Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi

Loading...

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi – Kebutuhan manusia itu bermacam-macam dan selalu bertambah baik jumlah maupun kualitasnya.

Faktor ruang akan menentukan tindakan seseorang sebagai konsumen. Masyarakat kota memiliki perilaku konsumsi yang berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat desa, pegunungan ataupun masyarakat pesisir pantai. Demikian pula tindakan atau perilakunya dalam mengalokasikan sumber daya yang ada.

Dilihat dari fungsinya sebagai konsumen, masyarakat kota lebih banyak membeli barang dan jasa karena ditunjang pendapatan yang tinggi dan munculnya pasar-pasar modern, seperti supermarket dan hypermarket. Berbeda dengan perilaku masyarakat di daerah perdesaan atau pegunungan, yang pendapatannya rendah, akses jalannya kurang baik yang membuat pendistribusian barang atau jasa menjadi kurang lancar. Akibatnya, masyarakat desa atau pegunungan lebih sedikit membeli barang dan jasa.

Barang dan jasa yang dibutuhkan manusia sebagian besar dihasilkan oleh manusia, dan hanya sebagian kecil yang disediakan langsung oleh alam. Oleh karena itu, manusia harus melakukan kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang biasa disebut dengan istilah produksi. Produksi merupakan salah satu dari kegiatan ekonomi.

Salah satu yang menjadi alasan adanya interaksi antarruang adalah perbedaan potensi dan sumber daya alam yang dimiliki. Sumber daya alam memiliki fungsi dan peran penting dalam kehidupan manusia. Manusia hidup dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya.

Sebagai negara tropis yang memiliki ribuan pulau dan lautan yang luas, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang cukup banyak. Di daratan, suhu dan curah hujan yang tinggi memungkinkan penduduknya menanam berbagai macam barang pertanian dan perkebunan.

Curah hujan yang tinggi juga menjamin tersedianya air untuk kepentingan budidaya perikanan darat. Indonesia juga memiliki laut yang luas dan garis pantai yang sangat panjang. Potensi ikan di Indonesia cukup banyak. Di samping itu, ditemukan pula berbagai jenis bahan tambang di dasar laut. Di sepanjang pesisir juga terdapat kekayaan alam berupa terumbu karang, rumput laut, dan tentu saja keindahan alam yang dapat dikembangkan untuk kepentingan pariwisata.

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan dan Penawaran

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Sumber daya alam yang tersebar di Indonesia memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Itu semua merupakan keunggulan yang dimiliki Indonesia, yang mengakibatkan munculnya penawaran beberapa produk hasil produksi Indonesia, serta munculnya permintaan negara lain atas produk Indonesia.

Adanya penawaran dan permintaan akan produk mengakibatkan munculnya aktivitas perdagangan. Potensi sumber daya alam apa saja yang ada di sekitar tempat tinggalmu? lihatlah tabel di halaman berikut dengan jenis-jenis sumber daya alam dan potensi yang tersebar di wilayah Indonesia.

ProvinsiSumber Daya Alam
AcehSemen Andalas, pupuk AAF, minyak, emas, dan perak
Sumatra UtaraMinyak bumi, kertas, tekstil, dan ban mobil
Sumatra BaratSemen, tenun, timah, batubara, dan granit
RiauMinyak bumi, emas, perak, bauksit, dan kertas
Kepulauan RiauBatubara
JambiBatubara, emas, minyak bumi, dan karet
Sumatra SelatanMinyak bumi, batubara, karet, dan pupuk polipropilen
Bangka BelitungTimah
BengkuluEmas, perak, dan batubara
LampungEmas, pupuk, kopi, dan sapi potong
JakartaPupuk TSP, tekstil, kayu lapis, susu, logam, dan benang
Jawa BaratMinyak, teh, susu, sutra alam, baterai, kertas, semen, beras, dan pupuk
BantenMinyak, baja, pipa, dan semen
Jawa TengahSemen, pupuk, kertas, kayu lapis, dan perkapalan
D.I. YogyakartaBatik, rokok, cerutu, emas, perak, dan kosmetik
Jawa TimurSemen, perkapalan, kertas, pupuk, baterai, kaca, alkohol, kayu lapis, kereta api, garam, tembakau, cengkih, dan rokok
BaliTenun
Nusa Tenggara TimurSemen Kupang, mangan, dan minyak Cendana
Nusa Tenggara BaratEmas, perak, dan mangan
Kalimantan BaratBauksit, intan, minyak kelapa, rotan, dan karet
Kalimantan TengahMinyak kelapa, minyak bumi, intan, karet, dan rotan
Kalimantan SelatanBatubara, intan, bijih besi, dan rotan
Kalimantan TimurKayu lapis, gas alam cair, minyak bumi, tenun, kristal, dan timah
Kalimantan UtaraMinyak, gas, kelautan, dan tambang
Sulawesi UtaraMinyak kelapa, emas, marmer, mangan, gips, dan kayu
Sulawesi TengahEmas, bijih besi, nikel, dan mika
Sulawesi TenggaraNikel, minyak kelapa, aspal, dan kapur
GorontaloEmas, tembaga, tekstil, dan kayu
MalukuEmas, minyak bumi, dan minyak kayu putih
Maluku UtaraMinyak bumi, nikel, minyak kayu putih, dan asbes
Papua BaratMinyak bumi, kayu gelondong, kayu lapis, emas, perak, aluminium, asbes, dan tembaga
PapuaTembaga, minyak bumi, kayu lapis, marmer, aluminium, asbes, dan kayu gelondong

Berdasarkan Tabel di atas, terlihat bahwa persebaran sumber daya alam antara satu daerah dengan daerah lain berbeda-beda. Suatu daerah dapat dikenal sebagai penghasil barang tambang. Akan tetapi, daerah lain juga dapat dikenal sebagai penghasil hasil hutan atau pertanian. Hal ini dapat terjadi karena perbedaan keadaan geografis.

Perbedaan potensi daerah ini juga menyebabkan perbedaan keunggulan masing-masing daerah. Perbedaan potensi daerah bisa terjadi karena perbedaan teknologi. Setiap daerah memiliki keunggulan komparatif tersendiri.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tambang terbesar di dunia. Pengelolaan tambang-tambang tersebut masih didominasi pihak asing. Kondisi tersebut mengakibatkan tingginya pemasukan negara dari sektor pertambangan. Pengelolaan sumber daya alam membutuhkan sumber daya manusia yang baik serta penguasaan teknologi yang unggul.

Video Pembelajaran

Silakan simak Video Pembelajaran Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi berikut ini.

Latihan Soal Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi

Setelah belajar, silakan kerjakan latihan soal penilaian harian berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5ee370e0888e92001b5f84d8/start

Latihan Soal Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi

Demikianlah rangkuman materi Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi IPS kelas 8. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan