Kunci Strategi Meningkatkan Traffic

Kunci Strategi Meningkatkan Traffic

Mengetahui kunci strategi meningkatkan traffic laman Blog, instagram, youtube dll. adalah modal dasar setiap pemasar digital. Memahami strategi dasarnya sangatlah penting. Anda wajib memiliki pedoman ini.

Kunci strategi meningkatkan traffic ini pada dasarnya adalah pijakan dasar yang bisa digunakan oleh siapapun. Boleh dibilang sebenarnya ini hanyalah awalan dan sering dianggap generik. Tapi, dengan memperhatikan hal penting ini setiap pemasar biasanya dapat mempelajari lalu lintas sangat penting untuk mencapai tujuannya.

Kali pertama tentu kita harus ingat bahwa media promosi telah banyak berubah. Walaupun begitu kita bisa golongkan media tersebut menjadi tiga, yaitu media berbayar (paid media), media kita sendiri (owned media), dan terakhir adalah media yang kita dapatkan dari respon konsumen kita (earned media).

Awalnya, sebagian besar promosi yang dilakukan pemasar adalah iklan berbayar, direct mail, public relation atau dari mulut ke mulut. Saat ini ada lebih banyak pilihan untuk menggabungkan ketiga media yang telah saya sebutkan tadi.

Media milik kita sendiri (owned media) diantaranya adalah situs web, platform media sosial, gedung kantor, atau berbagai platform milik kita sendiri. Owned media adalah tempat dimana kita dapat memposting informasi secara ‘gratis’ dengan relatif bebas.

Loading...

Earned Media merupakan jenis media yang paling sulit, namun paling berharga. Media ini termasuk informasi dari mulut ke mulut, diskusi, komentar, like dan share yang dilakukan oleh konsumen atau pengikut kita. Keterlibatan ini didorong oleh advokasi dan jaringan influencer.

Media Berbayar (paid media), adalah tempat dimana kita membayar hak istimewa untuk mempromosikan situs web atau produk/layanan kita. Format yang paling umum adalah iklan. Termasuk iklan mesin telusur (SEM), seperti program AdWords dari Google, dan konten media sosial yang dipromosikan, seperti promosi “Tweet: atau postingan Facebook.

Apa kunci utama dari strategi membangun traffic yang efektif?. Setidaknya ada tiga kunci strategi meningkatkan traffic, yaitu: Target, Teknik, dan Timing. Kita singkat saja dengan 3T.

TARGET

Target traffic umumnya mencakup kuantitas, kualitas, dan biaya lalu lintas. Meskipun situs yang sukses sering hanya dilihat dari segi kuantitas, seperti jumlah pengunjung, namun sebenarnya kualitas trafiklah yang sangat menunjukkan keberhasilan setiap saluran media.

Ingatlah bahwa menghasilkan traffic tidak hanya sebatas untuk mengarahkan pengunjung ke situs web. Para pengnjung harus mendapatkan “sesuatu” yang dia cari di laman kita, selanjutnya menemukan value yang lebih baik dari web lain. Hal inilah yang akan menentukan engagement serta conversion yang kita inginkan.

Membangun lalu lintas juga bisa efektif melali situs pihak ketiga yang digunakan audiens kita, termasuk jejaring sosial. Misalnya, produsen popok dapat mengelola atau mensponsori situs mikro di situs pihak ketiga.

Kualitas lalu lintas dapat dinilai dengan menanyakan tiga pertanyaan tentang pengunjung situs. Pertama, apakah mereka termasuk dalam target audiens situs web?

Kedua, apakah respons mereka sejalan dengan tujuan komunikasi; yaitu apakah mereka terlibat dengan konten, apakah mereka menerima pesan utama tentang merek dan beralih ke tujuan yang kita harapkan?

Ketiga adalah tentang keuntungan komersial. Apakah kita memperoleh nilai yang diukur sebagai upaya Pengembalian Investasi? Rasio pentalan (bounce rate) adalah cara terbaik untuk membandingkan kualitas perujuk yang berbeda ke halaman arahan yang berbeda.

Biaya dapat dipertimbangkan dalam hal biaya membawa pengunjung ke situs, dan biaya pencapaian hasil selama kunjungan mereka. Pemasar online berpengalaman mengontrol pembangunan traffic mereka dengan mengelola Biaya Per Akuisisi (Cost Per Acquisition / CPA) (terkadang disebut Biaya Per Tindakan / Cost Per Action).

Loading...

Bergantung pada konteks dan pasar, CPA dapat merujuk pada hasil yang berbeda. Target biaya tipikal meliputi:

  • Biaya Per Akuisisi – pengunjung (Biaya Per Klik, BPK)
  • Biaya Per Akuisisi – prospek
  • Biaya Per Akuisisi – dari penjualan (biaya akuisisi pelanggan yang diizinkan).

TEKNIK

Pembangunan traffic terkait dengan penggabungan saluran media digital dan teknik komunikasi luring tradisional untuk mempromosikan proposisi situs web dan mendorong kunjungan. Mencapai perpaduan yang benar dari teknik membangun traffic ini sangat penting, tetapi sulit.

Kita bisa menggunakan sistem analitik sebagai alat untuk memahami elemen mana dari bauran komunikasi yang efektif. Sebaiknya kita mempunyai kerangka kerja yang baik untuk merencanakan aktivitas pembangunan kunjungan atau kampanye pemasaran digital.

Teknik ini menentukan keahlian dalam membangun traffic menggunakan campuran teknik online yang benar seperti pemasaran viral, afiliasi, dan pengoptimalan mesin telusur yang paling sesuai dengan konsumsi media dari audiens dan meminimalkan BPA.

Mixing promosi yang tepat untuk pembangunan lalu lintas biasanya mencakup serangkaian teknik online dan offline, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahannya sendiri, yang akan dibahas di bagian selanjutnya di blog ini. Hal ini akan sangat terkait deangan SEO on page, SEO off page dan banyak teknik lain.

TIMING

Kapan seharusnya membangun traffic dilakukan? Pemasar digital yang pintar melakukan kampanye tertentu pada saat yang tepat. Mungkin untuk meluncurkan situs, produk baru, atau promosi, tetapi mereka juga melakukan investasi dalam proses ‘komunikasi aktif’ yang berkelanjutan untuk menarik pengunjung melalui penelusuran atau afiliasi.

Bagaimanapun, pelanggan online mencari produk, layanan, dan pengalaman sepanjang tahun, tidak hanya saat kampanye Anda ditayangkan. Periklanan konvensional didasarkan pada kampanye yang berjalan untuk durasi tetap.

Kampanye khusus juga digunakan untuk membangun traffic, tapi sering kali terkait dengan peristiwa tertentu seperti produk baru. Misalnya, kampanye iklan banner dapat dilakukan selama dua bulan setelah peluncuran ulang.

Selain kampanye, ada juga aktivitas ‘selalu aktif’ atau membangun traffic berkelanjutan. Perusahaan harus memastikan bahwa ada investasi yang cukup dalam aktivitas pemasaran online yang berkelanjutan.

Demikianlah inti dari kunci strategi meningkatkan traffic yang bisa dijadikan pijakan dasar oleh siapapun. Tidak hanya pemasar digital, para blogger pun juga bisa memanfaat kunci strategi ini untuk mengembangkan strategi yang akurat dan powerfull.

Tinggalkan Balasan