Pengertian Komunikasi Impersonal Serta Tujuannya

Pengertian Komunikasi Impersonal Serta Tujuannya

Pengertian Komunikasi Impersonal Serta Tujuannya – Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi adalah  suatu tindakan yang memungkinkan kita mampu menerima dan memberikan informasi atau pesan sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Secara teoritis, tindakan komunikasi berdasarkan pada konteks terbagi menjadi beberapa macam, yaitu: konteks komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal, komunikasi kelompok, dan juga komunikasi impersonal.

Mungkin secara sengaja maupun tidak disengaja kita pasti akan melakukan interaksi dan komunikasi dengan khalayak ramai atau dengan orang-orang yang tidak kita kenal sebelumnya dan komunikasi seperti inilah yang kita sebut sebagai komunikasi impersonal.

Salah satu contohnya adalah saat kita berkomunikasi dengan petugas bank saat akan menabung di bank, kita mungkin tidak mengenal petugas tersebut sebelumnya namun kita harus tetap berkomunikasi dengan pegawai tersebut karena adanya kepentingan dengan orang tersebut.

 

Pengertian Komunikasi Impersonal

Komunikasi impersonal adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dengan orang-orang yang tidak dikenal. Komunikasi impersonal juga dapat diartikan sebagai komunikasi yang dilakukan secara masif kepada khalayak dengan menggunakan media massa sebagai alat untuk menyampaikan pesan secara menyeluruh.

Pesan yang disampaikan kurang memiliki umpan balik, sehingga pesan hanya bersifat satu arah. Kualitas komunikasi cenderung tidak diperhatikan karena kita melakukan interaksi dengan individu lain yang tidak kita kenal dan individu tersebut tidak menempati posisi khusus atau spesial dalam kehidupan kita. Dalam komunikasi impersonal terjadi pertukaran pesan yang sifatnya superficial (informasi yang sifatnya dangkal dan basa basi). Dan pesan yang disampaikan pun kurang memiliki umpan balik, sehingga pesan akan cenderung hanya bersifat satu arah.

 

Asas asas Komunikasi Impersonal

Asas-asas Komunikasi Impersonal adalah sebagai berikut:

  1. Komunikasi yang terjalin antar individu juga tidak mempengaruhi satu sama lain karena tidak adanya rasa ketergantungan (ketergantungan untuk mendapatkan afeksi, aktualisasi, pengakuan, penerimaan sebagai bagian dari kehidupan individu lain, penghargaan dan lain sebagainya).
  2. Perilaku individu dalam komunikasi impersonal ditentukan oleh norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Sehingga perasaan individu kepada kita tidak dapat kita nilai apakah mereka tulus atau interaksi itu hanya terjadi karena norma sosial yang ada.
  3. Interaksi antar individu kaku, atau lebih sekedar menyampaikan informasi atau pesan daripada menunjukkan perasaan yang tulus

 

Ciri ciri Komunikasi Impersonal

Ciri-ciri Komunikasi Impersonal adalah sebagai berikut :

  1. Satu pihak (pendengar) cenderung lebih pasif

Karena dalam komunikasi impersonal dilakukan oleh orang yang tidak saling mengenal maka komunikasi cenderung bersifat pasif dimana salah satu pihak yang terlibat dalam komunikasi hanya akan menjadi pendengar. Contohnya Dalam khotbah Jum’at, jamaah merupakan pendengar yang sifatnya pasif yang hanya menerima pesan dari komunikator/khotib.

  1. Interaksi antara sumber dan penerima terbatas

Dalam komunikasi impersonal tidak dapat melakukan interaksi yang lebih intens dari sekedar sebagai speaker dan listener karena antara individu yang berkomunikasi tidak memiliki hubungan apa pun.

  1. Umpan balik yang diberikan terbatas

Dalam komunikasi impersonal umpan balik yang diberikan selama proses komunikasi tidak sekompleks umpan balik yang diberikan dalam komunikasi Interpersonal, dalam komunikasi impersonal interaksi cenderung kaku sehingga tidak banyak umpan balik yang diberikan.

 

Tujuan Komunikasi Impersonal

Komunikasi impersonal adalah komunikasi yang dilakukan secara masif kepada khalayak dengan menggunakan media massa sebagai alat untuk menyampaikan pesan secara menyeluruh. Pesan yang disampaikan kurang memiliki umpan balik, sehingga pesan hanya bersifat satu arah.

Manfaat dari komunikasi impersonal adalah pesan tersampaikan ke seluruh pihak atau lapisan masyarakat secara singkat, berbeda dengan komunikasi antar pribadi pemberian pesan dapat tersampaikan hanya pada sedikit orang atau orang tertentu. Kampanye pada media massa, penyebaran iklan pada media cetak merupakan salah satu dari berbagai macam contoh komunikasi impersonal.

Pada saat situasi pribadi terancam dan perlu dukungan. Ketika kita terancam oleh salah satu pihak (komunikasi interpersonal), maka kita melakukannya komunikasi lebih meningkat dan besar lagi (komunikasi impersonal).

Misalnya Mawar dan kumbang adalah suami istri, kumbang sering menganiaya mawar dan bila ada kesalahan kecil saja suaminya selalu memarahi dan menyiksa mawar. Lantaran tak kuasa menyimpan aib sendirian, mawar akhirnya melaporkan kekerasan rumah tangga pada Polisi, kemudian setelah melapor Polisi menindaklanjuti pertengkaran yang diduga terjadi kekerasan dalam rumah tangga, akhirnya kasus tersebut sampai pada media massa (komunikasi impersonal) sebagai pemberitaan KDRT yang kontroversi, sehingga pemberitaan Mawar dan Kumbang menjadi buah opini khalayak.

Pada saat memerlukan dukungan, misalnya dua Mahasiswa UT yang saling bersahabat sejak lama, memiliki inisiatif gagasan dalam memecahkan solusi belajar bagi Mahasiswa. Mereka membentuk ide belajar jarak jauh bagi mahasiswa yang tidak bisa mengakses belajar tatap muka, akhirnya dua Mahasiswa tersebut mensosialisasikan metode mereka pada media sosial, publik melihat gagasan kedua mahasiswa tersebut.

 

Ebook Online Pengertian Komunikasi Impersonal

Berikut ini adalah ebook online komunikasi Interpersonal, Intrapersonal, Impersonal, Kelompok yang berisi materi lebih lengkap dan detail.

 

Latihan Soal Online Komunikasi Interpersonal

Untuk melengkapi pembelajaran Anda silakan lakukan asesmen secara mandiri menggunakan kuis latihan soal berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5dca36ce03f145001d1f1073/start

 

Demikianlah bahasan kami mengenai Pengertian Komunikasi Impersonal, asas-asas, ciri-ciri, dan tujuannya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi di lain kesempatan (maglearning.id).

 

Loading...

Tinggalkan Balasan