Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 “Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”

Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 “Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 dengan kajian Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia.

Bersepeda Untuk Menjaga Kesehatan Organ Peredaran Darah

Salah satu bentuk olahraga yang bisa memperlancar peredaran darah adalah bersepeda santai. Bersepeda santai dapat menjaga kesehatan organ peredaran darah, khususnya jantung. Sebagaimana ditegaskan dalam sebuah penelitian di Inggris tepatnya British Medical Association (BMA) bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 50%.

Bersepeda dengan santai akan mengatur detak jantung sehingga otot- otot jantung bekerja dengan baik. Jantung sangat berperan dalam peredaran darah manusia, yaitu sebagai pemompa.

Selain jantung, organ peredaran darah manusia lainnya adalah pembuluh darah. Pembuluh darah manusia memiliki fungsi sebagai pengangkut makanan dan berbagai zat sisa-sisa metabolisme tubuh.

Pembuluh darah dan jantung bertanggung jawab untuk mengalirkan darah yang mengandung nutrisi, oksigen, hormon, dan gas-gas lain.

Organ peredaran darah manusia, dapat mengalami gangguan oleh penyakit maupun berbagai kelainan, di antaranya jantung koroner. Oleh karena itu, jantung perlu dijaga kesehatannya.

Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh tersumbatnya arteri koroner, yaitu pembuluh yang menyuplai darah ke jantung. Penyumbatan pembuluh tersebut dapat terjadi karena adanya endapan lemak, terutama berupa kolesterol pada lapisan dalam dinding pembuluh. Penyumbatan pembuluh arteri dikenal dengan istilah arteriosklerosis.

Gangguan Organ Alat Peredaran Darah

Selain jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah. Beberapa penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah selain jantung koroner, yang paling umum adalah hipertensi, dan anemia.

Jantung koroner terjadi karena penyempitan pada pembuluh darah yang langsung berhubungan dengan jantung. Penyempitan ini menyebabkan kerja jantung untuk memompa darah tidak maksimal. Penyempitan pembuluh darah dapat terjadi karena penumpukan lemak yang menyumbat pembuluh darah.

Penyempitan pembuluh darah mengakibatkan kerja jantung terganggu dan darah mengalir tidak lancar. Penyebab penyempitan pembuluh darah ini adalah kolesterol.

Kolesterol adalah lemak jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah. Makanan laut seperti udang, cumi, dan kerang berkolesterol tinggi. Selain itu pada daging bebek dan kuning telur puyuh, juga mengandung banyak kolesterol.

Penyempitan pembuluh darah dapat pula menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi. Gangguan ini akan mengganggu kerja jantung dan juga kelancaran aliran darah dalam tubuh. Orang yang terkena penyakit ini tidak boleh mengonsumsi makanan yang terlalu asin.

Kekurangan makanan yang bergizi dapat menyebabkan anemia. Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah. Tepatnya kekurangan kadar hemoglobin dalam darah. Gejala anemia adalah tubuh terasa lemah, kepala pusing, dan jantung berdebar-debar.

Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Untuk pencegahannya, timbulnya penyakit-penyakit tersebut di atas, kita harus banyak makan makanan bergizi, terutama yang mengandung zat besi. Bayam dan hati banyak mengandung zat besi.

Bagaimana memelihara kesehatan alat peredaran darah? Kita harus mulai menerapkan hidup sehat dengan melaksanakan beberapa hal penting berikut ini.

Video Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 “Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 tentang Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 “Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 tentang Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5f9f3927f48638001b00bd4c/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 “Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”

Demikianlah bahan ajar online Materi IPA Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 tentang Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan