Publik Dalam Public Relations

Publik Dalam Public Relations, Siapa Saja ?

Sebelum membahas siapa saja yang dimaksud dengan publik dalam public relations itu, ada baiknya kita bahas dulu apa itu public relations, bagaimana pengertiannya dan sebagainya. Dengan demikian kita bisa melihat secara lebih komprehensif tentang publik yang menjadi stakeholder dari public relations.

Definisi dan fungsi Public Relations

Public relations atau biasa disingkat PR atau kadang desebut humas adalah fungsi manajemen yang melakukan evaluasi terhadap sikap-sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur seseorang/perusahaan terhadap publiknya, menyusun rencana serta menjalankan program-program komunikasi untuk memperoleh pemahaman dan penerimaan publik.

Bidang Public Relations adalah suatu bidang yang sangat luas menyangkut hubungan dengan berbagai pihak. Public Relations tidak sama dengan sekedar relations, meskipun mempunyai peran yang sangat besar dalam kampanye public relations.

Public relations juga bukan sekedar menjual senyum, propaganda dengan tujuan-tujuan kemenangan sendiri, atau mendekati pers dengan tujuan untuk memperoleh suatu pemberitaan. Lebih dari itu, Public Relations mengandalkan strategi, yakni agar perusahaan disukai dan dipercaya oleh pihak-pihak terkait serta publik.

Di lingkungan industri pariwisata dan perhotelan peran public relation diperlukan dalam menjaga citra dan nama baik perusahaan sekaligus sebagai ajang promosi produk jasanya. Dengan demikian memahami siapa saja publik dalam public relations itu amat penting.

Fungsi Public Relations

Menurut S.Blacken Melvin L. Sharpo, 1983, Public Relations berfungsi untuk menginformasikan kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian, yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif.

Dengan demikian fungsi Public Relations ada empat hal, yaitu :

  1. Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik atau masyarakat pada umumnya.
  2. Memiliki sasaran untuk menciptakan opini public yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
  3. Unsur penting dalam organisasi dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana organisasi, memiliki warna, budaya, citra, suasana yang kondusif dan menyenangkan, kinerja meningkat dan produktivitas bisa dicapai secara optimal.
  4. Meningkatkan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya, sekaligus menciptakan opini public sebagai efeknya, yang sangat berguna sebagai input bagi organisasi atau perusahaan yang bersangkutan.

Publik Dalam PR

Publik dari public relations adalah khalayak sasaran dari PR yang biasa juga disebut dengan stakeholders atau juga khalayak humas, yaitu kumpulan orang-orang atau pihak-pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan. Unsur-unsur tersebut antara lain:

  1. Pemegang saham
  2. Karyawan dan manajemen
  3. Keluarga karyawan
  4. Kreditor
  5. Konsumen
  6. Pemasok
  7. Komunitas Pemerintah

Dari berbagai stakeholder tersebut perlu diklasifikasikan sebagai berikut.

  1. Publik Internal dan Publik Eksternal. Publik internal adalah publik yang berada di dalam perusahaan. Misalnya para karyawan, satpam, penerima telepon, supervisor, manajer, pemegang saham, sedangkan publik eksternal adalah mereka yang berkepentingan terhadap perusahaan dan berada di luar perusahaan. Misalnya: penyalur, pemasok, bank, pemerintah, komunitas dan pers.
  2. Publik Primer, Sekunder dan Marjinal. Tidak semua elemen dalam stakeholder perlu diperhatikan perusahaan. Perusahaan perlu menyusun suatu kerangka prioritas. Yang paling penting disebut publik primer, yang kurang penting disebut publik sekunder, dan yang dapat diabaikan adalah publik marjinal. Urutan-urutan dan prioritas publik setiap perusahaan berbeda, sekalipun industrinya sama. Urutan-urutan tersebut juga memungkinkan untuk berubah dari tahun ke tahun.
  3. Publik Tradisional dan Publik Masa Depan. Karyawan dan konsumen bisa dimasukkan dalam publik tradisional, sedangkan untuk publik masa depan antara lain mahasiswa/pelajar, peneliti, konsumen potensial, dan pejabat pemerintah.
  4. Proponents, Opponents, dan Uncommitted. Terdapat publik yang menentang perusahaan (opponents), yang memihak (proponents) dan ada yang tidak peduli (uncommitted). Perusahaan perlu mengenal publik yang berbeda-beda ini agar dapat dengan jernih melihat permasalahan yang mungkin muncul.
  5. Silent Majority dan Vocal Minority. Dilihat dari aktivitas publik dalam mengajukan komplain atau mendukung perusahaan, terdapat orang yang vokal (aktif) dan yang silent (pasif). Publik penulis di surat kabar umumnya adalah the vocal minority, yang aktif menyuarakan pendapatnya, namun jumlahnya tak banyak. Sedangkan mayoritas pembaca adalah pasif sehingga tak kelihatan suara dan pendapatnya.

Ruang lingkup pekerjaan Public Relations

Setelah memahami siapa saja yang menjadi publik dalam Public Relations, maka setidaknya ruang lingkup pekerjaan Public Relations adalah sebagai berikut:

  1. Memmosisikan perusahaan sebagai “leader” atau “expert”
  2. Membangun kepercayaan (confidence and trust) konsumen
  3. Memperkenalkan produk baru
  4. Menghapus, meluncurkan kembali (relaunch) produk-produk yang sudah dewasa (mature)
  5. Mengkomunikasikan keuntungan-keuntungan/kelebihan-kelebihan produk lama
  6. Mempromosikan cara-cara pemakaian baru atas produk yang sudah dikenal
  7. Melibatkan/ menggerakkan masyarakat terhadap produk perusahaan
  8. Menjangkau “secondary markets
  9. Menekan pasar yang lemah
  10. Memperluas berita sebelum beriklan
  11. Membuat iklan lebih berbunyi (menjadi bahan pembicaraan)
  12. Menjelaskan “product story” dengan lebih detail
  13. Memperoleh publisitas atas produk-produk yang tidak boleh diiklankan.

Latihan Soal materi Publik Dalam Public Relations

Silakan kerjakan latihan soal materi Publik Dalam Public Relations atau bisa disebut dengan khalayak humas berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5d58e6e1a81eb4001addeba6/start

Latihan Soal materi Publik Dalam Public Relations

Demikianlah rangkuman kami tentang materi Publik Dalam Public Relations atau khalayak humas. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

Loading...