Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Pendidikan

Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Pendidikan

Loading...

Untuk mengetahui apa pengaruh perkembangan teknologi terhadap pendidikan, kita perlu melihat sejarah perkembangan teknologi pendidikan di masa lalu. Bagaimana kita bisa menarik simpulan dari perkembangan teknologi pendidikan di masa lalu itu, bagaimana dunia pendidikan merespons perkembangan teknologi dan poin penting apa yang telah terjadi dan berhasil dimanfaatkan dengan baik.

Tak sedikit, perkembangan teknologi digital telah membentuk sejarah teknologi pendidikan. Namun, mengetahui sejarah teknologi pendidikan berguna hanya jika kita menerapkan apa yang kita ketahui tentang masa lalu untuk keputusan dan tindakan di masa depan. Apa yang telah kita pelajari dari lebih dari 60 tahun penerapan teknologi pada masalah pendidikan yang dapat meningkatkan strategi kita sekarang? Poin-poin berikut adalah di antara yang paling penting:

Tidak Ada Teknologi Yang Menjadi Obat Mujarab Untuk Pendidikan

Harapan besar untuk produk seperti Logo dan program seperti BYOD dan MOOCs telah mengajarkan pada kita bahwa bahkan sumber daya teknologi terkini yang mumpuni tidak menawarkan solusi yang cepat, mudah, atau universal. Materi dan strategi berbasis komputer biasanya merupakan alat dalam sistem yang lebih besar dan harus diintegrasikan secara hati-hati dengan sumber daya lain dan dengan kegiatan guru.

Perencanaan harus selalu dimulai dengan pertanyaan penting, Kebutuhan khusus apa yang guru dan siswanya perlukan dari sumber daya apa pun yang dapat penuhi? Sumber daya ini termasuk teknologi pendidikan.

Jadi, tidak ada satu pun teknologi yang mampu menjadi jawaban kebutuhan semua guru dan siswa. Secanggih apa pun teknologi tetaplah buatan manusia yang tidak akan pernah sempurna. Apalagi tidak semua guru dan siswa mampu menguasai semua teknologi itu.

Guru Bukanlah Pengembang Teknologi Pendidikan

Di era komputer mikro, beberapa perusahaan pernah mencoba untuk memasarkan sistem pemrograman yang memungkinkan guru dapat membuat materi mereka sendiri, tetapi sistem seperti itu tidak pernah diadopsi secara luas. Mengajar adalah salah satu pekerjaan yang paling memakan waktu dan tenaga di masyarakat kita. Dengan banyaknya tuntutan waktu, sebagian besar guru tidak dapat diharapkan untuk mengembangkan perangkat lunak atau membuat bahan ajar berbasis teknologi yang kompleks.

Penerbit, pengembang sekolah atau pemerintah, bahkan personel guru dalam proyek yang didanai biasanya memberikan kontribusinya dalam pengembangan teknologi pendidikan secara bersama-sama dalam porsinya masing-masing. Artinya harus ada kesinambungan dalam bekerja sama mengembangkan teknologi pendidikan.

Hal ini tampaknya tidak akan berubah di masa depan, bahkan untuk pendidikan jarak jauh (PJJ) atau materi pembelajaran digital. Mungkin secara teknis hasilnya memang tidak sesuai dengan yang keinginan ideal dan memecahkan lebih banyak masalah, namun akan berkembang menjadi lebih baik dari waktu ke waktu bila semua pihak terus berkontribusi.

Pepatah populer mengatakan bahwa teknologi saat ini adalah fiksi ilmiah masa lalu. Tapi fiksi ilmiah juga menunjukkan kepada kita bahwa teknologi membawa perubahan yang diinginkan, sekaligus tidak diinginkan. Misalnya, akses yang lebih banyak ke ponsel dan tablet di ruang kelas berarti komunikasi dan informasi online semakin banyak tersedia.

Sudah jamak kita dengar bahwa pembelajaran online menggunakan hp turut mendorong siswa untuk semakin lebih banyak bermain gim. Komunikasi memang selalu disertai potensi negatif, dan informasi yang tersedia tidak semuanya bermanfaat.

Cakrawala teknologi baru memperjelas bahwa inilah saatnya untuk menganalisis dengan cermat pengaruh perkembangan teknologi terhadap pendidikan, karena selalu ada implikasi dari setiap keputusan implementasi teknologi baru. Teknologi yang lebih baik menuntut kita menjadi konsumen yang kritis atas kekuatan dan kemampuannya. Kita harus bertanggung jawab untuk memutuskan fiksi ilmiah mana yang menjadi kenyataan.

Teknologi Berubah Lebih Cepat Dari Yang Bisa Diikuti Guru

Sejarah dalam bidang kemajuan teknologi pendidikan telah menunjukkan bahwa sumber daya dan metode yang diterima untuk menerapkannya akan berubah, sering kali dengan cepat dan dramatis. Pengaruh perkembangan teknologi pada pendidikan bisa terjadi sangat cepat dan signifikan.

Sering kali guru tidak mampu untuk mengimbangi perubahan ini. Hal ini memberikan beban khusus pada guru yang sudah bekerja keras untuk terus mempelajari sumber daya baru dan mengubah metode pengajaran mereka.

Telah lewat masanya ketika seorang guru masih dapat mengandalkan handout, pekerjaan rumah, atau catatan kuliah yang sama dari tahun ke tahun. Pendidik mungkin tidak dapat memprediksi masa depan teknologi pendidikan, tetapi mereka tahu bahwa teknologi tersebut akan berbeda dari saat ini. Artinya, mereka harus mengantisipasi dan menerima keniscayaan perubahan dan kebutuhan akan investasi waktu yang berkelanjutan.

Kondisi ini perlu mendapat perhatian khusus bagi para pemangku kebijakan. Alih-alih harus menambah beban kerja guru, mereka justru harus mendapat banyak kesempatan untuk mengembangkan diri agar tidak tertinggal oleh gerbong perubahan. Sudah saatnya guru diberikan kesempatan dan modal untuk berkembang lebih jauh lagi agar tidak semakin tertinggal oleh kecepatan perubahan dunia.

pengaruh perkembangan teknologi terhadap pendidikan

Teknologi Lama Masih Bisa Bermanfaat

Teknologi pendidikan merupakan bidang yang sangat rentan terhadap mode. Dengan sedikit waktu dan sumber daya yang didedikasikan untuk keberhasilan pembelajaran, siapa pun dapat mengusulkan perbaikan dramatis. Ketika mereka gagal dalam menerapkannya, pendidik beralih ke mode berikutnya.

Misalnya sebuah pendekatan yang gagal memecahkan masalah nyata, dan mengalihkan perhatian dari upaya untuk menemukan solusi yang sah. Guru terkadang membuang metode yang berpotensi tetapi tunduk pada harapan yang tidak realistis. Masa lalu telah menunjukkan bahwa guru harus berhati-hati dan mencari apa yang telah berhasil di masa lalu untuk memandu keputusan mereka dan mengukur harapan mereka di masa kini.

Praktik pendidikan cenderung bergerak dalam siklus, dan metode “baru” sering kali merupakan metode lama dalam “bungkus” baru. Singkatnya, guru harus memiliki banyak informasi dan pengalaman yang terkait dengan penerapan teknologi pendidikan.

Guru Selalu Lebih Penting Daripada Teknologi

Para pengembang sistem komputer instruksional pertama di tahun 1960-an meramalkan mereka akan menggantikan banyak posisi guru. Beberapa pendukung metode pembelajaran jarak jauh saat ini membayangkan dampak yang sama pada pendidikan di masa depan.

Namun, guru yang baik selalu lebih penting dari teknologi. Salah satu alasan utamanya adalah ketika setiap kali teknologi baru diperkenalkan ke masyarakat, harus ada tanggapan manusia yang menyeimbangkan. Semakin tinggi teknologi, maka semakin banyak sentuhan keahlian tingkat tinggi dibutuhkan.

Kita membutuhkan lebih banyak guru yang memahami peran teknologi dalam masyarakat dan pendidikan, yang siap memanfaatkan kekuatannya, dan yang menyadari keterbatasannya. Dalam masyarakat yang semakin berteknologi, kita membutuhkan lebih banyak guru yang paham teknologi dan berpusat pada anak.

Demikianlah ringkasan kami tentang pengaruh perkembangan teknologi pada pendidikan. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan