Cara Meningkatkan Pengetahuan Produk (Product Knowledge)

Cara Meningkatkan Pengetahuan Produk (Product Knowledge)

Cara Meningkatkan Pengetahuan Produk (Product Knowledge) – Pernahkan Anda mengalami kekesalan karena dilayani oleh petugas atau Customer Service yang tidak menguasai produk yang dijual? Kalau ada pertanyaan yang bersifat agak detil langsung kelabakan atau minta waktu untuk bertanya pada supervisornya?

Pelayanan kepada customer dan proses penjualan seperti layaknya sebuah mata uang dengan dua sisi yang tidak dapat dipisahkan. Untuk meningkatkan penjualan harus meningkatkan kualitas pelayanan, dan untuk meningkatkan mutu pelayanan harus menguasai product knowlegde dan proses penjualan.

Untuk menjadi seorang Customer Service Representative yang sukses, maka salah satu dari sekian keterampilan yang harus dimiliki adalah : Pengetahuan tentang Produk.

Kita harus mengetahui dahulu apakah kita harus memahami seluruh aspek produk atau jasa yang akan kita jual. Apakah ini termasuk juga bagaimana cara kerja produk itu, aplikasinya, pemasangan dan pilihan harganya. Benar, secara singkat, pengetahuan tentang produk untuk seorang petugas pelayanan pelanggan berarti kemampuan untuk menjawab hampir semua pertanyaan pelanggan mengenai produk.

 

Pelayanan yang Bermutu Mensyaratkan Pengetahuan tentang Produk

Makin tinggi pengetahuan tentang produk anda, makin mudah anda memberikan pelayanan bermutu. Misalnya anda menciptakan sebuah sepeda. Anda merencanakan sepeda tersebut, kemudian membuatnya, menyiapkan rencana pemasaran dan menetapkan kebijakan pelayanan.

Setelah anda bekerja keras menyiapkannya selama 6 bulan, lalu anda bertemu dengan sekelompok pelanggan untuk mendiskusikan sepeda itu. Dapatkah anda bayangkan ketika pertanyaan-pertanyaan diajukan kepada anda dan anda tidak dapat menjawabnya ? Sementara anda telah diperlengkapi dengan pengetahuan yang begitu detail mengenai hasil karya anda, yaitu sebuah sepeda (dimana pengetahuan anda adalah dari merencanakan sampai menjual), untuk anda dapat memberikan pelayanan yang bermutu, tentulah akan sangat mudahnya. Inilah jenis pengetahuan yang sebenarnya dibutuhkan oleh setiap petugas pelayanan pelanggan.

 

Cara cara untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Produk

Karena kebanyakan para petugas pelayanan pelanggan tidak menciptakan sendiri produk dan jasa perusahaan, maka harus dicari cara lain untuk dapat memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk mereka.

Berikut adalah beberapa ide-ide yang dapat membantu anda dalam tugas ini, antara lain :

Pelatihan : Idealnya, perusahaan anda akan menawarkan pelatihan tentang produk. Yang menjadi tanggung jawab anda adalah menjalankan pelatihan tersebut dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Pelatihan tentang product knowledge pada umumnya diberikan kepada pegawai yang baru masuk, namun karena dalam kenyataan selalu saja terjadi perubahan atau pengembangan fitur atau benefit produk, maka diperlukan pelatihan berkala bagi pegawai untuk memastikan semua memiliki pemahaman yang benar dan ter up-date.

Brosur dan Literatur lain : Merupakan materi tambahan, biasanya disusun untuk memudahkan pelanggan untuk dapat mengenal akan produk yang ditawarkan, dan biasanya menonjolkan tentang kelebihan yang dimiliki oleh produk, aplikasi produk biasanya juga dijelaskan dalam materi ini.

Bagian atau unit kerja lain : Secara khusus, ada para ahli mengenai produk di dalam perusahaan anda. Orang-orang ini biasanya bekerja di bagian produksi, teknik, penjualan, pelayanan pelanggan, atau kelompok kerja lain.

Benchmarking : Mempelajari fitur dan benefit produk perusahaan pesaing melalui riset atau pengamatan langsung ke lapangan untuk dijadikan pembanding atau bahan evaluasi bagi produk maupun pelayanan perusahaan anda.

Bacaan : Tidak ada pengganti untuk bacaan tentang produk dan jasa anda. Carilah perpustakaan perusahaan, laci-laci file informasi, materi referensi teknis, laporan tahunan, dan sumber-sumber lain. Kemudian praktikkan/ gunakan bahan-bahan yang anda cari itu.

 

Ingatlah, bahwa tanggung jawab untuk memiliki pengetahuan yang luas tentang produk terletak pada anda. Usaha yang konsisten untuk tetap mendapatkan informasi tentang produk dan jasa anda adalah kunci bagi kemampuan anda dalam memberikan pelayanan yang bermutu, dan hal itu akan dapat meningkatkan nilai anda sebagai seorang petugas pelayanan pelanggan.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan mengenai cara meningkatkan pengetahuan produk (product knowledge). Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain topik (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan