Perbedaan Monitor LCD dan LED serta OLED

Perbedaan Monitor LCD dan LED serta OLED

Perbedaan Monitor LCD dan LED serta OLED – memahami perbedaan karakteristik ketiga jenis monitor ini sangat penting bagi seorang pegiat desain grafis digital. Mengapa demikian?

Selain ada perbedaan secara teknis terkait kualitas warna dan ketajaman tampilan, juga ada beberapa karakteristik yang harus diselami oleh masing-masing desainer digital. Lalu kita harus menggunakan yang mana ?

Saat membeli layar monitor pasti kita akan diberikan banyak pilihan, untuk urusan Layar saja ada pilihan LED atau LCD. Nah di sini ada perbedaan antara tipe layar LCD dengan LED dan OLED. Untuk lebih jelasnya tentang LCD dan LED adalah sebagai berikut.

 

Apa saja Perbedaan Monitor LCD dan LED serta OLED

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan teknis layar dengan teknologi LCD, LED, dan OLED.

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Dysplay. Merupakan teknologi paling populer yang paling sering kita temui dalam perangkat sehari-hari seperti yang dipakai di TV, ponsel, dan juga monitor komputer layar datar.

Monitor jenis ini displaynya memakai lampu latar (Liquid Crystal) untuk menampilkan gambar dari layar kristalnya. Namun sesungguhnya LCD tidaklah menyajikan image dengan kualitas terbaik. Sebuah layar LCD tidak dapat menghasilkan cahaya, karenanya dia membutuhkan sebuah sumber cahaya yang bisa diletakkan di depan, di samping, atau di belakang. Sumber cahaya dari belakang diberi istilah “backlight”.

 

LED adalah LCD dengan tambahan backlight Light Emitting Diodes (LED) mempunyai keunggulan dalam menampilkan warna yang jauh lebih banyak dibandingkan teknologi LCD (standar) dan menghasilkan tampilan yang menyerupai warna aslinya.

Seperti lampu samping mobil mobil tipe baru dimana sumber cahayanya tidak lagi berasal dari satu lampu pijar saja tapi terdiri dari dioda-dioda bersinar dalam jumlah banyak. Karena sumber cahayanya lebih banyak dan tersebar, LED backlight menjanjikan pencahayaan yang lebih merata di seluruh permukaan display.

Karakteristik monitor dengan teknologi LED menghasilkan cahaya putih yang lebih “putih”. Ini akan menghasilkan warna-warna yang lebih cemerlang dibanding fluorescent backlight.

Kualitas dan warna gambar yang dihasilkan jauh lebih hidup dan cocok untuk desain grafis. Selain itu LED juga menghemat energi sampai dengan 40 persen dibandingkan dengan layar monitor berteknologi LCD dengan ukuran yang sama, Bebas merkuri dengan desainnya yang tipis, dan disertai bobot yang lebih ringan separuh dari LCD.

Teknologi LED ini lebih mahal daripada LCD karena memang kualitas gambar lebih baik dari LCD. Gambar tidak akan redup / berubah walaupun dilihat dari sudut mana pun.

 

OLED adalah Organic Light Emiting Dioda. keunggulannya tidak perlu lagi lampu latar (backlight) untuk menampilkan gambar, karena OLED punya cahaya sendiri, sehingga monitornya jadi lebih tipis dan bisa dibuat elastis. gambar dan warna juga lebih jernih dan tajam. cuma kabarnya ketahanan dari OLED ini lebih pendek dari LCD maupun LED.

Secara karakteristik kualitas gambar sebenarnya tidak begitu jauh dengan LED, namun jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan LCD. Secara harga type layar LCD lebih murah daripada LED, apalagi OLED.

 

Bila Anda seorang profesional maka layar OLED adalah pilihan terbaik Anda, ada minimal layar monitor LED sebagai pilihan rasional Anda. Untuk LCD sepertinya sudah hampir tidak ada lagi di pasaran.

Selanjutnya adalah pilihan resolusi atau kepadatan dioda yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan tampilan yang tidak hanya cerah namun juga sangat halus. Semakin tinggi resolusi semakin leluasa dalam mengolah grafis.

Demikianlah bahasan singkat kami mengenai perbedaan layar monitor LCD dan LED serta OLED. Terima kasih, Semoga bermanfaat… (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan