Pengertian Materi Pembelajaran dan Prinsip Pengembangannya

Pengertian Materi Pembelajaran dan Prinsip Pengembangannya

Pengertian Materi Pembelajaran dan Prinsip Pengembangannya – Pada saat kita masih berada di bangku sekolah sering kali kita mendengar sebuah kata materi pelajaran. Akan tetapi apakah anda tahu arti sebenarnya dari materi pembelajaran ? Untuk anda yang masih berstatus mahasiswa ataupun siswa sangatlah penting untuk mengerti tentang pengertian materi pembelajaran supaya anda dapat lebih mudah dan gampang untuk mengerti mata pelajaran yang di sampaikan oleh guru.

Pengertian materi pembelajaran (instructional material) adalah bentuk bahan atau  seperangkat substansi pembelajaran untuk membantu guru/instruktur dalam kegiatan belajar mengajar yang disusun secara sistematis dalam rangka memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Sebenarnya pengertian materi pembelajaran adalah sebuah pengetahuan, keterampilan dan juga sebuah sikap yang harusnya dimiliki oleh semua peserta didik di dalam memenuhi standar pembelajaran kompetensi yang telah di tetapkan.

Materi pembelajaran merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan untuk perencanaan dan penelaah implementasi pembelajaran serta untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga disusun secara sistematis untuk menampilkan sosok yang utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam proses pembelajaran. Jadi, dapat di simpulkan bahwa pengertian materi pembelajaran itu adalah sarana untuk dapat mencapai sebuah tujuan pembelajaran.

 

Macam Macam Materi Pembelajaran

Pada umumnya materi pembelajaran ini dapat dibagi-bagi menjadi tiga jenis yakni :

  • Alat, informasi dan juga sebuah teks atau program yang di perlukan oleh para guru untuk melakukan sebuah perencanaan belajar.
  • Sebuah alat yang dipergunakan oleh guru untuk menerapkan sebuah pembelajaran yang baik dan mudah di mengerti para siswanya.
  • Yang terakhir adalah sebuah perangkat substansi dari pembelajaran yang dapat di susun dengan sistematis di dalam proses pembelajaran.

 

Pengertian Materi pembelajaran ini sangat penting untuk dapat di mengerti oleh semua siswa  supaya setiap siswa dapat menerima pembelajaran sesuai dengan yang telah di tetapkan oleh guru. Maka dari itu dapat di simpulkan bahwa sebuah materi pelajaran ini sangat berpengaruh pada tingkat keberhasilan ataupun ketercapaian siswa di dalam belajar. Berikut  jenis jenis materi pelajaran yang secara umum di pergunakan oleh para guru:

  1. Fakta. Fakta ini adalah segala jenis dan bentuk kenyataan yang berupa objek, kejadian, nama ataupun hal lainnya di dalam bentuk sebuah  kejadian yang real.
  2. Konsep. Adalah hasil dari definisi, pemahaman, pemikiran yang telah terbentuk di dalam pengertian materi pembelajaran.
  3. Prosedur. Prosedur adalah langkah-langkah yang telah disusun dengan sistematis di dalam melakukan sebuah aktivitas. Dan dapat juga dikatakan sebuah kronologi sebuah sistem pembelajaran.

 

Prinsip Penentuan Materi Pelajaran

Materi pembelajaran adalah komponen yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat mencapai sasaran yang sesuai dengan yang diaharapkan, efektif, efisien dan tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal. Prinsip-prinsip yang dijadikan dasar dalam menentukan materi pembelajaran diantaranya adalah:

  • Relevansi (kesesuaian). Materi pembelajaran relevan dengan tujuan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Misalkan jika kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta, bukan konsep atau prinsip ataupun jenis materi lain.
  • Konsistensi (keajegan). Materi pembelajaran konsisten dengan tujuan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar. Misalkan jika kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik ada dua macam maka materi yang diajarkan harus juga meliputi dua macam.
  • Adequacy (kecukupan). Materi pembelajaran yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit maka kurang membantu tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya jika terlalu banyak maka akan mengakibatkan keterlambatan dalam pencapaian target pembelajaran.

 

Pertimbangan Materi Pembelajaran

Selain prinsip-prinsip yang dijadikan dasar dalam menentukan materi pembelajaran di atas, dalam pengembangan materi pembelajaran guru harus mampu mengidentifikasikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  1. Potensi peserta didik meliputi potensi intelektual, emosional, spiritual, sosial dan potensi vokasional.
  2. Relevansi dan karakteristik daerah.
  3. Relevansi kebutuhan peserta didik dan tuntunan lingkungan.
  4. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik
  5. Kebermanfaatan bagi peserta didik.
  6. Struktur keilmuan yang sesuai dengan materi pembelajaran suatu ilmu.
  7. Aktulitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran.
  8. Alokasi waktu yang dibutuhkan dan yang tersedia.

 

Demikian artikel kami kali ini mengenai pengertian materi pembelajaran dan prinsip prinsip pengembangannya yang mungkin dapat bermanfaat untuk kita semua. Selamat berkarya dan salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan