pada pertumbuhan dengan memastikan Anda memiliki pola pikir berkembang. Anda harus percaya bahwa tidak ada batasan pada apa yang dapat Anda pelajari.
  2. Menjadi master serial dengan mencapai penguasaan dalam beberapa topik. Saat dunia berubah lebih cepat dan orang-orang bekerja dengan cara yang semakin berbeda dan kompleks, Anda harus mengembangkan berbagai bidang keahlian untuk mempertahankan relevansi.
  3. Keluar dari zona nyaman Anda untuk mencoba tugas baru, memperoleh pengetahuan baru, dan mengembangkan keterampilan baru.
  4. Bangun personal branding dan jaringan dengan memahami keterampilan apa yang Anda butuhkan, menetapkan tujuan, memahami apa yang Anda ingin dikenal, dan membangun jaringan Anda. Identifikasi apa yang membedakan Anda dan mempersiapkan Anda untuk peluang baru.
  5. Miliki perjalanan pengembangan pribadi Anda dengan menciptakan tujuan pembelajaran, mengukur kemajuan, bekerja dengan mentor, mencari umpan balik, dan melakukan investasi. Jelajahi keterampilan yang Anda butuhkan untuk mengendalikan perkembangan Anda sendiri.
  6. Temukan ikigai (bahasa Jepang untuk “alasan keberadaan”) dan jelajahi empat elemen untuk fokus masa depan Anda yang selaras dengan mendiskusikan titik temu antara melakukan apa yang Anda sukai, apa yang dibutuhkan dunia, apa yang Anda kuasai, dan apa yang Anda bisa untuk dilakukan (dibayar).
  7. Tetap sehat, mengharuskan Anda untuk menjadikan tetap sehat sebagai prioritas, termasuk keputusan tentang tidur, olahraga, makan, rekreasi, dan mempraktikkan sikap positif.

PERSIAPKAN MASA DEPAN

Pembelajaran sepanjang hayat adalah rahasia mencapai kesuksesan karir di masa depan karena akan membantu Anda merencanakan masa depan. Kembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda untuk mempertahankan tempat Anda di ujung tombak.

Tetap terhubung dengan perubahan dan hingar bingar kegembiraan perusahaan/organisasi Anda. Hal itu akan membuat Anda tetap antusias dan bersemangat tentang apa yang Anda lakukan.

Kita hidup di masa yang menyenangkan dan perubahan terjadi dengan cepat. Ini membuat pekerjaan Anda semakin menantang dan menyenangkan. Apa yang dapat Anda lakukan sekarang untuk mempersiapkan masa depan? Temukan beberapa rahasia faktor penunjang kesuksesan dalam karir Anda di masa depan.

  • Sadarilah bahwa perkembangan Anda adalah tanggung jawab Anda.
  • Buat rencana pengembangan individu yang terkait atau sejalan dengan strategi perusahaan/organisasi Anda.
  • Bangun jaringan pembelajaran profesional menggunakan jejaring sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, dan lainnya.
  • Berpartisipasi dalam kursus/kuliah online terbuka, biasa disebut MOOC, atau pembelajaran virtual lainnya untuk mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman.
  • Berperan aktif dalam komunitas online, bahkan mungkin menjadi pengelola komunitas. Biasanya yang paling mudah adalah group atau laman Facebook. Saya sendiri mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengetahuan baru dari sini.
  • Investasikan waktu untuk merenungkan pekerjaan yang Anda lakukan dan apa yang Anda butuhkan untuk mulai belajar.

TUNJUKKAN KOMITMEN

Rahasia kesuksesan dalam karir di masa depan berikutnya adalah komitmen. Komitmen adalah janji yang mengikat Anda untuk menyelesaikan suatu tindakan atau mencapai tujuan. Baik dalam kehidupan profesional atau kehidupan pribadi, menunjukkan komitmen adalah prinsip dasar kesuksesan.

Pikirkan komitmen yang telah Anda buat. Jika Anda benar-benar berkomitmen, itu mungkin sulit. Anda mungkin bertanya-tanya komitmen seperti apa yang perlu Anda buat dalam situasi ini. Ini bisa mudah juga bisa jadi sangat sulit, karena memegang komitmen adalah value yang mahal, tetapi mungkin Anda bisa mulai dengan komitmen pada organisasi Anda, profesi Anda, atau pembelajaran berkelanjutan Anda sendiri.

BELAJAR UNTUK BELAJAR

Sebagian besar organisasi saat ini berada dalam lautan perubahan yang konstan dan sering kali sangat cepat. Perubahan teknologi, ekspektasi pelanggan, model bisnis baru, konsolidasi, model layanan baru, persaingan global, dan sejumlah perubahan lainnya memaksa organisasi untuk belajar dan mengubah sistem secara signifikan dengan kecepatan yang tak terbayangkan.

Arie de Geus, seorang ahli teori bisnis, menyatakan, “Kemampuan untuk belajar lebih cepat dari pesaing Anda merupakan satu-satunya keunggulan kompetitif yang berkelanjutan”. Karyawan yang belajar dan tumbuh pada kecepatan yang sama dengan yang dibutuhkan perusahaan akan dipandang sebagai aset yang paling berharga. Dengan demikian perusahaan / organisasi sangat membutuhkan karyawan yang tahu cara belajar.

Nah, sekali lagi saya tekankan, belajar sepanjang hayat adalah rahasia meraih sukses berkarir. Lalu apakah Anda termasuk dalam golongan karyawan seperti itu? Ada setidaknya empat atribut yang ada dalam setiap diri seseorang sebagai pebelajar berkelanjutan. Keempat atribut ini yang harus menjadi kunci rahasia mencapai kesuksesan karir di masa depan.

  1. Aspirasi: Fokus pada aspek positif dari mempelajari sesuatu; menghilangkan alasan negatif untuk tidak belajar.
  2. Kesadaran diri: Fokus pada kemampuan untuk melihat semua yang perlu dipelajari, alih-alih berpikir bahwa keterampilan dan pengetahuan telah dicapai.
  3. Keingintahuan: Fokus pada mengapa konten baru itu menarik, bukan menganggapnya membosankan.
  4. Kerentanan: Terimalah bahwa kesalahan adalah normal saat belajar, alih-alih memikirkan seberapa buruk kinerja Anda.

KEMBANGKAN PERUSAHAAN ANDA

Support dan kembangkan perusahaan atau organisasi Anda terus menerus. Perusahaan yang berkembang berarti Anda juga berkembang, kesempatan Anda untuk lebih maju menjadi terus terbuka.

Apa yang dibutuhkan organisasi Anda, dan bagaimana Anda dapat mendukungnya? Komitmen Anda dimulai dengan mempelajari apa yang paling penting bagi organisasi Anda dan bagaimana Anda dapat membantu.

Mulailah dengan membaca dan memahami rencana strategis dan rencana bisnis organisasi Anda. Bacalah semuanya dan kaitkan apa yang Anda lakukan dengan dua rencana ini. Identifikasi kontribusi Anda terhadap kesuksesan organisasi Anda.

Apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik? Apa yang perlu Anda pelajari agar Anda dapat melakukan pekerjaan dengan lebih baik? Bekerja lebih keras dan buat dialog dengan kolega atau pada rapat tentang bagaimana departemen Anda dapat berbuat lebih banyak untuk berkontribusi pada kesuksesan organisasi / perusahaan.

ANDA BERTANGGUNG JAWAB ATAS PERKEMBANGAN ANDA SENDIRI

Semua organisasi mendukung pembelajaran sepanjang hayat karyawannya secara berbeda. Tanyakan kepada supervisor atau departemen pengembangan bakat organisasi Anda untuk menentukan dukungan pembelajaran apa yang tersedia untuk Anda dan apa yang perlu Anda lakukan.

Manfaatkan semua kontak yang Anda pelajari; terkadang satu departemen mungkin tidak menyadari apa yang ditawarkan lainnya. Anda ingin diberi tahu tentang semua pilihan Anda. Jelajahi lingkungan belajar Anda sendiri yang akan mendorong Anda untuk bertanggung jawab atas pembelajaran Anda.

Ketika Anda menjadi lebih otonom dalam menentukan arah karier Anda, Anda akan melihat bahwa pembelajaran adalah rahasia kesuksesan karir dan pendorong strategis bagi Anda, kolega, dan organisasi Anda. Hasilnya, Anda akan terus melihat nilai menjadi pembelajar seumur hidup.

Ingatlah untuk menghubungkan pembelajaran Anda dengan kebutuhan organisasi Anda. Dengan cara ini, ini menjadi win-win untuk Anda dan organisasi Anda. Selain itu, organisasi Anda kemungkinan besar akan berusaha keras untuk memberi Anda pengalaman belajar yang Anda butuhkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan